danrem

Danrem 121/ABW: Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah

85 / 100
METRO, KALBAR – Danrem 121/ABW Brigjen TNI Pribadi Jatmiko beserta Ketua Persit KCK Koorcabrem 121 PD XII/TPR Nyonya Eny Jatmiko melaksanakan Ziarah di Taman Makam Raja Tanjungpura di Jalan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Senin (11/7).

Tercatat, Kerajaan Matan atau yang lebih dikenal dengan Kerajaan Tanjungpura yang berasal dari kata “Tanjompura” merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat yang berdiri sejak abad ke-8.

Pada kesempatan tersebut, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko mengatakan, ziarah ke makam Raja ini adalah sebagai bentuk “Suwun” dan mengenang kepemimpinan beliau disaat berkuasa di tanah Kalimantan ini.

BACA JUGA: Danrem 121/ABW Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kodim 1203/Ketapang

WhatsApp Image 2022 07 12 at 15.53.32 1
Foto: Ny. Eny Jatmiko saat menabur bunga di makam Raja Tanjungpura

“Kerajaan ini merupakan kerajaan yang tertua di Kalimantan Barat dari abad ke-8, Meski demikian kita sebagai anak cucu sekaligus generasi penerus wajib untuk menjaga dan memelihara makam ini” Pesan Jatmiko

Lanjutnya, makam raja Tanjungpura merupakan situs sejarah dengan menjaga makam tersebut adalah ungkapan terimakasih kita kepada beliau yang telah  menjaga rakyatnya dimasa lalu.

BACA JUGA: Kapolda Sumut Pimpin Langsung Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri 2022

WhatsApp Image 2022 07 12 at 15.53.32
Foto: Danrem 121/ABW Brigjen TNI Pribadi Jatmiko saat menabur bunga di makam Raja Tanjungpura

Jatmiko menambahkan, melalui kegiatan Ziarah ini diharapkan generasi penerus bangsa tidak melupakan sejarah, karena Bangsa dan Negara ini berdiri tidak lepas dari sejarah panjang perjuangan para pendahulu kita.

“Untuk itu, Kita wajib mengajak anak cucu generasi penerus untuk mau tau tentang makam ini sekaligus sejarahnya” harap Jatmiko.

BACA JUGA: Wakil Bupati Melawi Buka Secara Resmi Kegiatan Perayaan Hari Pemuda GKE 2022 Se-Resort Melawi

WhatsApp Image 2022 07 12 at 15.53.33
Foto: Danrem 121/ABW Brigjen TNI Pribadi Jatmiko doa bersama dimakam Raja Tanjungpura

Kendati demikian kita juga harus mengajak generasi penerus untuk tetap mengikuti perkembangan zaman”. Kata Danrem 121/ABW.

Acara ziarah diakhiri dengan tabur bunga di atas makam Raja Tanjungpura

 

Sumber: Penrem121/ABW

2 thoughts on “Danrem 121/ABW: Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah”

Komentar ditutup.