Bupati Tapsel Beri Bantuan Kepada Keluarga Korban Akibat Terbawa Arus Sungai.

Bupati Tapsel Beri Bantuan Kepada Keluarga Korban Akibat Terbawa Arus Sungai.

 

TAPANULI SELATAN -Metroindonesia.id.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu memberikan bantuan kepada keluarga korban akibat terbawa arus Sungai di Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayur Matinggi, Sabtu (2/3).

IMG 20240302 WA0024

Bupati Tapsel menyambangi dan memberi bantuan kepada keluarga korban yang hanyut terbawa arus sungai di Desa Aek Badak Jae.

 

Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Bupati Dolly Pasaribu kepada kedua keluarga korban yang terkena musibah.

Adapun kedua korban yang hanyut bernama Devin Daulay (1,5) tahun putra dari Irwan Saputra dan Zidan Hasibuan (3) tahun putra dari Diatmiko yang merupakan korban tewas setelah hanyut terbawa arus sungai tepatnya di Desa Aek Badak Jae Kecamatan Sayur Matinggi pada Jumat (1/3) pagi.

IMG 20240302 WA0023

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dalam kesempatan tersebut memberi nasehat agar para orang tua lebih awas dan selalu menjaga anak anak.

 

Menurut kabar, kedua korban hanyut sekitar pukul 07.00 WIB. Kedua korban diduga terpeleset dan jatuh ke aliran Sungai dan ditemukan warga sekitar pukul 09.00 WIB di Desa Pardomuan 800 m dari lokasi kejadian.

Dalam kunjungannya Bupati memberikan bantuan berupa santunan tali asih di dampingi Dinas Sosial, dan BPBD Tapsel.

IMG 20240302 WA0025

Dolly Putra Parlindungan Pasaribu tak lupa memberikan tali asih untuk keluarga korban.

 

Bupati Dolly Pasaribu menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam dan berpesan untuk sabar dan ikhlas atas musibah yang terjadi.

“Kami mendapat kabar, sekira sebelum shalat Jum’at. Mengingat ada kegiatan di Sipirok yang tidak bisa diwakilkan, maka diputuskan Sabtu ini kami langsung menyampaikan kabar belasungkawa dan menguatkan orang tua yang terkena musibah. Kami pun orang tua, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan datang untuk memberikan dukungan semangat agar tidak berlarut dalam kesedihan dan mengikhlaskannya karena kita semua akan berpulang kepada-Nya, tandanya kami ikut merasakan duka yang mendalam atas kejadian tersebut. Mudah-mudahan Allah memberikan ketabahan kepada kita semua,” ucap Dolly.

IMG 20240302 WA0022

Keluarga Korban dan tokoh masyarakat Desa Aek Badak jae mengucapkan terima kasih atas perhatian dan keperdulian Bupati Kab.Tapsel.

 

Bupati berharap kejadian ini tidak terulang lagi dan mengajak kepada seluruh orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi aktivitas anak-anak.

Sementara Hatobangon, Ismail Zuhri Pulungan didampingi orang tua korban, mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya yang telah hadir memberikan ucapan dukacita, doa, dan santunan tali asih.

IMG 20240302 WA0027

Bupati Kab.Tapsel memberikan motivasi dan poda poda(Nasehat) agar sabar menghadapi musibah ini kepada keluarga korban.

 

“Hami mangucapkon tarimokasi sa godang-godang na tu Pak Bupati Tapsel dohot jajaran na madung malehen hata-hata takziah, perhatian songoni bantuan ima tu saudara nami na terkena musibah semoga dohot bantuan on malehen berkah dohot bermanfaat meringankan beban ni saudara taon (Terima kasih Pak Bupati dan jajarannya atas bantuan, perhatian serta kepeduliannya untuk saudara kami yang terkena musibah, semoga bantuannya bermanfaat dan dapat meringankan beban ahli musibah).” ucapnya.

Bupati Tapsel Jadi Irup Pelepasan Ambalan SMAN 2 Plus Sipirok dan SMK Martabe.

Bupati Tapsel Jadi Irup Pelepasan Ambalan SMAN 2 Plus Sipirok dan SMK Martabe.

 

TAPANULI SELATAN -Metroindonesia.id.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada pelepasan ambalan siswa SMA Negeri 2 Plus Sipirok angkatan 27 dan SMK Martabe Sipirok angkatan 10, di Gedung Olahraga (GOR) SMAN 2 Plus Sipirok, Sabtu (2/3).

IMG 20240302 WA0014

Dalam sambutannya, Bupati Dolly Pasaribu mengucapkan selamat kepada seluruh siswa kelas XII yang hari ini dilepas ambalannya dan Dolly berharap semoga siswa/siswi atas sukses dalam mencapai impiannya atau cita-citanya.

Dolly juga mengajak kepada seluruh siswa/siswi untuk senantiasa meminta doa restu dari kedua orang tua, karena doa restu orang tua dapat memberi jalan kesuksesan.

IMG 20240302 WA0019

Disamping itu, Dolly juga mengapresiasi seluruh civitas Yayasan Marsipature Hutanabe dan juga seluruh jajaran guru yang telah mendidik dan mengasuh seluruh angkatan 27 SMA Plus Sipirok dan angkatan 10 SMK Martabe Sipirok selama 3 tahun.

