Beranda blog

Miliki 1 Unit Bank Sampah, Yessy Beri Apresiasi SMA Panca Setya Sintang

0
bank sampah
Foto: Yessy Melania didampingi Pastor Petrus Juli dan tenaga pendidik di SMA Panca Setya Sintang Jumat (27/5/2022)
METRO, SINTANG – Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah SMA Swasta Panca Setya, Pastor Petrus Juli di Kabupaten Sintang, Kalimantan  Barat karena memiliki 1 unit Bank Sampah dilingkungan sekolah.

Apresiasi adannya Bank sampah tersebut disampaikan Yessy Melania usai melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di sekolah tersebut pada Jumat (27/5).

Menurut Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai NaDem ini, keberadaan Bank sampah di sekolah SMA Panca Setya Sintang merupakan prestasi tersendiri. Dimana saat ini persoalan sampah memerlukan penanganan yang serius yang berkaitan dengan masalah Kesehatan lingkungan.

Baca Juga: Yessy Melania Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI Di SMA Panca Setya Sintang

WhatsApp Image 2022 05 28 at 19.49.43
Foto: Yessy didampingi Pastor Petrus Juli saat meninjau lokasi Bank sampah di SMA Panca Setya Sintang

“Adanya Bank sampah di sekolah SMA Panca Setya memiliki nilai positif bagi lingkungan sekitar sekolahan. Selain itu juga memiliki nilai ekonomi bagi sekolah itu sendiri” ujar Yessy saat dihubungi via seluler melalui staf ahlinya, A. Bandi, Sabtu (28/5).

Dikutip dari media online https://m.rri.co.id Yessy menyampaikan harapannya kepada SMA Swasta Panca Setya Sintang agar terus menjadi lembaga pendidikan yang bisa dikenal oleh masyarakat luas.

“Harapan saya untuk SMA Swasta Panca Setya Sintang, teruslah menjadi lembaga pendidik yang kita tahu, masyarakat Sintang tahu dan Kalbar tahu bahwa disini anak-anak didiknya memiliki potensi dan prestasi” Ungkap Yessy.

Baca Juga: Diduga, Kepsek SMPN 1 Cigombong Pungut Anggaran Perpisahan Siswa

WhatsApp Image 2022 05 28 at 19.49.42 1
Foto: Yessy didampingi Pastor Petrus Juli saat meninjau lokasi Bank sampah di SMA Panca Setya Sintang

Sebagai bentuk apresiasi atas keberadaan Bank sampah tersebut, Yessy Melania berencana memberikan 1 unit kendaraan (Tossa) dan mesin pengolahan sampah kepada SMA Swasta  Panca Setya Sintang untuk mobilitas pengelolaan Bank sampah.

“Saya sudah berdiskusi dengan Pastor Petrus Juli dan beliau meminta bantuan berupa Tossa dan Mesin Pengolah Sampah, kemudian saya juga sudah mengarahkan kepada sekolah untuk membuat proposal kemudian diajukan kepada saya dan semoga kalau tidak di tahun ini, tahun depan itu bisa terealisasi” kata Yessy seperti dikutip dilaman https://m.rri.co.id, Jumat (27/5) lalu.

Sementara itu, Kepala sekolah SMA Swasta Panca Setya, Pastor Petrus Juli mengatakan dirinya sangat terkesan dengan kehadiran Yessy Melania. Menurutnya, Yessy Melania sangat peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Joni Yusman: Kawasan Stadion RTSP Melawi Harus Dibenahi

WhatsApp Image 2022 05 28 at 19.49.42
Foto: Yessy saat berbicang-bincang dengan Pastor Petrus Juli

Saat diwawancarai Pastor Petrus Juli mengatakan SMA Swasta Panca Setya Sintang juga diberikan bantuan oleh Ibu Yessy Melania yang akan digunakan untuk pengembangan dan Bank Sampah yang dimiliki SMA Swasta Panca Setya Sintang. tulis laman https://m.rri.co.id.

