Paguyuban Pasundan Asih Sawargi Melawi Menggelar Acara Silaturahmi

89 / 100
METRO, KALBAR – Paguyuban Pasundan Asih Sawargi Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat menggelar kegiatan silaturrahmi di Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh pada Sabtu (16/7). 

Asih Sawargi sendiri dalam bahasa Sunda dimaknai dengan cinta persaudaraan baik di daerah asalnya Jawa Barat maupun warga Jawa Barat yang dalam perantauan.

Ketua Umum Paguyuban Asih Sawargi Melawi, Ujang Juanda mengatakan, keberadaan Paguyuban Pasundan Asih Sawargi bertujuan untuk menguatkan tali silaturahmi sesama warga pasundan yang ada di Kabupaten Melawi.

BACA JUGA: Satgas Ops Aman Nusa Polres Melawi Periksa Lalu Lintas Perbatasan Kalbar-Kalteng

IMG 20220716 122530
Foto: Ujang Juanda, Ketua Umum Paguyuban Asih Sawargi Melawi, saat memberikan kata sambtan

“Warga pasundan yang ada di Kabupaten Melawi hampir merata berada di 11 Kecamatan di Melawi. Tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi sesama warga pasundan” ujarnya. .

Ujang Juanda juga menyampaikan permintaan kepada warga pasundan Melawi dimanapun berada agar mengikuti kearifan lokal adat istiadat setempat.

“Saya minta dimanapun warga pasundan berada agar menjunjung tinggi budaya kearifan lokal. Ibarat pepatah dimana bumi di pijak di situ langit di junjung” ungkapnya.

BACA JUGA: Selama 6 Bulan Polda Kalbar Berhasil Ungkap 23 Kasus PETI Dan Tetapkan 75 Tersangka

IMG 20220716 122420
Foto: Kesnian musik Calung Khas Jawa Barat

Ujang juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Melawi jika ada warga pasundan di wilayahnya agar dibina, dibimbing secara kemasyarakatan.

Ditempat yang sama, salah satu sesepuh Paguyuban Pasundan Asih Sawargi Melawi, Bani Isro’ dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan silaturahmi ini direncanakan pada minggu pertama, namun banyaknya kegiatan baru bisa dilaksanakan hari ini.

“Mari kita pererat tali silaturahmi sesama warga pasundan di Melawi” imbau Abah sapaan akrabnya di Paguyuban Asih Sawargi.

BACA JUGA: Andi Syafrani Diterima Langsung Katib Am dan Waketum PBNU

Screenshot 20220716 122621 e1657950029615
Foto KH. Ayi Macmun Pengasuh Ponpes Bahru Qiro’at Desa Tanjung Lay

Selain itu, acara silaturahmi juga di isi tausyiah oleh pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Qiro’at Desa Tanjung Lay, Kecamatan Nanga Pinoh, KH. Ayi Ma’mun.

Dalam tausiyahnya, ustadz Ayi Ma’mun mengingatkan agar kita selalu bersyukur kepada Allah SWT.

“Bersyukurlah kepada Allah SWT, atas semua nikmat yang diberikan kepada kita untuk menuju ridho Allah” dalam tausiyah yang disampaikannya kepada warga Paguyuban Asih Sawargi.

BACA JUGA: Danrem 121/ABW: Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah

Acara silaturahmi juga di hadiri perwakilan Paguyuban Pasundan dari Kabupaten Sintang, Tokoh Masyarakat Desa Baru, serta perwakilan warga Asih Sawargi Se- Kabupaten Melawi.

Silaturahmi warga Pasundan juga di isi dengan kesenian musik calung khas Jawa Barat.

 

Penulis: Ade Shalahudin