“Guru hanya mampu mengantar kalian sampai kelas XII, selanjutnya kalianlah yang akan menjadi pribadi-pribadi yang berkualitas dan menjadi pribadi yang luar biasa,” harap Dolly kepada anak kelas XII tersebut.

IMG 20240302 WA0018

Kemudian, Dolly juga mengucapkan selamat ke seluruh orang tua siswa kelas XII atas dilaksanakannya pelepasan ambalan yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Terakhir Dolly menambahkan bahwa Kabupaten Tapsel telah memberikan beasiswa kepada anak-anak Tapsel yang berprestasi untuk kuliah di Universitas Negeri dengan nilai IPK 3,5 keatas.

IMG 20240302 WA0017

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Plus Sipirok Khairul Faiz Nasution mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Marsipature Hutanabe, Pemprov Sumut dan Pemkab Tapsel.

“Kami sadar sepenuhnya, tanpa dukungan terhadap SMAN 2 Plus Sipirok ini, kami yakin sekolah kita ini tidak ada apa-apanya,” tuturnya.

IMG 20240302 WA0015

Oleh karena itu, Faiz berharap kepada peserta didik yang nantinya akan meninggalkan sekolah untuk dapat meraih cita-cita yang mereka impikan, harapnya.

Setelah itu, beberapa siswa mendapatkan beasiswa dari Yayasan Marsipature Hutana Be dan bagi siswa berprestasi yang kurang mampu diberikan beasiswa oleh Bupati Tapsel yang didampingi Kasek SMA Negeri 2 Plus Sipirok.

IMG 20240302 WA0021

Adapun siswa/siswi yang mendapatkan beasiswa yakni, Wulan Sari Siregar dari kelas XII IPS, Shakila Hamda Lubis dari kelas XII MIPA-1, Arlianda Pratama dari kelas XI-1, Habib Mubarrok Rambe dari kelas XI-3, dan Muhammad Raihan dari kelas X-1.

Pj.Walikota Dr.H.Letnan Dalimunthe SKM.M.Kes.Bersama Dir.RSUD Padangsidimpuan Kunjungi Warga Yang Sakit dan Tidak Punya Biaya Berobat

Pj.Walikota Dr.H.Letnan Dalimunthe SKM.M.Kes.Bersama Dir.RSUD Padangsidimpuan Kunjungi Warga Yang Sakit dan Tidak Punya Biaya Berobat

 

Padangsidimpuan – Metroindonesia.id.

Pj.Walikota Padangsidimpuan,Dr.Letnan Dalimunthe,SKM,M.Kes.saat mendengar laporan dan mengetahui ada warga Padangsidimpuan yang sakit dan tidak punya biaya untuk berobat ke Rumah Sakit langsung mendatangi rumah warga tersebut yang terletak di Gang Damai Kelurahan Tobat untuk melihat dan mengetahui kondisi dan keadaan agar sesegera mungkin di beri penanganan medis.(Jum’at 01/03/2024).

Galleryit 20240301 1709307842

Pj.Walikota Dr.H.Letnan Dalimunthe dan rombongan mendatangi Rumah Pak Muhammad Abduh di Gg.Damai

Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.mendatangi rumah warga tersebut(Muhammad Abduh) 51 Thn di Gang Damai Kelurahan Tobat dengan didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan Drg. Susanti Lubis MKM,Kabag Humas dan Camat Padangsidimpuan Utara.

Melihat kondisi dan keadaan Bpk Muhammad Abduh,Dir.RSUD Padangsidimpuan.Drg.Susanti Lubis.MKM.sesuai instruksi Pj. Walikota memerintahkan agar ambulans yang ada segera membawa Bpk Muhammad Abduh ke Rumah Sakit agar bisa ditangani dan dirawat dan di obati.

Galleryit 20240301 1709307823

Letnan Dalimunthe berbincang bincang dengan Bpk.Muhammad Abduh.

Pj.Walikota Letnan Dalimunthe dalam kesempatan itu juga telah mengintruksikan agar dalam menangani dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada Pak Abduh,supaya dilakukan juga pendampingan.

“Saya sudah instruksikan agar supaya Pak Muhammad Abduh dapat diberikan layanan kesehatan lebih lanjut, sesuai dengan kebutuhan. Secepatnya ditangani agar bisa pulih kembali” katanya.

Galleryit 20240301 1709307744

Dir.RSUD Padangsidimpuan memimpin tim medis untuk memeriksa kondisi Pak Abduh.

Kepala Puskesmas Sadabuan,Giovanni memastikan bahwa penyakit Bpk Muhammad Abduh akan ditangani oleh dokter secepatnya,agar hasil dari infeksi kulit yang sudah ada tidak semakin parah.

“Dari hasil pemeriksaan sementara yang kami lakukan tadi,penyakit Bpk Muhammad Abduh ini harus di analisa dulu oleh dokter di Laboratorium supaya kita tahu nama penyakit dan pengobatan yang terbaik untuk penanganannya,untuk itu kami akan terus memantau dan pelajari bagaimana perkembangan nya supaya lebih membaik”.katanya.

Galleryit 20240301 1709307760

Muhammad Abduh di evakuasi ke RS untuk mendapatkan pengobatan.

Annisa keponakan dari Muhammad Abduh mengatakan bahwa penyakit Pamannya ini ber awal dengan adanya luka seperti bisul,ditambah dengan adanya penyakit gula pada pamannya yang pada akhirnya menyebabkan infeksi yang semakin parah.