 

Penulis: Ade Shalahudin

Yessy Melania Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI Di SMA Panca Setya Sintang

0
Yessy Melania
Foto: Yessy Melania saat menyampaikan materi 4 pilar kebangsaan di SMA Panca Setya Sintang
METRO, SINTANG – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai NasDem, Yessy Melania Kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksankan di SMA Swasta Panca Setya Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Jumat (27/5).

Yessy mengatakan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan merupakan tugas konstitusional yang diamanahkan oleh MPR RI untuk disampaikan kepada generasi muda milenial agar menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Generasi muda milenial harus  mengetahui dan mempedomani 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia” kata Yessy Melania saat dihubungi via seluler melalui staf ahlinya, Sabtu (28/5).

Baca Juga: Pimpin Anev Kinerja, AKBP Sigit Minta Perwira Jadi Contoh

WhatsApp Image 2022 05 28 at 14.51.36
Foto: Yessy Melania saat menyampaikan materi 4 pilar kebangsaan di SMA Panca Setya Sintang

Disebut Yessy 4 pilar MPR RI dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya, generasi muda sebagai penerus bangsa harus mengetahui sejak dini 4 pilar tersebut.

“4 pilar ini penting untuk diketahui dan disampaikan kepada generasi muda. Semoga apa yang kita sosialisaikan kepada siswa-siswi di SMA Panca Setya Sintang bisa diterapkan di masyarakat, minimal dilingkungannya tempat tinggalnya” ungkap Yessy.

Yessy juga menambahkan sebagai generasi bangsa, pemuda dan pemudi harus memiliki semangat nasionalisme dan cita-cita yang tinggi untuk mencapai Indonesia maju.

Baca Juga: Joni Yusman: Kawasan Stadion RTSP Melawi Harus Dibenahi

WhatsApp Image 2022 05 28 at 14.52.33
Foto: Penyerahan cindermata oleh Kepsek SMA Panca Setya, Petrus Juli kepada Yessy Melania

“Di era digital ini generasi muda bangsa harus mampu bersinergi dengan teknologi agar tidak tertinggal. Namun demikian harus berlandaskan pada 4 pilar kebangsaan sebagai pondasi negara kita” ujar Yessy.

Ia juga mengingatkan,generasi muda Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Sintang jangan terlena dan hanyut dalam arus informasi global. Yessy berharap generasi muda dapat mengambil sisi positif informasi yang diperoleh di sosial media dan tidak termakan hoax.

“Saya mengingatkan kepada kita semua sebagai generasi muda agar menyaring informasi atau berita yang di dapat di sosial media dan tidak termakan hoax. Hal ini sangat penting untuk menjaga keutuhan NKRI” pesan Yessy.

Baca Juga: Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

WhatsApp Image 2022 05 28 at 14.51.34
Foto: Pendeta Petrus Juli saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi 4 pilar kebangsaan

Atas kedatangannya di SMA Panca Setya Sintang, Yessy Melania menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan.

“Saya ucapkan terima kasih Kepada kepala sekolah SMA Panca Setya Sintang, bapak Pastor Petrus Juli dan seluruh siswa-siswinya Juli atas sambutan yang diberikan” ucapnya mengakhiri.

Baca Juga: Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

Penulis: Ade Shalahudin

Tjahyo Kumolo Resmi Buka Expo HUT APEKSI Ke-22

0
Tjahyo Kumolo
Foto: Pembukaan Expo HUT Apeksi Ke- 22
METRO, BANDAR LAMPUNG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB RI), H. Tjahyo Kumolo secara resmi membuka Expo Hari ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-22 yang dipusatkan di Gedung Graha Wangsa, Bandar Lampung pada Jumat (27/5).

Hadir dalam acara pembukaan Expo HUT APEKSI ke-22 tahun, Staf Ahli Bidang Budaya dan Kerja Menpan RB RI, Jufri Rahma, Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik dan Umum Kemenpan RB RI, Saifudin Latif, Dewan Pengurus, Dewan Pengawas dan Korwil 1-6 APEKSI, Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kusnadi, Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, dan walikota seluruh Indonesia serta mitra kerja APEKSI.

