Bupati Melawi Berharap TP PKK Terus Berperan Aktif Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

80 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa berharap kader Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi terus berperan  aktif dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan tangguh. Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi ketika memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, pada Selasa (25/07).

H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten untuk terus berperan aktif dalam menopang program pemerintah daerah khususnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di Kabupaten Melawi.

“Melihat tema yang diangkat kali ini, saya berharap terwujudnya kebersamaan dan keterpaduan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Bila tekad dan bergerak bersama, maka diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Melawi yang maju dan sejahtera”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan peringatan HKG PKK ke-51 kali ini menjadi momentum sebagai ajang silaturahmi, refleksi, dan evaluasi untuk seluruh Tim Penggerak PKK  di tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun Desa dalam membangkitkan kembali 10 program pokok PKK. Selain itu, Bupati juga mengapresiasi atas terselenggaranya rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TP. PKK Kabupaten Melawi.

“Saya melihat berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat sesuai dan sejalur dengan 10 program kerja PKK”, ujarnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas kinerja TP PKK Kabupaten Melawi yang telah membantu, bekerja sama serta selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan program kerja selama ini.

Menutup sambutannya, Bupati juga berharap agar kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dan TP PKK Kabupaten Melawi yang selama ini sudah terjalin baik, dapat mewujudkan penurunan angka stunting di Kabupaten Melawi.

“Saya ucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, tetaplah bersinergi dan menjadi mitra pemerintah daerah, semoga kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan bermanfaat sesuai dan sejalur dengan 10 program pokok PKK”, tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi dalam sambutannya membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat menyampaikan Peringatan HKG PKK ke-51 tahun 2023 ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”.

“Tema sentral ini menjadi pilihan karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat”, ungkapnya.

Ny. Raisya juga menyampaikan bahwa posisi dan peran strategis Gerakan PKK, maka Tim Penggerak PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi, dan mendukung garis kebijakan Program Pemerintah.

“Program Pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata Gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera”, ujarnya.

Ny. Raisya juga mengajak Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri.

“Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan. Oleh karena itu, gelorakanlah terus semangat kebersamaan untuk Bergerak Bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita”, tutupnya.

Dalam rangkaian acara ini, selain pembacaan sejarah singkat tentang terbentuknya TP. PKK di Indonesia oleh Ny. Rima Pramita Kluisen, juga dilaksanakan penyerahan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba PKK.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yang mewakili Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat, Kapolres Melawi, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Pimpinan Bank Kalbar Nanga Pinoh, paraCamat, para Kepala desa, organisasi perempuan dan anggota TP-PKK Kabupaten Melawi.