“Awal mulanya seperti bisul ditambah dengan adanya penyakit gula pada Paman,akhirnya makin menyebar dan semakin parah”.

Galleryit 20240301 1709307804

Kedatangan Pj.Walikota sangat di apresiasi Keluarga dan Warga Kel. Tobat.

“Untuk apa yang Kami terima hari ini,terus terang keluarga kami merasa sangat kaget,terharu dan mengapresiasi keperdulian Pak Walikota Letnan Dalimunthe,para Ibu Dokter dan semuanya yang telah menunjukkan welas asihnya pada kami”.

“Terus terang,tanpa perhatian dan bantuan Bapak Walikota serta semua yang telah datang dan perduli hari ini,keluarga kami sepertinya sudah kehilangan harapan untuk bisa mengobati penyakit Paman Kami,karena ketiadaan biaya”.katanya.

Pemilu

Disaksikan Pers, KPU Samosir Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara Peserta Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Samosir | Metroindonesia.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir adakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten Samosir yang diadakan di Hotel Sitio-tio Jalan Aek Rangat, Kamis,(29/02/2024).

Rapat pleno KPU Samosir dihadiri Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak bersama 8 Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata bersama 2 Komisioner Bawaslu, Drs. Tunggul Sinaga Asisten I Bupati Samosir, Kapolres Samosir yang di wakili Kabag Ops Kompol M. Hasan SH.MH, Pabung Kodim 0210/Tu Pangururan Kapten Arm Guntur Sebayang dan seluruh tamu undangan.

Acara dimulai dengan laporan Ketua Panitia Rapat Pleno Chandara Siahaan dan diteruskan kata sambutan dari Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak yang menyampaikan rapat pleno rekaputilasi yang diadakan sesuai dengan peraturan KPU RI Nomor 3 tahun 2022 bahwa rapat plone saat ini bagian tahapan yang baru dilaksanakan pada tahun 2024.

Pemilu
KPU Gelar Rapat Pleno

“Ada dua tahap yang akan menyusul dalam kegiatan berikutnya pertama penetapan hasil pemilu 2024 dan sumpah serta janji”

Lanjut, Vincent Sitinjak mengucapkan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Pemkab Samosir dan Forkopimda Samosir yang telah mendukung atas berlangsungnya tahapan Pemilu tahun 2024.

Mewakili Bupati Samosir Drs.Tunggul Sinaga Asisten I Bupati Samosir dan mewakili Forkopimda Samosir memberi apresiasi atas kerja keras KPU Samosir dan Bawaslu Samosir yang telah berhasil menyelenggarakan dan melakukan pengawasan untuk keberhasilan Pemilu 2024.

Pemilu
Peserta Rapat Pleno

Senada dengan Asisten I Samosir Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata mengapresiasi atas kerja keras KPU Samosir yang tetap fokus dalam melaksanakan tugasnya.

“Pada hari ini kita rapat pleno terbuka rekapitulasi pemilu 2024, mulai dari persiapan, pencoblosan, sampai perhitungan dari tingkat kecamatan dan akhirnya sampai perhitungan suara saat ini, adalah bukti nyata keseriusan KPU Samosir melaksanakan fungsinya”

“Saya meminta kepada peserta pemilu dan saksi harus ikut dalam kegiatan ini, tujuan diadakan rekaputilasi adalah untuk mengawal
perolehan suara partai politik pasangan calon dan calon perseorangan”

Dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu Samosir mengajak yang hadir tetap menjaga ketertiban

Sebelum Rapat dimulai, Ketua KPU Samosir membacakan tata tertib dan ketentuan Rapat Rekapitulasi tersebut

Perlu diketahui Rapat Pleno Terbuka Rekaputilasi Pemilu 2024 direncanakan akan diselenggarakan sampai tanggal 2 Maret 2024 mendapat pengamanan ketat dari Polres Samosir dan Kodim 0210/Tu Pangururan. (Pardede)

Dr.Lambok.M.J.Sidabutar.SH.MH.Bertindak Selaku Penuntut Umum Dalam Persidangan Terduga Korupsi Pembangunan IPAL Domestik di Kota PspThn 2020.

Dr.Lambok.M.J.Sidabutar.SH.MH.Bertindak Selaku Penuntut Umum Dalam Persidangan Terduga Korupsi Pembangunan IPAL Domestik di Kota PspThn 2020.

 

Padangsidimpuan – Metroindonesia. id.

Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Dr.Lambok M.J.Sidabutar,SH.MH bertindak selaku Jaksa Penuntut Umum dalam Persidangan perkara Tindak Pidana Korupsi Kegiatan Belanja Barang kepada Masyarakat Pembangunan Ipal Domestik Kota Padangsidimpuan TA.2020 dengan didampingi Khairur Rahman Nasution,SH.MH selaku Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan dan Batara Ebenezer,SH selaku Kasubsi Penyidikan pada Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan yang berlangsung di Ruang Sidang Cakra 9 Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus dengan Ketua Majelis Hakim Nani Sukmawati. SH.MH.

IMG 20240229 WA0010

Kejari Psp.Dr.Lambok.M.J.Sidabutar bertindak sebagai Penuntut Umum di.PN.Medan

Persidangan di lakukan berdasarkan Penetapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor :11/Pid.Sus-TPK/2024/PN Mdn terhadap terdakwa BS.
Penetapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor :12/Pid.Sus-TPK/2024/PN Mdn terhadap terdakwa FP.dan berdasarkan Penetapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor :13/Pid.Sus-TPK/2024/PN Mdn terhadap terdakwa DS.