Acara yang dibuka dengan tarian khas adat Lampung, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, mars APEKSI, dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustad Ismail Soleh berlangsung secara khidmat, lancar dan sukses.

Baca Juga: Bupati Melawi Buka Secara Resmi Rakor P3MD Tahun 2022

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.06.15 1
Foto: Menpan RB, Tjahyo Kumolo saat memukul Gong Pembukaan Expo Apeksi

Dalam sambutannya, Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana sebagai penyelenggara acara dan tuan rumah dilaksanakannya agenda HUT APEKSI ke-22 Tahun mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan peserta APEKSI.

“Kami sangat bangga atas berkenannya hadir Bapak Menteri Tjahyo Kumolo bersama rombongan, serta para Walikota seluruh Indonesia, selamat datang, dan Kami ucapkan terimakasih kepada Forkopimda yang telah membantu kegiatan di Kota Bandar Lampung”, kata Walikota yang kerab disapa Bunda Eva.

Sementara, Bima Arya yang merupakan ketua Dewan Pengurus APEKSI dalam sambutannya mengatakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu kekuatan bagi penggerak Pemerintahan.

Baca Juga: Petani Sawit Indonesia Berikan Apresiasi Kepada Jokowi Usai Cabut Larangan Ekspor

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.06.15
Foto: HUT Ke- 22 Apeksi di Bandar Lampung

“ASN menjadi salah satu kekuatan dalam menggerakkan mitra-mitra ekonomi, dengan diberikannya kesempatan bagi produk lokal dan ini jika dilakukan oleh 4 juta ASN dan Walikota se-Indonesia tentunya menjadi kekuatan bersama”, terang Bima Arya.

Selanjutnya, Menpan RB dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas diberikannya kesempatan untuk peletakan batu pertama pembangunan gedung mal pelayanan satu atap kota Bandar Lampung, dan sambutan di acara pembukaan Expo HUT APEKSI ke-22 Tahun.

“Forum APEKSI selain untuk membangun silaturahmi juga membangun komunikasi dan menyamakan visi dan misi bersama, karena pemerintah pusat hanya punya keinginan agar program pemerintah dapat dilaksanakan oleh Kepala-kepala daerah se-Indonesia sesuai dengan situasi daerah masing-masing. Oleh karena itu, visi dan misi tekait reformasi birokrasi harus dilakukan percepatan sebagaimana visi dan misi Pemerintahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan Ma’aruf Amin, maka perlu kita wujudkan ASN yang profesional dan inovatif agar kecepatan dalam mengambil keputusan tepat dan efektif”, kata Menteri Tjahyo Kumolo.

Baca Juga: Pemkab Melawi Raih Predikat WTP 3 Kali Berturut-Turut Dalam Laporan Keuangan

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.06.14 1
Foto: HUT ke-22 Apeksi di Bandar Lampung

Kemudian, beliau juga menjelaskan terkait pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh ASN harus dilakukan secara proposional dan profesional hal ini untuk mendorong kemajuan menuju transformasi digital.

“Pelayanan prima harus terus diberikan untuk masyarakat, oleh karena itu diperlukan pemerintah yang terintegrasi antara kementerian, penyederhanaan eselon juga harus dicerna dengan cermat dan teliti, kondisi ini memungkinkan fleksibelitas dan mobilitas pegawai sehingga terhindar dari titik rawan korupsi, radikalisme, narkoba dan daerah rawan bencana, maka diperlukan studi tiru dari berbagai kota/daerah yang telah menerapkan mal pelayanan satu atap”, jelas Menteri Tjahyo Kumolo.

