PMK

Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak

85 / 100
METRO, KALBAR – Merebaknya informasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Bhabinkamtibmas Polsek Sayan langsung melakukan pendataan kepada sejumlah pemilik ternak sapi di Kecamatan Sayan pada, Rabu (18/5) lalu.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, melalui Kapolsek Sayan, Ipda Noviyar Yunus mengatakan, bahwa dengan merebaknya informasi PMK, memerintahkan Bhabinkamtibmas desa untuk melakukan pendataan langsung kepada warga yang memiliki ternak sapi sekaligus menyampaikan informasi gejala-gejala penyakit ini pada sapi.

“Pendataan dilakukan langsung oleh personel Bhabinkamtibmas kepada masing-masing desa binaan, terutama kepada warga yang memiliki ternak sapi di wilayah Kecamatan Sayan” ujar Ipda Noviyar Yunus.

Baca Juga: Tim SAKIP Itwasda Polda Kalbar Datangi Polres Melawi Tahun 2022

IMG 20220527 WA0012
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

Lebih lanjut Noviyar Yunus juga menyampaikan, selain melakukan pendataan, Bhabinkamtibmas desa juga menyampaikan informasi dini kepada pemilik ternak tentang adanya penyakit tersebut pada sapi.

“Informasi tentang penyakit ini kita berikan kepada pemilik ternak agar mengetahui sejak dini gejala-gejala yang tejadiĀ  pada sapi” jelasnya.

Dikatakan Noviyar Yunus, pendataan tersebut adalah upaya untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan PMK pada sapi di masyarakat.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Bantu Mengajar Di Perbatasan

IMG 20220527 WA0002
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

“Selain pendataan dan memberikan informasi,kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasiĀ  pada peternak sapi” pungkasnya.

Noviyar Yunus juga mengimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi agar selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya.

Dirinya juga meminta warga yang memiliki ternak sapi apabila temukan tanda-tanda atau gejala PMK miliknya agar segera menghubungi dinas terkait melalui pemerintah desa.

Baca Juga: Kejar Target, Puskesmas Dan Polsek Sayan Lakukan Vaksinasi Door to Door Di 2 Desa

IMG 20220527 WA0003
Foto: Bhabinkamtibmas Polsek Sayan saat melakukan pendataan pada pemilik ternak sapi

“Imbauan ini perlu kita sampaikan ke masyarakat pemilik ternak agar mendapatkan penanganan langsung dari dinas terkait apabila ternak yang mereka miliki ada gejala-gejala PMK” ungkapnya.

“Meskipun hasil pendataan yang dilakukan belum ditemukan adanya gejala PMK pada sapi. Saya minta kepada warga, terutama warga yang memiliki sapi harus tetap waspada” imbuhnya.

Diketahui dari berbagai sumber bahwa gejala PMK pada hewan antara lain, hewan akan kehilangan nafsu makan, banyaknya air liur pada mulut sapi, terdapat luka pada bagian mulut, lidah serta kuku sapi.

Baca Juga: Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Melawi Gelar Diskusi Dengan OKP

“Selain beberapa gejala tersebut, hewan yang ternak kesulitan berdiri dan bernafas” tutupnya.

 

Penulis: Ade Shalahudin/Dik

2 thoughts on “Merebaknya PMK Pada Sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Langsung Mendata Pemilik Ternak”

Komentar ditutup.