UHC Di Kabupaten Melawi Mencapai 95,33 Persen

81 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia,id – Pemerintah Kabupaten Melawi menerima piagam penghargaan atas komitmennya mencapai Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023. Piagam tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus pada kegiatan Seremonial Pencapaian UHC, Selasa (21/11) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah IV BPJS Kesehatan, dr. Fachurrazi, Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD dan Para Pemangku Kepentingan.

Deputi Direksi Wilayah IV BPJS Kesehatan, dr. Fachurrazi dalam sambutannya menyampaikan UHC tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024 dengan target mencapai minimal 98% penduduk terlindungi dengan JKN pada tahun 2024.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi karena telah berupaya maksimal dengan menambahkan kepesertaan PBPU Pemda sebanyak 28 ribu jiwa pada bulan November dan juga kolaborasi dukungan dari pihak swasta Wilayah Kabupaten Melawi yang turut berdonasi pada program JKN yaitu Rumah Sakit Citra Husada dan Rumah Sakit Kasih Bunda Jaya,” ungkapnya.

Fachurrazi juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Melawi yang telah mencapai UHC per 1 November 2023 dan merupakan Pemda Ke-Lima yang telah mencapai UHC di Provinsi Kalimantan Barat dengan capaian prosentase sebesar 95,33% atau sebesar 200.145 jiwa telah terdaftar dalam Program JKN.

“Capaian ini merupakan wujud nyata Pemkab Melawi hadir untuk memastikan kesehatan masyarakat Kabupaten Melawi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus dalam sambutannya menyampaikan UHC merupakan langkah besar yang menegaskan bahwa setiap jiwa di Melawi memiliki nilai yang sama di mata hukum dan kemanusiaan.

“Melalui program ini, kita tidak hanya menyentuh aspek kesehatan, tetapi juga mendorong pencegahan penyakit dan peningkatan kualitas hidup semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau,” terangnya.

Sekda Melawi juga berharap melalui kerjasama yang erat antara pemerintah, tenaga medis, masyarakat dan BPJS Kesehatan dapat menciptakan pondasi yang kokoh untuk mendukung program UHC di Kabupaten Melawi.

“Kunci keberhasilan dari UCH adalah sinergi yang kuat antar semua pihak, untuk itu saya berharap dengan universal health coverage semakin mewujudkan Kabupaten Melawi yang adil, pantas, hebat dan berlandaskan gotong royong,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan penyerahan Organization Social Responsibility (OSR) BPJS Kesehatan Cabang Sintang kepada Pemerintah Kabupaten Melawi berupa 1 buah mesin fogging.