Baca Juga: Fahri Hamzah, Waktu Akan Menjadi Penguji Masing-MasingSetia Kita

Untuk diketahui, acara pembukaan expo HUT APEKSI ke-22 Tahun ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Tjahyo Kumolo, yang didampingi oleh Asisten 2 Gubernur Provinsi Lampung, Ir. Kusnadi, Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana dan ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya. (*)

Diduga, Kepsek SMPN 1 Cigombong Pungut Anggaran Perpisahan Siswa

0
Kepsek
Foto: Halaman Deapan gedung SMPN 1 Cigombong
METRO, BOGOR – Diduga Kepsek SPMN 1 Cigombong Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan pungutan dana perpisahan kepada siswa-siswinya sebesar Rp. 1.095.000. 

Hal itu diungkapkan oleh salah satu orang tua siswa SPMN 1 Cigombong yang enggan disebutkan namanya kepada awak media pada Jumat (27/5).

Dia mengatakan bahwa anaknya dibebankan biaya perpisahan sebesar Rp. 270.000, buku tahunan Rp. 75.000 dan membayar uang seragam sebesar Rp. 750.000.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.19.12
Foto: Siswa-Siswi SMPN 1 Cigombong

“Pungutan ini sangat berat bagi kami sebagai orang tua. apalagi totalnya sampai Rp 1 juta lebih” ungkapnya.

Pungutan yang dilakukan pihak sekolah kepada siswa jelas sangat memberatkan dan diduga melanggar aturan yang sudah ditentukan pemerintah.

Sementara itu, Roja’i, Kepsek SMPN 1 Cigombong, saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa benar pihaknya akan mengadakan acara perpisahan atas permintaan siswa-siswinya.

Baca Juga: Peringatan Hardiknas SMP Kusuma Bangsa 13 Mei

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.19.11
Foto: Siswa-Siswi SMPN 1 Cigombong

“Sesuai permintaan dari siswa dan disetujui oleh seluruh wali siswa kami akan mengadakan acara perpisahan dan juga membuatkan surat persetujuan yang ditandatangani oleh wali murid” pungkas Kepsek tersebut.

Roja’i juga menjelaskan terkait anggaran, dirinya berdalih semua ini sesuai dengan kesepakatan bersama, namun tidak semua siswa bisa membayar penuh.

“Banyak juga siswa yang tidak mampu untuk membayar dana perpisahan, dan kekurangan tersebut ditutupi oleh pihak sekolah” dalih Roja’i.

Baca Juga: Halal Bihalal Bersama SMK Kusuma Bangsa

WhatsApp Image 2022 05 27 at 19.19.10 1
Foto: Lembar persetujuan orangtua murid

Roja’i juga membantah adanya pungutan seragam. Dirinya merasa tidak pernah memungut sebesar Rp 750 ribu kepada siswa.

Dengan adanya keluhan orangtua siswa dan adanya dugaan pungli ini. Diminta agar Pemkab Bogor,  khususnya dinas pendidikan agar tidak tutup mata dan menindak tegas kepala sekolah yang masih tega mengatasnamakan siswa.

Baca Juga: Mayat IE Budiman (51), Ditemukan Di Sebuah Villa

Redaksi

Harga Minyak Goreng Tinggi, Danrem 061/SK Terjun Langsung Cek Harga Penjualan

0
Harga minyak
Foto: Danrem 061/SK dan Kapolresta Bogor saat meninjau langsung harga minyak goreng Kamis (26/5/2022)
METRO, BOGOR – Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA melakukan pengecekan langsung terkait tingginya harga minyak goreng Curah/kemasan yang dijual di salah satu Toko Sembako di Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (26/5).

Danrem 061/Sk, Brigjen TNI Rudy Saladin mengatakan, pengecekan langsung dilakukan karena ada informasi dari masyarakat dugaan harga minyak goreng dijual tinggi di salah satu toko di Kelurahan Cibogor.

“Hasil pengecekan, harga maupun ketersediaan minyak goreng di toko tersebut sudah stabil dan dijual sesuai harga eceran tertinggi” ujar Rudy.

