Buat Terobosan, DPMD Melawi Aplikasikan Epdeskel Offline 2022

85 / 100
METRO, KALBAR – Dalam upaya mengoptimalkan Epdeskel (Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan) di Kabupaten Melawi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi. H. Hasanuddin melakukan terobosan dengan membuat aplikasi offline berbasis Microsoft excel untuk digunakan pemerintah desa.

Terobosan tersebut disampaikan Kadis PMD Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin kepada metroindonesia.id melalui whatsapp pada Senin (30/5).

Menurutnya, dari 169 desa yang ada di Kabupaten Melawi sebanyak 82 desa yang tidak memiliki jaringan internet. Sehingga Dinas yang di pimpinnya ini kesulitan untuk melihat perkembangan di 82 desa.

Baca Juga: Silaturrahmi Ormas Melayu, POM Melawi Ingatkan Bahaya Paham Radikalisme

WhatsApp Image 2022 05 30 at 19.55.58 1
Foto: H. Hasanuddin saat pimpin rapat tim Epdeskel DPMD

“Epdeskel ini adalah aplikasi untuk melihat perkembangan desa setiap tahunnya. Ada 82 desa yang tidak memiliki jaringan internet yang bagus sehingga kami melakukan terobosan ini untuk mempermudah Pemerintah desa” ungkapnya.

Dikatakan Hasan, melalui aplikasi offline berbasis Microsoft Excel ini pemerintah desa dapat menginput perkembangan desanya secara offline untuk kemudian diinput secara online di wilayah dengan jaringan internet yang baik.

“Selain mempermudah desa mengupdate dan menginput data, juga memudahkan kami untuk melakukan monitoring perkembangan desa” ujarnya.

Baca Juga: Miliki 1 Unit Bank Sampah, Yessy Beri Apresiasi SMA Panca Setya Sintang

WhatsApp Image 2022 05 30 at 19.55.58
Foto: situasi pada saat rapat tim epdesk

H. Hasan juga menyampikan bahwa pada menu aplikasi Microsoft excel telah disesuaikan dengan menu pada aplikasi online Epdeskel. Sehingga memudahkan migrasi dari data offline menjadi data online.

“Aplikasi ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh DPMD untuk sebagai solusi desa-desa yang tidak ada jaringan internet” pungkasnya.

Lanjutnya, melalui Epdeskel, desa dapat menginventarisir setiap program pembangunan yang ada di desa. Baik itu pembangunan yang bersumber dari APBN atau APBD Provinsi/Kabupaten serta pembangunan yang bersumber dari APBdes Des aitu sendiri.

Baca Juga: Yessy Melania Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI Di SMA Panca Setya Sintang

WhatsApp Image 2022 05 30 at 19.55.59
Foto: sesi foto bersama

“Maunya kita database tingkat perkembangan Desa di Melawi terdata dengan baik dan terintegrasi dengan sistem teknologi informasi. Kedepan harapannya desa yang belum punya jaringan internet bisa ada jaringan internetnya” harap Hasan.

Terpisah, Kepala Desa Batu Begigi, Kecamatan Tanah Pinoh, Taufikurrahman mengucapkan terima kasih atas terobosan yang dilakukan oleh DPMD. Menurutnya dengan adanya terobosan tersebut sangat membantu desanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala Dinas PMD Kabupaten Melawi yang telah mempermudah kinerja pemerintah desa dengan adanya aplikasi itu.

“Apalagi jaringan di Kecamatan Tanah Pinoh sangat sulit. Tentunya aplikasi ini sangat membantu kami” tutupnya.

Baca Juga: Tjahyo Kumolo Resmi Buka Expo HUT APEKSI Ke-22

Penulis: Ade Shalahudin

Satu komentar pada “Buat Terobosan, DPMD Melawi Aplikasikan Epdeskel Offline 2022

Komentar ditutup.