Pengunjung Perayaan Imlek Dan Cap Go Meh Tahun 2023 Di Melawi Diprediksi Bakal Membludak

85 / 100
METRO, KALBAR – Sempat terhenti selama 2 tahun, diprediksi pengunjung perayaan Imlek tahun 2574 dan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi bakal membludak.

Hal tersebut disampaikan oleh Taufik, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Melawi sekaligus sebagai ketua panitia perayaan Imlek dan Cap Go Meh, usai mengadakan rapat Koordinasi dengan Polres Melawi di Sekretariat MABT Kabupaten Melawi, Jumat (13/1) siang.

“Terakhir kali perayaan Imlek dan Cap Go Meh awal tahun 2020. Begitu ada pandemi Covid-19 tahun 2021 dan 2022 kami tidak merayakannya lagi karena adanya PPKM,” ujar Taufik.

BACA JUGA: Kapolres Melawi Gelar Jumat Curhat Bersama Forkopimda

IMG 20230113 172747
Foto: AKBP Muhammad Syafi’i saat memberikan penjelasan kepada panitia Imlek dan Cap Go Meh di sekretariat MABT Kab. Melawi

Ditambahkan Taufik, dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023 ini banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya bazar Kuliner, pawai Tatung dan hiburan rakyat dengan mendatangkan artis dari Jakarta dan Medan.

“Tadi kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak Polres Melawi, Satpol PP untuk membahas keamanan dan ketertiban saat penyambutan tahun baru Imlek 2574 pada 22 Januari 2023 mendatang,” jelas Taufik.

Taufik juga mengimbau kepada masyarakat yang nantinya akan menyaksikan penyambutan malam Imlek dan Cap Go Meh agar menjaga ketertiban bersama.

BACA JUGA: Jumat Curhat, Polsek Sokan Terima 2 Masukan Langsung Dari Camat Dan Para Kades

IMG 20230113 172705
Foto: Pejabat utama Polres Melawi saat rapat koordinasi dengan MABT Kabupaten Melawi

“Kami juga nanti akan mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral dan lintas Ormas Yang ada di Melawi agar perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023 berjalan lancar, aman dan tertib,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i mengatakan bahwa mendukung kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang akan dilaksanakan oleh MABT Kabupaten Melawi.

AKBP Muhammad Syafi’i juga meminta panitia penyelenggara agar mengajukan surat izin keramaian ke Polres Melawi sesuai peraturan yang berlaku.

BACA JUGA: AKBP Muhammad Syafi’i Melakukan Kunjungan Silaturahmi Kepada Bupati Melawi

IMG 20230113 155714
Foto: Foto bersama usai rapat koordinasi MABT dan Polres Melawi

“Pada prinsipnya kita mendukung kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Kita minta panitia untuk menyampaikan surat permohonan izi keramaian ke Polres,” kata AKBP Syafi’i.

Dijelaskan AKBP Syafi’i bahwa permohonan izin keramaian tersebut agar pihak Polres Melawi memudahkan pemetaan dan rekayasa lalulintas dari rangkaian kegiatan Imlek dan Cap Go Meh nantinya.

“Kami akan menurunkan personel Polres Melawi untuk melakukan pengamanan acara tersebut terutama di titik-titik rawan. Kami juga akan berkoordinasi dengan dishub terkait pengaturan dan rekayasa lalulintas agar perayaan Imlek dan Cap Go Meh berjalan aman, tertib dan lancar”, tutup AKBP Syafi’i.

 

 

Penulis: Ade Shalahudin