Baca Juga: Pimpin Anev Kinerja, AKBP Sigit Minta Perwira Jadi Contoh

IMG 20220528 WA0008
Foto: saat pengecekan stok minyak goreng di salah satu toko sembako

Sementara itu, Acong salah satu pemilik toko mengatakan bahwa toko miliknya perhari menyediakan 2 ton minyak goreng dengan harga beli Rp14.400/kg.

“Untuk jumlah pembelian minyak curah perharinya yaitu sebanyak 2 ton sedangkan jumlah pembelian untuk per minggunya sebanyak 14 ton dengan harga beli Rp14.400, sedangkan untuk harga jual Rp15.000/kg.” terang Acong.

Baca Juga: Joni Yusman: Kawasan Stadion RTSP Melawi Harus Dibenahi

IMG 20220528 WA0007
Foto: saat pengecekan stok minyak goreng di salah satu toko sembako

Setelah mendengar pemaparan dari salah satu pemilik toko mengenai harga eceran tertinggi dan ketersediaan minyak goreng. Danrem berharap kedepannya harga minyak goreng akan lebih Stabil lagi.

“TNI-Polri akan terus meningkatkan sinergitas dalam melakukan peninjauan penjualan minyak curah di beberapa Toko dan Pasar terus hingga penjualan agar lebih stabil” tegasnya.

Baca Juga: Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

IMG 20220528 WA0009
Foto: saat pengecekan harga minyak minyak goreng di salah satu toko sembako

Selama peninjauan berlangsung, Danrem 061/Sk didampingi oleh Kapolresta Bogor, Dandim 0606/Kota Bogor, Dandenpom lll/1 Bogor, Kasat Reskrim dan Kasat Sabhara Polresta Bogor. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

 

Sumber: Penrem 061/Sk

Pimpin Anev Kinerja, AKBP Sigit Minta Perwira Jadi Contoh

1
Anev Kinerja
Foto: Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K.
METRO, KALBAR — Pimpin Anev Kinerja rutin, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, meminta kepada perwira untuk menjadi contoh bagi anggota dan menerapkan disiplin dalam bekerja.

Hal itu disampaikan AKBP Sigit saat memimpin Analisa dan Evaluasi (Anev) Kinerja Rutin Polres Melawi di Aula Tri Brata Polres Melawi, Jumat (27/5).

Dalam anev kinerja rutin, AKBP Sigit juga memberikan arahan kepada kepada Polsek jajaran diantaranya adalah sikap disiplin anggota Polri.

Baca Juga: Joni Yusman: Kawasan Stadion RTSP Melawi Harus Dibenahi

IMG 20220527 WA0021 e1653639645951
Foto: Kapolres dan Wakpolres Melawi saat pimpin Anev Kinerja rutin Jumat (27/5/2022)

“Jangan sampai ada pelanggaran disiplin oleh anggota yang kita biarkan. Ketika kita mentoleransi pelanggaran, maka pelanggaran itu akan terus diulangi” tegas Sigit.

Untuk itu, Sigit pun meminta para perwira di jajarannya agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anggotanya.

“Jalankan peran rekan-rekan sebagai seorang perwira. Selalu hadir di tengah-tengah anggota dan jadi contoh yang baik. Berikan instruksi, awasi dan tegur anggota yang melanggar disiplin untuk minimalisir terjadinya pelanggaran di tubuh institusi kita” perintah Sigit.

Baca Juga: Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

IMG 20220527 WA0022 e1653639772875
Foto: rapat Anev Kinerja di Aula Tri Brata Mapolres Melawi

Hal itu menurut Sigit, akan berpengaruh kepada perbaikan kinerja Polri khususnya Polres Melawi.