Agenda Sidang adalah Pembacaan Surat Dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum terhadap 3 (tiga) terdakwa yaitu BS selaku Pengguna Anggaran (PA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),FP selaku Direktur CV.Satahi Persada sebagai Penyedia dan DS.selaku Direktur CV.Sportif Citra Mandiri sebagai Konsultan Pengawas.

IMG 20240229 WA0007

Ketiga Terdakwa di dalam persidangan.

Adapun Kasus yang didakwakan kepada para terdakwa adalah terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam Kegiatan Belanja Barang kepada Masyarakat Pembangunan Ipal Domestik di Kota Padangsidimpuan TA.2020 yang berlokasi di Sekolah Islam Terpadu Darul Hasan yang beralamat di Jalan Ompu Huta Tunjul Hutaimbaru.Kota Padangsidimpuan.
Yang mana dalam pekerjaan tersebut para terdakwa di duga tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang tertera didalam Kontrak yaitu pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam Kontrak dengan kondisi Barang/Jasa yang telah dikerjakan sehingga terdapat kekurangan volume sehingga Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) tersebut tidak berfungsi dan tidak dapat difungsikan yang di buktikan dengan Laporan Pemeriksaan Ahli Konstruksi Nomor : 011/LP/IX/2022/VGS yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp.491.873.966,- berdasarkan Laporan Hasil Perhitungan Kerugian Negara dari Kantor Akuntan Publik Nomor :0000/2.1349/AL/0287/1/IX/2023 tanggal 12 September 2023.

IMG 20240229 WA0006 1

Saat Pembacaan Dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Ketiga terdakwa didakwa dengan dakwaan :PRIMAIR pasal 2 ayat (1) Jo.pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo.pasal 18 ayat (1) Ke-1 KUHPidana.SUBSIDAIR pasal 3 Jo. pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo.pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHPidana.

IMG 20240229 WA0008

Suasana saat sidang pembacaan Dakwaan oleh Penuntut Umum

Hal ini di jelaskan Kepala Kejaksan Negeri Padangsidimpuan Dr.LAMBOK M.J.SIDABUTAR, SH,MH bersama Kasi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan KHAIRUR RAHMAN NASUTION,SH,MH melalui Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan YUNIUS ZEGA,SH,MH.dalam Press Release di PN Medan bersama Wartawan.

Puncak Perayaan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir Berjalan Sukses

Samosir | Metroindonesia.id

Puncak Perayaan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir sukses ditandai dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang dan Launching Calender Of Event Horas Samosir Fiesta 2024 di Water Front City-Desa Pardomuan I, 27/02.
Perayaan dengan tema “Lanjutkan Sinergitas Untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat”. Turut hadir mewakili Gubsu Inspektur Provinsi Sumatera Utara Lasro Marbun, Anggota DPR RI Martin Manurung, Lamhot Sinaga, Ketum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon, Forkopimda, Penjabat Bupati Wilmar E. Simanjorang, Mantan Wakil Bupati Samosir 2015-2020 Juang Sinaga, Pemrakarsa Kab. Samosir, Rektor ISI Padang Panjang,Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan dari Kabupaten/kota lainnya.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan perayaan hari jadi Kabupaten Samosir merupakan sebuah refleksi tentang apa yang sudah dilakukan dalam membangun Kabupaten Samosir. Diusia 20 tahun sudah banyak pembangunan yang terjadi diantaranya tempat yang sangat megah yaitu WFC, sudah sangat viral dan dikenal dunia setelah dijadikan sebagai tempat event Aquabike Jetsky Internasional, pembangunan menara pandang tele, pembangunan jembatan Tano Ponggol, pembangunan 3 ruas jalan provinsi yang sudah lama tidak tersentuh sejak tahun 2018. Sesuai dengan komitmen menjamin kesehatan, Bupati Samosir menyebutkan 99 persen penduduk Samosir yang kurang mampu telah tercover melalui BPJS gratis dan telah mendapat penghargaan UHC dari Wapres dan yang bangganya lagi keberhasilan tersebut berada diatas Provinsi Sumatera Utara dan Nasional. Pembangunan TPA/IPLT dan juga telah menggandeng Kepul sebagai solusi mengatasi permasalahan sampah. Vandiko menjelaskan khusus permasalah air bersih terus dikebut, jaringan SPAM yang sebelumnya hanya ada 2 sekarang bertambah 3 unit jaringan SPAM .

Mengingat pentingnya air bersih bagi masyarakat, telah dilakukan pendekatan dengan pemerintah atasan, maka diharapkan DPR RI dapil Sumut 2 untuk membantu mewujudkannya.
“Bahwasanya pembangunan SPAM ini masih sangat kurang, sudah mencoba mengetuk berbagai pintu agar bisa dibuatkan jaringan irigasi skala nasional karena membutuhkan dana besar, butuh kreatifitas dengan sinergi dengan Pemerintah Pusat. Melalui komunikasi dengan Bappenas dan PUPR semoga tahun ini bisa terwujud”, kata Vandiko

Berbagai keberhasilan yang disampaikan terwujud dalam waktu 2-3 tahun belakangan sebab awal menjabat sebagai Bupati/Wabup diharuskan konsentrasi menghadapi pandemi Virus Corona sehingga ada keterbatasan anggaran untuk pembangunan.
Sejak status pandemi ditetapkan menjadi endemi, mulai sejak itu berbagai lini dicoba untuk meloby pemerintah pusat. Dalam hal pemenuhan pupuk, Vandiko menyebutkan bahwa seluruh kelompok tani mendapat bantuan pupuk organik gratis dan akan melakukan hal yang sama tahun ini.

