Anggaran

TPS 3R Tahun Anggaran 2022 Akan Dibangun Di Desa Baru

86 / 100
METRO, KALBAR – Kepala Desa Baru, Eet Roskayudi Aroy melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) Tahun Anggaran 2022 kepada warga desa di Aula Balai Desa Baru, Selasa (25/10).

Eet Roskayudi Aroy menjelaskan bahwa Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R). TPS 3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah untuk memproduksi biji plastik.

“Selain untuk memproduksi biji plastik, keberadaan TPS 3R juga dapat mengurai masalah sampah yang ada di desa baru serta dapat menambah nilai ekonomi masyarakat”, jelas Eet ditemui usai sosialisasi.

BACA JUGA: Sebanyak 60 Personel Polres Melawi Amankan Kunker Gubernur Kalbar

IMG 20221025 094855
Foto: warga menghadiri sosialisasi program pembangunan TPS 3R di Desa Baru

Menurutnya, dalam pengelolaan nantinya masyarakat dapat menjual sampah plastik ke TPS 3R untuk kebutuhan produksi.

“TPS 3R juga telah dilengkapi dengan mesin pengolahan pembuatan biji plastik. Jadi khusus sampah plastik nanti yang kita beli sedangkan sampah lainnya kita angkut dan buang ke TPA. Untuk anggaran pembangunan bersumber dari APBN”, jelasnya lagi.

BACA JUGA: Gunakan Anggaran Rp12,418 Milyar, Komisi II DPRD Melawi Tinjau Langsung Pembangunan Masjid Kota Juang

IMG 20221025 095144
Foto: Sosialisasi program pembangunan TPS 3R Tahun anggaran 2022 di desa Baru

Sementara Camat Nanga Pinoh Halma Trisno mengapresiasi pemerintah desa Baru yang mampu mendapatkan kegiatan TPS 3R di Desa Baru. Menurutnya program pemerintah ini sangat positif

“Desa Baru terpilih sebagai salah satu desa yang memperoleh program TPS 3R. Ini patut disyukuri dari 169 desa, Desa baru salah satu desa yang mendapatkan program TPS 3R bersamaan dengan Desa Paal”, ungkap Halma.

“Mari kita samakan persepsi tentang bagaimana kegiatan TPS 3R agar pelaksanaan nanti dapat diketahui secara bersama oleh masyarakat desa Baru. Dipastikan kegiatan TPS 3R di desa Baru nantinya memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat”, ucap Halma.

BACA JUGA: Kantongi 708 Suara, Epiyantono Kalahkan Incumbent

IMG 20221025 095220
Foto: Kades Eet Roskayudi Aroy saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi TPS 3R

Yogi, fasilitator teknik program TPS 3R dalam presentasinya mengatakan bahwa, hadirnya TPS 3R dapat menjawab keresahan masyarakat tentang sampah.

“Namun TPS 3R ini nantinya fokus pada pengolahan limbah plastik untuk membuat biji plastik. Sedang sampah yang terurai akan di angkut dan dibuang ke TPA”, terangnya.

Yogi juga mengatakan jika kehadiran TPS 3R jika di kelola dengan dan berjalan baik dipastikan akan dapat merekrut tenaga kerja.

BACA JUGA: Bupati Melawi Tinjau Langsung Pilkades Di Desa Tanjung Sari Tahun 2022

“Tahun anggaran ini untuk Kabupaten Melawi ada 2 Desa yang kita dampingi proses pembangunan TPS 3R yaitu Desa Baru dan Desa Paal. Sekarang memasuki tahap pengerjaan”, tutupnya.

Sosialisasi TPS 3R tersebut dihadiri Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Melawi, A.M. Thino, Camat Nanga Pinoh, staf dinas Kesehatan, BPD Desa Baru, tokoh masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Baru serta pendamping lokal desa.

 

Penulis: Ade S/A. Ghofar