“Dengan tidak adanya pelanggaran, maka kita dapat fokus untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah kita rencanakan” ujar Sigit

Baca Juga: Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

IMG 20220527 WA0020 e1653639869411
Foto: Perwira dan Polsek jajaran saat mengikuti Anev Kinerja

“Anggota dapat melaksanakan tugas pokoknya masing-masing dengan baik yang bermuara pada meningkatnya kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Sumber: Humas

Joni Yusman: Kawasan Stadion RTSP Melawi Harus Dibenahi

2
METRO, KALBAR – Ketua Komisi B, DPRD Kabupaten Melawi, Joni Yusman meminta Pemkab Melawi melakukan pembenahan di Kawasan Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan (RTSP) sebagai pusat Olahraga dan kegiatan ekonomi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Joni Yusman saat ditemui di salah satu cafe di Kota Nanga Pinoh pada, Kamis (25/5).

Menurut legislator partai PAN ini, Kawasan stadion RTSP selain sebagai pusat kegiatan olahraga juga bisa dijadikan kawasan ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) bagi masyarakat.

Baca Juga: Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

IMG 20220527 105643
Foto: Stadion RTSP tampak bagian depan

“Ini saya sampaikan ikarena adanya masukan dari masyarakat terkait seputar kawasan RTSP. Ini merupakan hal yang positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan pajak daerah” ungkap Joni Yusman.

Dengan adanya masukan dari masyarakat tersebut, dirinya juga berencana akan membahas dalam rapat di Komisi yang dipimpinnya itu.

“Nanti kita akan bahas dalam rapat komisi bersama anggota komisi” pungkasnya.

Baca Juga: Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

IMG 20220527 110006
Foto: Stadion RTSP Melawi tampak tak terawat

Joni juga mengatakan, untuk menjadikan RTSP sebagai pusat olahraga dan ekonomi masyarakat perlu dibahas secara mendetail bagaimana konsep pembangunan oleh Pemkab.

“Kita bisa melihat Stadion Sultan Syarif Abdurrahman di Pontianak, dimana kawasan tersebut juga terdapat kegiatan ekonomi masyarakat. Konsep detailnya kita serahkan kepada Pemkab Melawi” ujarnya.

Disebut Joni, selain sebagai pusat olahraga dan ekonomi masyarakat nantinya, RTSP bisa juga dijadikan tempat pusat kesenian dan hiburan masyarakat.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

IMG 20220527 105812
Foto: area di kawasan stadion RTSP terlihat tak terawat

“Tak kalah penting, kawasan RTSP juga bisa dijadikan pusat kegiatan kesenian daerah multi etnis yang ada di Melawi” ucapnya.

Baca Juga: Korem 121/ABW Sosialisasikan Bidang Wanwil Tahun Anggaran 2022

 

Penulis: Ade Shalahudin/Dik

Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

2
PMK
METRO, KALBAR – Merebaknya informasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Bhabinkamtibmas Polsek Sayan langsung melakukan pendataan kepada sejumlah pemilik ternak sapi di Kecamatan Sayan pada, Rabu (18/5) lalu.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, melalui Kapolsek Sayan, Ipda Noviyar Yunus mengatakan, bahwa dengan merebaknya informasi PMK, memerintahkan Bhabinkamtibmas desa untuk melakukan pendataan langsung kepada warga yang memiliki ternak sapi sekaligus menyampaikan informasi gejala-gejala penyakit ini pada sapi.

“Pendataan dilakukan langsung oleh personel Bhabinkamtibmas kepada masing-masing desa binaan, terutama kepada warga yang memiliki ternak sapi di wilayah Kecamatan Sayan” ujar Ipda Noviyar Yunus.

Baca Juga: Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

IMG 20220527 WA0012
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

Lebih lanjut Noviyar Yunus juga menyampaikan, selain melakukan pendataan, Bhabinkamtibmas desa juga menyampaikan informasi dini kepada pemilik ternak tentang adanya penyakit tersebut pada sapi.

“Informasi tentang penyakit ini kita berikan kepada pemilik ternak agar mengetahui sejak dini gejala-gejala yang tejadi  pada sapi” jelasnya.

Dikatakan Noviyar Yunus, pendataan tersebut adalah upaya untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan PMK pada sapi di masyarakat.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

IMG 20220527 WA0002
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

“Selain pendataan dan memberikan informasi,kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasi  pada peternak sapi” pungkasnya.