Mewujudkan Samosir yang maju, konsep pembangunan dimulai dari desa, turun langsung memberikan pendampingan, pelayanan, pelatihan dan pembangunan. Upaya yang dilakukan Pemkab Samosir membangun desa telah mendapat penghargaan dari Kemendes.
“Pembangunan perlu disentuh dari desa, turun kedesa secara langsung, pelayanan ini juga telah mendapat penghargaan Bakti pembangunan desa Satya Lencana” , ungkap Vandiko.
Dalam kategori kabupaten informatif, Pemerintah Kabupaten Samosir memperoleh anugrah keterbukaan informasi publik yang digelar oleh komisi informasi Provinsi Sumatera. Berdasarkan penilaian Ombudsman RI, Pemerintah Kabupaten Samosir mendapat penghargaan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dengan kategori kualitas tinggi dengan nilai 80,65 (zona hijau), namun tidak berpuas diri dan akan tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Diungkapkan Vandiko, selain pembangunan infrastruktur, ia juga melakukan pembangunan rohani/iman dan merupakan yang utama dan terutama sehingga pada rangkaian hari jadi, diadakan Doa Bersama dan Ucapan Syukur dengan mendatangkan Ps. Andi Simon, dari 5 ribu kursi yang disediakan ternyata antusias masyarakat sangat tinggi bahkan diikuti lebih dari 10 ribu orang.

Bupati Samosir mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Samosir, kepada seluruh pihak, swasta maupun lembaga pemerintah, masyarakat perantau dan lembaga DPR/D yang sudah bekerjasama untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Samosir.

Tak lupa Vandiko menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Samosir dan kepada para mantan pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Samosir. “Terima kasih kepada masyarakat dan stakeholder yang sudah bekerjasama , pembangunan tidak bisa terlaksana tanpa sinergi yang baik. Dirgahayu Kabupaten Samosir yang ke-20”, ucap Vandiko

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan Kabupaten Samosir patut berbangga dengan berbagai pembangunan Samosir terlebih sektor pariwisata yang sudah mendunia, akan tetapi disebutkannya masih banyak yang akan dilakukan terutama sektor pertanian yang mana 80 persen penduduk Samosir bergantung pada pertanian. “Peningkatan ekonomi petani menjadi tanggung jawab besar Pemkab Samosir, tentunya harus dengan kerja keras, bersinergi dengan pelaku pembangunan mulai Kabupaten sampai pusat. Kedepan masih banyak tanggung jawab berat terutama menuntaskan kemiskinan di Samosir, kami masih banyak perjuangan yang diproses dan dilakukan”, ungkap Martua.

Lebih lanjut disampaikan pada usia 20 tahun Kabupaten Samosir, akan berjuang meningkatkan ekonomi masyarakat Samosir sehingga sejahtera dan Samosir maju kedepan, maka untuk itu diharapkan bantuan dan perhatian DPR RI sebagai perpanjangan tangan masyarakat, sebab diakuinya, Kabupaten Samosir tidak bisa maju tanpa uluran dana pusat maupun dana hibah.
“Kita berbeda warna tapi harus bersatu demi membangun Samosir kedepan”, kata Martua

Gubsu yang diwakili Inspektur Provsu Lasro Marbun mengatakan sebagai putra daerah merasa bangga dengan perkembangan Kabupaten Samosir, terlebih dengan semangat Pemkab Samosir membangkitkan kembali Opera Batak dan penetapan Samosir sebagai Titik Nol Peradaban Batak. Lasro menambahkan, pertumbuhan ekonomi Samosir membanggakan menyamai nasional yaitu 4,5, hal ini dikatakannya berkat inovasi dan kreasi yang dilakukan Pemkab Samosir sehingga dengan SDA yang minim dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi termasuk dengan kreasi berbagai acara seperti halnya Horas Samosir Fiesta setiap tahunnya.

Kabupaten samosir
Tamu Undangan VIP

Kabupaten Samosir dengan APBD yang masih sedikit ditekankan harus terus menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi, pusat bahkan dengan Coorporate.
“Di Sumut dari 33 Kabupaten/kota, Pemkab Samosir menjadi nomor 2 terbesar yang memperoleh anggaran dari APBN” kata Lasro. Hal ini menurutnya merupakan perhatian pemerintah pusat pada destinasi super prioritas Kabupaten Samosir. Disamping itu, Lasro mengajak DPR RI dari Dapil Sumut 2, khususnya yang hadir pada Hari Jadi Samosir memberikan perhatian lebih demi pembangunan yang lebih baik.

Ketum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon menyampaikan kemajuan demi kemajuan di Kabupaten Samosir sudah mulai dirasakan dan masih akan terus berlangsung, maka dibutuh kerjasama semua pihak termasuk kepala desa untuk mengambil peran aktif. Sebagai daerah wisata super premium butuh kerjasama semua pihak, Dewan memperjuangkan aspirasi daerah. “Hal ini menjadi PR yang diemban bersama dengan Forkopimda dan DPR/D untuk bersinergi mendapatkan porsi APBN”, kata Effendi.
Disampaikannya, masih banyak yang harus menjadi perhatian baik air bersih dan termasuk kesejahteraan masyarakat, menuntaskan taraf kemiskinan. “Jangan malu-malu menyatakan ke pusat, sudah penting melihat hal-hal yang lebih mendasar, Selamat kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom, masih muda dan Energik”, ungkap Effendi dengan menitip pesan agar tetap menjaga heritage budaya dan titik awal peradaban Batak.

