Jembatan Desa Keberak Diresmikan Oleh Bupati Melawi

79 / 100

MELAWI–KALBAR, Metroindonesia.id – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa bersama Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos.,M.Si, meresmikan Jembatan di Desa Keberak, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi pada, Kamis (04/05).

Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Melawi, Tusep Eka Burang, dalam laporannya meyampaikan bahwa, Jembatan Keberak ini mulai dibangun sejak tahun 2007 silam oleh Bupati Melawi, Suman Kurik periode 2005-2010, melalui item pengerjaan abudment jembatan.

“Pekerjaan abudment jembatan dimulai pada 2007. Kemudian dilanjutkan pekerjaan pembangunan girder sepanjang 20 meter di tahun 2019, pekerjaan fender dan sheepile serta pilar jembatan. Pada 2021 dilakukan mobilisasi rangka baja jembatan bantuan Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 1,84 miliar. Sedangkan tahun 2022 lalu pembangunan jembatan terdiri dari pemasangan rangka, perkerasan beton oprit jembatan serta finishing akhir,” papar Tusep.

Lanjutnya, Jembatan Keberak adalah jembatan dengan tipe rangka baja dengan lebar 6 meter dan memiliki panjang efektif total 80 meter. Total anggaran pembangunan jembatan mulai dari peletakan batu pembangunan abudment sampai selesai sebesar Rp19 miliar lebih.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan bahwa, pembangunan jembatan Keberak telah selesai dan dapat digunakan.

“Jembatan ini telah dinantikan selama 15 tahun lamanya oleh masyarakat. Sejak dilaksanakan pembangunan abudment jembatan tahun 2007, pembangunan sempat terhenti dan baru kembali dilaksanakan pada tahun 2019, 2021, dan berhasil diselesaikkan pada tahun 2022 dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati bahwa, jembatan Keberak merupakan penghubung utama jalur darat yang menghubungkan beberapa Desa di Kecamatan Belimbing Hulu. Sebelumnya, masyarakat masih menggunakan jalur air untuk ke beberapa Desa.

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian. Jembatan ini menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Melawi,” ujarnya.

“Harapan saya taraf hidup masyarakat di kecamatan Belimbing Hulu menjadi lebih baik, mulai dari tingkat pendidikan, sarana dan prasarana dan tingkat pendapatan perkapitanya,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus mengapresiasi kepada para pihak yang turut serta membantu menyelesaikan pembangunan jembatan Keberak ini.

“Selamat kepada Pemkab Melawi dan seluruh lapisan masyarakat Belimbing Hulu dengan diresmikannya jembatan ini. Mari kita jaga dan pelihara sehingga keberadaan jembatan ini dapat memberikan terus memberikan manfaat,”tutupnya.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene dan  penandatangan prasasti serta  pemotongan pita Bupati Melawi bersama Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus.**