Tahun Ajaran Baru Kades Gratiskan Siswa-Siswi Masuk PAUD

85 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Kepala Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Eet Roskayudi Aroy bakal menggratiskan biaya masuk PAUD untuk tahun ajaran 2023/2024 bagi warganya.

Hal tersebut disampaikan Kades Eet dalam kegiatan wisuda siswa-siswi PAUD Permata Bangsa Desa Baru tahun ini yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Baru, Sabtu (3/6) pagi.

Menurutnya, Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting dan mendasar untu meciptakan generasi muda desa yang tangguh dan mampu berkompetisi dengan desa lain khususnya di Kecamatan Nanga Pinoh.

news1
Penyerahan trophy kelulusan siswa-siswi PAUD Permata Bangsa oleh Kades Eet Roskayudi Aroy

“Penerimaan peserta didik untuk PAUD Permata Bangsa Desa Baru tahun ini saya gratiskan mulai dari pakaian dan buku bahan ajar. Biayanya akan dianggarkan dalam APBDesa perubahan tahun ini,” kata Kades Eet.

Dijelaskan Kades Eet bahwa, kebijakan yang diambilnya ini selaras dengan kebijakan nasional dan 18 program SDGs Desa dari pemerintah pusat.

“Selain itu, pelatihan terhadap tenaga pengajar PAUD juga penting untuk meningkatkan kualitas Pendidikan PAUD,” pungkasnya.

news2
Foto bersama siswa-siswi PAUD Permata Bangsa

Kades Eet juga menyayangkan kondisi gedung PAUD Permata Bangsa yang ada saat ini dinilai kurang layak untuk kegiatan belajar mengajar.

“Saya ingin memberikan pelayanan terbaik untuk Pendidikan di Desa Baru. Lokal belajar yang digunakan saat ini sangat tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar, selain itu sedikit jauh dari pusat desa, Kemungkinan tahunn depan akan kami anggarkan untuk membangun gedung yang layak,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ny. Ria Roskayudi selaku bunda PAUD Permata Bangsa Desa Baru mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Desa Baru kepada PAUD Permata Bangsa.

news
Foto bersama siswa-siswi PAUD Permata Bangsa Desa Baru

Diakuinya bahwa saat ini PAUD Permata Bangsa belum bisa mengikuti akreditasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Ia berharap dengan penerimaan siswa-siswi baru tahun ini akan bisa mengikuti akreditasi.

“Kami berusaha kejar target agar PAUD Permata bangsa bisa mengikuti akreditasi,” kata dia.

Ria juga mengimbau kepada orang tua agar mendaftarkan putra-putrinya di PAUD Permata Bangsa Desa Baru untuk tahun jaran baru ini.

“Saya juga mengingatkan kepada orang tua yang anak-anaknya sudah lulus tahun ini agar memperhatikan kualitas belajar anak-anaknya. Pendidikan sepenuhnya hanya tanggung jawab pihak sekolah, pengawasan orang tua terhadap anak memiliki peranan yang sagat penting di luar sekolah,” imbaunya.

“Mari awasi anak-anak kita dalam Pendidikan agar menjadi generasi yang tangguh dan mampu berkompetisi diluar,” ajaknya.