Sebagai bentuk perhatian kepada masyarkat Samosir, Anggota DPR RI Martin Manurung memberikan bantuan senilai Rp 100 juta untuk Samosir. Ia mengatakan, sebagai wakil rakyat siap terus bekerjasama dengan Pemkab Samosir, memberikan yang terbaik dan siap berdiskusi 24 jam membahas apa yang dibutuhkan masyarakat Samosir.
“Selamat hari jadi Samosir ke-20, semoga kita terus bersama-sama. Apa yang kami dapat di Jakarta akan kami bawa untuk masyarakat Samosir “, kata Martin

Hal senada juga disampaikan Lamhot Sinaga , sebagai wakil rakyat dari Dapil Sumut 2 tetap berusaha menjadi wakil rakyat yang baik dan amanah, bisa memberikan yang terbaik bagi rakyat Samosir. Dalam hal ini, Lamhot Sinaga juga memberikan bantuan alat pertanian berupa hand sprayer elektronik dan alsintan lainnya kepada petani sebagai bentuk kado ulang tahun.

Lamhot mengakui, perkembangan Samosir sangat pesat, terlihat dari event Internasional yang terselenggara membawa kemajuan destinasi wisata premium di Samosir. Tumbuhnya hotel bintang 5 di Samosir menandakan bentuk iklim investasi yang kondusif. “Masih banyak kemajuan laonnya, dan ini keberhasilan Pemda dibawah kepimpinan Bupati Samosir Vandiko Gultom”, kata Lamhot Sinaga.
Berbicara tentang Samosir, Lamhot mengajak masyarakat untuk saling menopang, satu tujuan tanpa melihat perbedaan.
” Kita satu dalam pembangunan Samosir. Pesta demokrasi memilih pemimpin jangan jadikan ajang perpecahan, kita satu dalam membangun Samosir”, pungkasnya

Tokoh masyarakat/adat Mangiring Naibaho memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemrakarsa atas jasa memerdekakan Samosir dari kemiskinan yang sebelumnya. Mangiring berharap Kabupaten Samosir semakin maju dengan dukungan masyarakat terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Pada perayaan hari jadi ke-20 ini, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menerima penghargaan dari BPJS atas keberhasilan mempertahankan UHC, dan penghargaan dari KPP Pratama Balige. Bank Sumut cabang Pangururan juga memberikan 1 unit Ambulance dan 131 beasiswa.
Selanjutnya Vandiko memberikan penghargaan kepada Kejari Samosir atas kerjasama dalam upaya peningkatan pajak, piagam penghargaan kepada personil Polres terhadap pelayanan pengurusan SKCK dan SIM, Bhabinkamtibnas, penghargaan kepada Bank Sumut dan penghargaan lainnya menyangkut pelayanan serta kepatuhan ijin berusaha. Menandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, penandatangan kerjasama dibidang budaya dengan ISI Padang Panjang.

Program Bedah Rumah Gotong Royong Marsialap Ari Rasyid Assaf Dongoran ke-29 di Kelurahan Baringin

Program Bedah Rumah Gotong Royong Marsialap Ari Rasyid Assaf Dongoran ke-29 di Kelurahan Baringin

 

Tapanuli Selatan – Metroindonesia.id.
Program Bedah Rumah Marsialap Ari Gotong Royong Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran kali ini menyasar Rumah Seorang buruh tani di Kelurahan Baringin Kec.Sipirok.Kab.Tapsel.

Galleryit 20240229 1709179158 1

Rasyid Assaf Dongoran Bersama Istri Dr.dr.Sri Rezeki Arbaningsih.SP.P(K)FCCP.

Keluarga Buruh Tani dengan 2 anak laki laki dan 1 anak perempuan tersebut kali ini yang mendapat kesempatan untuk mendapat Program Bedah Rumah Marsialap Ari dan Gotong Royong yang rutin di laksanakan Rasyid Assaf Dongoran di Wilayah Tapsel dengan berusaha mengajak masyarakat sekitar untuk perduli,mau membantu dengan menggalakkan kembali sistem Gotong royong di masyarakat,satu hal yang selama ini sudah hampir hilang tergerus kesibukan dan kepentingan yang semakin indifidualistis di kehidupan sehari hari seiring perkembangan jaman sehingga nilai dan akar kebebersamaan di masyarakat seperti yang sedari nenek moyang kita ada dan dijaga mulai menipis dan hilang.

Galleryit 20240229 1709179204

Kondisi Rumah yang mau di Bedah dengan Gotong Royong.

Keluarga Buruh tani dan pekerja serabutan yang hanya mengandalkan panggilan tetangga yang membutuhkan jasanya untuk bisa bekerja tersebutlah kali ini yang mendapat hidayah dan kesempatan agar bisa dan mempunyai kesempatan tinggal di rumah yang lebih layak.

Selama bertahun-tahun keluarga tersebut terpaksa harus menempati rumah tidak layak huni yang dinding dan atap nya yang bocor serta lapuk juga lantai yang bolong semakin parah keroposnya di kerenakan ketiadaan biaya untuk merehabnya.

