Rapat Kerja DPD PA GMNI 2022

81 / 100
Metro Medan – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD PA GMNI) Sumut, melaksanakan Rapat Kerja Daerah II (Rakerda) Tahun 2022.

Rapat kerja sekaligus melakukan Workshop Kepemiluan, di gedung sekretariat LPMP Medan, 18 hingga 19/November 2022.

Rakerda diikuti 17 DPC PA GMNI Kab/Kota se-Sumut. Sementara Workshop diikuti 87 peserta. Acara dibuka oleh Sekjend DPP PA GMNI, Dr Abdi Juhana SH MH dan juga dihadiri oleh DPP PA, Jan Pries S.

Rapat kerja

Dalam sambutannya, Abdi Yuhana yang juga sebagai Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, menyampaikan bahwa Sumut dengan keanekaragaman etnisitas dn relegiositas yang ada merupakan meniatur Indonesia, mempunyai posisi strategis dalam konstelasi politik nasional, karena potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

“Harapan saya dengan potensi dan kualitas yang dimiliki, maka PA GMNI Sumut, harus semakin berkembang dan bisa berkiprah dalam berbagai ladang pengabdian, baik di sektor birokrasi, swasta, politik dan lembaga-lembaga sosial lainnya,” kata Abdi Yuhana dalam siaran persnya, Sabtu (19/11/2022).

Di samping itu, sambung Abdi, PA Sumut dapat lebih berperan dalam pendistribusian Alumni dalam berbagai sektor.

Rapat kerja

“Tentu semangat itu juga harus dibarengi dengan komitmen alumni untuk terus meningkatkann kapasitas diri, dengan terus menggali ilmu pengetahuan dan ketrampilan,” papar Abdi.

Sementara itu, Dr Sutarto MSi, selaku Ketua DPD PA GMNI Sumut yang juga Anggota DPRD Sumut dalam sambutannnya menyampaikan Rakerda merupakan agenda organisasi, untuk merumuskan dan mengevaluasi program-program kerja, baik program konsolidasi organisasi dan program kerja-kerja kerakyatan ke depan.

Disadari bahwa tahun 2024, adalah pelaksanaan Pesta Demokrasi yaitu dilaksanakannya Pemilu Serentak.

“Oleh karenanya, dengan Workshop Kepemiluan ini, PA GMNI Sumut berharap kepada segenap Alumni GMNI, dapat berkiprah dan memberikan kontribusi positip terhadap keberlangsungan pemilu serentak tersebut. Sebagai bagian integral untuk pengabdiannya,” ungkap Sutarto, yang juga menjabat Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut.

Rapat kerja

Sebagai narasumber pada Workshop antara lain Totok Haryono (Komisioner Bawaslu Pusat), Hardensi (Ketua KPU Sumut), Hardhi Munte (Bawaslu Sumut), Saurlin Siagian (Komisioner Komnas HAM), Kusbiyanto (DKPP/TPD Sumut) Ferianda (Akademi/Parktisi) dan J Taripar (Anggota DPRD Sumut).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Pengukuhan Dewan Pertimbangan , Dewan Pakar dan Kompartemen, sebagai kelengkapan Organisasi DPD PA Sumut.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Prof Himsar Ambarita, Dr Hisar Siregar, Rajamin Sirait, Dr Taufik Siregar, Sadar Siahaan, Effendi Manulang, Jones Tamboen, dan beberapa tokoh Alumni GMNI Sumut.[] E.S