Noviyar Yunus juga mengimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi agar selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya.

Dirinya juga meminta warga yang memiliki ternak sapi apabila temukan tanda-tanda atau gejala PMK miliknya agar segera menghubungi dinas terkait melalui pemerintah desa.

Baca Juga: Kejar Target, Puskesmas Dan Polsek Sayan Lakukan Vaksinasi Door to Door Di 2 Desa

IMG 20220527 WA0003
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

“Imbauan ini perlu kita sampaikan ke masyarakat pemilik ternak agar mendapatkan penanganan langsung dari dinas terkait apabila ternak yang mereka miliki ada gejala-gejala PMK” ungkapnya.

“Meskipun hasil pendataan yang dilakukan belum ditemukan adanya gejala PMK pada sapi. Saya minta kepada warga, terutama warga yang memiliki sapi harus tetap waspada” imbuhnya.

Diketahui dari berbagai sumber bahwa gejala PMK pada hewan antara lain, hewan akan kehilangan nafsu makan, banyaknya air liur pada mulut sapi, terdapat luka pada bagian mulut, lidah serta kuku sapi.

Baca Juga: Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Melawi Gelar Diskusi Dengan OKP

“Selain beberapa gejala tersebut, hewan yang ternak kesulitan berdiri dan bernafas” tutupnya.

 

Penulis: Ade Shalahudin/Dik

Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

1
Itwasda
METRO, KALBAR – Tim penilaian dan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Itwasda Polda Kalbar mendatangi Mapolres Melawi pada Selasa (24/5).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, melalui Waka Polres Melawi Kompol Asmadi menjelaskan, kedatangan Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar untuk melakukan evaluasi kinerja Satker Polres Melawi.

“Ini sesuai dengan Surat Telegram Kapolda Kalbar Nomor : ST/344/V/WAS./2022/ITWASDA tanggal 11 Mei 2022 perihal Pemberitahuan Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalbar” jelas Kompol Asmadi.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

IMG 20220525 WA0017
Foto: proses pemeriksaan dokumen oleh tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Satker dan Satwil jajaran Polda Kalbar sebagai fungsi kontrol SAKIP” imbuhnya.

Penilaian SAKIP yang dilaksanakan pada Selasa (24/5) pukul 08.00 wib berlangsung di ruang Comand Centre Polres Melawi.

“Adapun dokumen yang di lakukan pemeriksaan SAKIP yaitu, Restra Satker 2020-2024, Renja tahun 2021, IKU (Indikator Kinerja Utama) dan  Perjanjian Kinerja Tahun 2021, LKIP Satker tahun 2021” tutur Kompol Asmadi.

Baca Juga: Kejar Target, Puskesmas Dan Polsek Sayan Lakukan Vaksinasi Door to Door Di 2 Desa

IMG 20220525 WA0019
Foto: proses pemeriksaan dokumen oleh tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar

Disebut Asmadi, selain hal diatas penilaian dan evaluasi oleh Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar pada laporan Anev Capaian Kinerja periodik serta Dokumentasi produk pendukung kinerja Satker Polres Melawi.

“Penilaian dan Evaluasi SAKIP bertujuan untuk mengetahui Kegiatan melalui perencanaan baik yang telah di laksanakan maupun yang belum di laksanakan oleh satker Polres Melawi” jelasnya lagi.

“Hasil penilaian dan evaluasi oleh Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar, Polres Melawi siap memenuhi SAKIP yang telah disampaikan oleh ketua tim” tegasnya.

Baca Juga: Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Melawi Gelar Diskusi Dengan OKP

IMG 20220525 WA0021 e1653467536404
Foto: proses pemeriksaan dokumen oleh tim SAKIP Itwasda Polda Kalbarp

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kombes Pol. R. Petit Wijaya bersama tim yang telah melakukan penilaian dan evaluasi SAKIP pada Satker Polres Melawi. Kami akan memenuhi serta melengkapi kriteria SAKIP Polres Melawi” ucapnya.