Galleryit 20240229 1709179172

Potret Kesederhanaan Rasyid Assaf Dongoran.

Berkat kerjasama mandiri para anggota masyarakat dalam pendanaan di dusun sumuran, Kel Baringin, Sipirok,maka mulai 29 Februari – 3 Maret 2024 diharapkan rumah tersebut akan mulai di bedah dengan melakukan marsialap gotong royong oleh masyarakat sekitar.

Praktek Gotong Royong,Tolong Menolong yang berusaha di galakkan agar kembali aktif dan terus bergerak di Masyarakat oleh Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran,perlahan namun pasti mulai membuahkan hasil yang nyata.

Galleryit 20240229 1709179188

Kondisi Rumah sebelum di Bedah oleh Warga yang Marsialap Ari.

Rasyid Assaf Dongoran ketika berkesempatan di tanyakan tentang Program Bedah Rumah yang di lakukannya tersebut,sambil tersenyum tidak menunjukkan sedikitpun rasa sombong atau rasa bangga hanya mengatakan”Semoga Bulan ini juga akan menjadi Hadiah Terindah menjelang Ramadhan bagi tetangga kami ini”(29 Feb 2024).

“Hanya satu pesan moral yang bisa kusampailan untuk kita semua.”Teruslah memupuk Perhatian sesama manusia dan saling tolong menolong dalam semangat gotong royong”

“Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, وَاللَّه لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ قِيلَ وَمَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الَّذِي لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَايِقَهُ

Artinya: “Demi Allah, tidak beriman. Demi Allah, tidak beriman. Demi Allah, tidak beriman. “Sahabat bertanya, “Siapa wahai Rasulullah?”
Nabi menjawab, “Yang tetangganya tidak aman dari keburukannya”katanya.

Pemerintah Kota Padangsidimpuan Bekerja Sama Dengan Tim Satgas Bus Operasi Lapangan Sumut Gelar Sunatan Massal dan Operasi Bibir Sumbing Gratis 

Pemerintah Kota Padangsidimpuan Bekerja Sama Dengan Tim Satgas Bus Operasi Lapangan Sumut Gelar Sunatan Massal dan Operasi Bibir Sumbing Gratis 

 

Padangsidimpuan – Metroindonesia.id.

Pemerintah Kota Padangsidimpuan bekerjasama dengan Tim Bus Operasi Lapangan Provinsi Sumatera Utara telah menyelenggarakan kegiatan sunatan massal, operasi bibir sumbing, dan pengobatan gratis selama satu hari di Puskesmas Pijokoling, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan pada Rabu (28/2/2024).

Galleryit 20240228 1709132287

Masyarakat yang ikut kegiatan Sunatan massal dan operasi bibir sumbing.

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Padangsidimpuan Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.menyampaikan, “Ini adalah bentuk dan upaya kami untuk senantiasa hadir di tengah masyarakat dalam segala situasi, gerak pembangunan ini harus dirasakan oleh seluruh masyarakat.”

Kepala Dinas Kesehatan Padangsidimpuan, Balyan, yang diwakili oleh Sekretaris Saidah, menjelaskan bahwa bus operasi lapangan ini rutin hadir di Padangsidimpuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, termasuk operasi bibir sumbing, sunatan massal, dan pengobatan gratis.

Galleryit 20240228 1709132085

Pj.Walikota Psp bersama para petugas kesehatan di sela kegiatan operasi bibir sumbing.

Ketua Tim Satgas Bus Operasi Lapangan Sumut, Brigjen TNI (Purn) dr. Harry Yusmanadi, menyampaikan target pelayanan sunatan massal kepada 100 orang, operasi bibir sumbing untuk 3 orang, dan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Galleryit 20240228 1709132224

Pj Walikota Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.MKes.saat mrmberi kata sambutan.

Usai kegiatan tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Pijokoling, Ruslayni Pandiangan, mengungkapkan bahwa total pasien yang mendapat pelayanan selama satu hari adalah 165 orang untuk sunatan, 80 orang untuk pengobatan penyakit dalam, dan 8 orang untuk operasi bibir sumbing.

Galleryit 20240228 1709132177

Pj.Walikota Psp bersama tim Bus Operasi Lapangan Sumut.

Bus operasi lapangan ini merupakan Satuan Tugas Kesehatan yang diluncurkan oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin, guna membantu memberikan layanan kesehatan di berbagai wilayah Sumatera Utara. Kota Padangsidimpuan telah tiga kali menerima kunjungan dari Satuan Tugas ini.

Bupati samosir

Bupati Samosir Lepas Pawai Karnaval, Meriahkan Perayaan HUT Kabupaten Samosir Ke-20

Samosir | Metroindonesia.id

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Samosir yang Ke-20 Pemkab Samosir mengadakan pawai Karnaval Pembangunan yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Samosir, Instansi Vertikal, BUMN/D. Pawai secara resmi dilepas Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir Pantas M. Sinaga, Pabung 0210 TU G. Sebayang dari Rumah Dinas Bupati Samosir, 26/02.

Karnaval dengan mobil/ becak hias menampilkan produk unggulan pertanian dan program pembangunan dari masing-masing peserta. Bergerak dari rumah Dinas Bupati Samosir menuju Tano Ponggol selanjutnya melintasi Pasar Pangururan ke Pardomuan I dan mengambil finish di Kantor Bupati Samosir.

