Penanganan

Penanganan PMK: Polres Melawi Laksanakan Vaksinasi Di 4 Desa

85 / 100
METRO, KALBAR – Guna percepatan penanganan dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satgas PMK Kabupaten Melawi dan Satgas Ops Aman Nusa II Penanganan PMK Polres Melawi melakukan vaksinasi hewan ternak sapi milik warga di 4 desa yang berada di wilayah Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Selasa (2/8).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kompol Aang Permana, S.IP., SH., M.A.P., selaku Karendal Ops Aman Nusa II mengatakan vaksinasi dilaksanakan dalam upaya mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Melawi.

“Hari ini vaksinasi PMK dilaksanakan di 4 Desa yaitu di Desa Baru, Desa Sidomulyo, Desa Tanjung Sari dan Desa Tanjung Tengang,” ujar Kompol Aang.

BACA JUGA: Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Polsek Sayan Gelar Bakti Sosial Religi

IMG 20220803 163853
Foto: Kepala Desa Baru: Eet Roskayudi Aroy sampaikan apreasiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas Aman Nusa II dalam penanganan PMK

4 tim vaksinasi serentak melakukan penyuntikan dimulai pukul 09.00 WIB. terhadap sapi yang telah divaksin diberi tag penanda telah divaksin oleh Satgas PMK.

“Vaksin yang digunakan merk Aftovor dengan target sebanyak 200 hewan ternak milik warga” jelasnya.

Kompol Aang menambahkan, sebelum dilakukan penyuntikan PMK, tim satgas PMK, Bhabinkamtibmas dan pihak desa sudah mensosialisasikan serta mendata hewan ternak milik warga.

BACA JUGA: Polres Sintang Berhasil Ungkap Kasus Pembobolan 2 Minimarket

IMG 20220802 WA0015
Foto : Petugas penanganan PMK saat memberikan vaksin kepada seekor sapi

“Kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi apabila menemukan ada gejala klinis PMK seperti suhu badan tinggi, mulut dan lidah melepuh, berliur berlebihan, kurang nafsu makan, kaki-kaki melepuh serta susah berdiri agar segera melaporkan kepada pihak desa maupun Bhabinkamtibmas guna penanganan lebih lanjut oleh satgas PMK,” tuntas Kompol Aang.

Terpisah, Kepala Desa Baru Eet Roskayudi Aroy menyampaikan apresiasi terhadap langkah Polres Melawi dan Dinas Pertanian dalam mengatasi pencegahan penyebaran PMK di desa Baru.

“Saya mewakili masyarakat Desa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Melawi dan Dinas Pertanian dalam upaya pencegahan PMK khususnya di desa Baru” ucap Kades Eet sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Kapolres Ketapang Pimpin Langsung Apel Gabungan

IMG 20220802 WA0018
Foto: Pemberian vaksin kepada hewan ternak

Kades Eet juga mengimbau kepada warganya yang memiliki ternak sapi ataupun babi agar memperhatikan kebersihan kandang ternaknya.

“Dengan merebaknya PMK, saya imbau kepada warga yang memiliki ternak agar memperhatikan kebersihan kandang ternaknya. Jika menemukan gejala PMK pada hewan ternaknya agar menghubungi dinas terkait agar dapat segera ditangani” tutupnya.

 

 

Redaksi