Adapun tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar yaitu dalam kegiatan pemeriksaan dan evaluasi SAKIP yaitu, Kombes Pol.R.Petit Wijaya (ketua tim), Kompol. R. Fariman, Penata TK.I. Aries Rizaldi, dan Briptu M. Irfan.

Selama proses penilaian dan evaluasi, tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar didampingi langsung oleh Kompol Asmadi, Kompol Ramdani, para operator SAKIP Polres Melawi serta Staf Bagian Perencanaan Polres Melawi.

Baca Juga: Bupati Melawi Buka Secara Resmi Rakor P3MD Tahun 2022

 

Sumber: Humas

Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

1
Pendidikan
METRO, KALBAR – Dalam upaya membantu program Pemerintah dibidang pendidikan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns membantu mengajar siswa-siswi SMPN 2 Jagoi Babang, Dusun Saparan, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Hal itu diungkapkan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Selasa (24/5).

Hendro menjelaskan, 2 orang anggota Pos Saparan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Pratu Ade mengajar mata pelajaran seni budaya serta sejarah pramuka kepada siswa-siswi kelas 8 SMPN 2 Jagoi Babang, Dusun Saparan.

Baca Juga:  Kejar Target, Puskesmas Dan Polsek Sayan Lakukan Vaksinasi Door to Door Di 2 Desa

IMG 20220525 WA0016
Foto: personel Satgas Pamtas saat mengajar di kelas

“Di wilayah perbatasan Kalbar jumlah tenaga pengajar di sekolah-sekolah sangat kurang” terang Hendro.

Dikatakan Hendro, untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di sekolah-sekolah di wilayah perbatasan sejak awal sudah Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melatih personelnya sebagai tenaga pendidik.

“Dengan pelatihan yang ada maka Satgas Pamtas bisa membantu mengajar di sekolah-sekolah perbatasan untuk mendukung program Pemerintah di bidang pendidikan sehingga diharapkan anak-anak perbatasan tidak kalah bersaing dengan anak-anak di perkotaan” ungkap Hendro.

Baca Juga: Korem 121/ABW Sosialisasikan Bidang Wanwil Tahun Anggaran 2022

IMG 20220525 WA0015
Foto: personel Satgas Pamtas saat mengajar di kelas

Menurut Hendro, Ilmu pengetahuan sangat penting dan berguna sekali bagi generasi muda di masa yang akan datang.

“Pendidikan merupakan modal dasar mencetak generasi penerus bangsa untuk meraih cita-cita khususnya anak-anak perbatasan Kalbar” jelasnya.

Terpisah, Danpos Saparan Lettu Inf Dade Setiawan mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dalam menjaga dan meningkatkan taraf pendidikan anak-anak di wilayah perbatasan.

Baca Juga: Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Melawi Gelar Diskusi Dengan OKP

IMG 20220525 WA0014
Foto: personel Satgas Pamtas saat mengajar di kelas

“Selain meningkatkan taraf pendidikan anak di sekolah, kegiatan ini juga sekaligus sarana untuk menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan serta untuk menjaga kedaulatan NKRI kepada masyarakat di wilayah perbatasan” pungkasnya.

Dade juga mengatakan, selain itu, upaya ini dilakukan sebagai bentuk peran serta Satgas Pamtas untuk memberikan motivasi dan support terhadap dunia pendidikan khususnya di wilayah perbatasan Kalbar.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Jagoi Babang, Dini Hudhatin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Pos Saparan yang secara sukarela menjadi tenaga pengajar di sekolahnya.

Baca Juga: Bupati Melawi Buka Secara Resmi Rakor P3MD Tahun 2022

“Jumlah guru di sekolah kami sangat kurang. Dengan keberadaan personel Satgas Pamtas yang turut membantu kami dalam mengajar saya ucapkan terima kasih”, ucapnya.

 

Sumber: Penrem

22,922FansSuka
3,338PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Recent Articles

Trending Now

Google search engine