Kemeriahan dengan desain mobil yang diiringi beragam musik ini, sangat menghibur dan disambut antusias masyarakat, tampak masyarakat sudah menunggu disepanjang jalan melambaikan tangan dan bersorak-sorai.
“Selamat mengikuti parade, tetap semangat, semoga masyarakat bisa terhibur dan hasil pertanian dapat dikenal secara nasional”, kata Vandiko seraya mengangkat bendera start.

Bupati samosir
Bupati Samosir Lepas Pawai Karnaval

Wakil Bupati Samosir yang menyambut Karnaval di tempat Finish mengatakan, produk pertanian akan dipamerkan kembali dilokasi acara puncak yaitu kawasan Water Front City (eks pasar komoditi).
“Kita patut bersyukur, seluruh rombongan tiba dengan selamat, selanjutnya produk pertanian akan dipamerkan di kawasan Water Front City”, ucap Martua.

Bupati samosir
Mobil Hias Kecamatan Simanindo

Perayaan hari jadi Kabupaten Samosir dilaksanakan begitu meriah dengan agenda yang tersusun rapi dari tanggal 26-27 Februari 2024 dimana selain Karnaval, di Komplek Water Front City akan diadakan Doa bersama dan ucapan syukur yang dipimpin Pastor Andi Simon. Pada perayaan puncak juga akan menghadirkan artis Ibukota dan lokal.

Bupati samosir
Pawai Karnaval melewati jembatan tano ponggol
Bupati samosir

Bupati Samosir Buka Pameran UMKM

Samosir | Metroindonesia.id

Dalam rangka Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-20, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wabup Martua Sitanggang melakukan pemukulan gendang sebagai tanda pembukaan secara resmi stand pameran UMKM di Komplek Water Front City Pangururan, 26/02.

Turut hadir Wakil ketua DPRD Pantas M. Sinaga, Pabung 0210 TU G. Sebayang para Asisten dan pimpinan OPD. Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir mengangkat tema “Lanjutkan sinergitas untuk mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat”.

Bupati Samosir bersama Wabup dan rombongan mengunjungi secara langsung stand pameran. Produk yang dipamerkan diantaranya hasil pertanian, produk olahan UMKM dengan bahan baku khas Samosir, kerajinan tangan dari eceng gondok, berbagai sajian kuliner khas Samosir. Pameran juga diikuti instansi Vertikal, BUMN/D dan swasta.

Bupati samosir
Berpose di depan stand UMKM

Disela-sela kunjungan stand UMKM, Bupati Samosir menyampaikan bahwa pameran tersebut sebagai salah satu upaya promosi memperkenalkan produk. Disebutkan, produk UMKM Samosir saat ini memang sudah naik kelas, sudah masuk pasar nasional seperti di gerai Indomaret dan Alfamidi juga dapat diperoleh melalui aplikasi E-Onan.

Ia mengatakan, keseriusan Pemkab Samosir dalam membina UMKM dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM bahkan akan terus melakukan promosi.
“Tinjauan kami, UMKM Samosir cukup bagus tidak kalah saing dengan daerah lain, sudah dijual di gerai Indomaret dan Alfamart, ini sesuatu yang membanggakan” kata Vandiko.

Bupati samosir
Bupati mengunjungi stand UMKM

Pelaku UMKM dihimbau untuk tetap menunjukkan kreatifitas dan terus berusaha sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. “Kita harapkan berdampak pada perekonomian masyarakat makanya pemerintah selalu siap pelatihan dan pemasaran. Para pelaku UMKM mari tingkatkan kreatifitas, kita mampu kita bisa yang penting sinergi dengan baik, mari bersaing ditingkat nasional”, tutup Vandiko.

Untuk memastikan produk UMKM Samosir masuk pasar modern, Bupati Samosir dan Wabup mengunjungi Indomaret di Jalan Nahum Situmorang Pangururan. Vandiko menghimbau agar produk UMKM Samosir ditempatkan dirak terdepan sehingga mudah dilihat dan didapat pembeli.-sela kunjungan stand UMKM, Bupati Samosir menyampaikan bahwa pameran tersebut sebagai salah satu upaya promosi memperkenalkan produk.

Disebutkan, produk UMKM Samosir saat ini memang sudah naik kelas, sudah masuk pasar nasional seperti di gerai Indomaret dan Alfamidi juga dapat diperoleh melalui aplikasi E-Onan. Ia mengatakan, keseriusan Pemkab Samosir dalam membina UMKM dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM bahkan akan terus melakukan promosi.

“Tinjauan kami, UMKM Samosir cukup bagus tidak kalah saing dengan daerah lain, sudah dijual di gerai Indomaret dan Alfamart, ini sesuatu yang membanggakan” kata Vandiko.

Pelaku UMKM dihimbau untuk tetap menunjukkan kreatifitas dan terus berusaha sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. “Kita harapkan berdampak pada perekonomian masyarakat makanya pemerintah selalu siap pelatihan dan pemasaran. Para pelaku UMKM mari tingkatkan kreatifitas, kita mampu kita bisa yang penting sinergi dengan baik, mari bersaing ditingkat nasional”, tutup Vandiko.

Untuk memastikan produk UMKM Samosir masuk pasar modern, Bupati Samosir dan Wabup mengunjungi Indomaret di Jalan Nahum Situmorang Pangururan. Vandiko menghimbau agar produk UMKM Samosir ditempatkan dirak terdepan sehingga mudah dilihat dan didapat pembeli.