Tahun Anggaran 2023, Pemkab Melawi Bakal Usulkan Pembangunan SMA Negeri Di Nanga Kayan

81 / 100
METRO, KALBAR – Tahun Anggaran 2023, Pemkab Melawi berencana mengusulkan pembangunan SMA Negeri kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada tahun anggaran 2023.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus saat dihubungi via pesan WhatsApp, Rabu (30/11).

“Kabupaten hanya memfasilitasi serta mencari lokasi tanah untuk pembangunan SMA Negeri”, ujarnya.

BACA JUGA: 100 KPM Desa Baru Terima Bantuan Langsung Tunai DD Tahap Akhir

IMG 20201014 WA0019
Foto: Drs. Paulus, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi

Paulus juga mengatakan bahwa, anggaran pembangunan SMA Negeri nantinya bersumber dari APBD Propinsi Kalimantan Barat.

“Sesuai kewenangan, bahwa pendidikan menengah merupakan otoritas pemerintah provinsi begitu juga mengenai tenaga pengajar juga kewenangan provinsi”, pungkasnya.

Paulus juga mengungkapkan bahwa rencana lokasi pembangunan SMA Negeri terletak di desa Nanga Kayan, Kecamatan Nanga Pinoh.

BACA JUGA: Poltak Munthe Sth Kepsek SMPN 2 Kualuh Selatan Menghindar dari Wartawan

IMG 20221129 WA0032
Foto: Lokasi rencana pembangunan SMA Negeri di Desa Nanga Kayan.

“Kadesnya juga sudah kita panggil dan kita mintai gambaran kondisi geografis desa dan data pendukung supaya bisa diusulkan pembangunan gedung sekolahnya”, imbuh Paulus.

Sementara itu, Kepala Desa Nanga Kayan Hamdan mengatakan bahwa, Desa Nanga Kayan merupakan desa yang jauh dari ibukota Kecamatan Nanga Pinoh dan berbatasan dengan Kabupaten Sintang.

“Saya tahun anggaran 2023 ada¬† pembangunan SMA di Nanga Kayan karena sarana penunjang juga sudah ada yaitu SD negeri 2 dan SMP negeri 5 berada di Nanga Kayan serta dekat dengan beberapa desa di Kecamatan Pinoh Utara”, kata Hamdan.

BACA JUGA: Lembar Ujian Siswa SD Dibanderol Rp 15.000.

Menurut Hamdan, dengan mengusulkan pembangunan SMA di Desa Nanga Kayan dapat meminimalisir angka putus sekolah di desanya.

“Tidak semua masyarakat Nanga Kayan orang mampu, dengan dekatnya akses pendidikan menengah atas tentu dapat memperkecil angka putus sekolah di Nanga Kayan dan desa sekitarnya”, ujarnya.

Hamdan juga berharap usulan tersebut dapat menjadi pertimbangan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk dapat diwujudkan adanya SMA Negeri di Nanga Kayan.

BACA JUGA: Polsek Nanga Pinoh Sediakan Call Center WhatsApp: 082155212828

“Besar harapan kami ada SMA Negeri di Desa Nanga Kayan”, ucapnya.

 

 

Penulis: Ade Shalahudin

2 komentar pada “Tahun Anggaran 2023, Pemkab Melawi Bakal Usulkan Pembangunan SMA Negeri Di Nanga Kayan

Komentar ditutup.