Obrolan Santai IPM Kab. Bogor 3.5 %

86 / 100
  • Obrolan santai Forum Perubahan Pembaharu Kabupaten Bogor

Bogor| metroindonesia.id – Obrolan pada Forum Perubahan Pembaharu Kabupaten Bogor dengan mengambil tema  “Bogor Kini, Esok dan Masa depan yang sejahtera dan bebas korupsi”

Kegiatan yang berlangsung Di Ballroom Papyrus Hotel pada  Minggu, 27 Agustus 2023, digagas dan dilaksanakan oleh forum perubahan dan pembaharu kabupaten Bogor.

Pada kegiatan acara menghadirkan pengamat social politik nasional Ubedillah Badrun selaku Pengamat juga dosen disalah satu perguruan tinggi Nasional.

obrolan

Dalam obrolan santai,Ubedillah  menyampaikan potret Kabupaten Bogor saat ini, berdasarkan hasil data statistik dimana IPM Kab. Bogor masih dibawah nilai rata-rata IPM tingkat Nasional.

Pertubuhan ekonomi masih berkisar di 3,5%, disertai meningkatnya indeks meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran yang cukup signifikan  besar, sementara pendapatan daerah yang cukup besar belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ubedillah juga memberikan solusi untuk Implementasi Good Governance & Client Government dengan pengelolaan pemerintahan daerahnya menjadi lebih baik,  Fokus pada pemberdayaan Sumberdaya Manusia & Ekonomi.

Pemerintahan harus bersifat Adaptif, Kreatif, Inovatif, Kolaboratif dalam pemanfaatan teknologi diera digital saat ini dengan  melibakan para pemuda/i dalam mengisi pembangunan.

Obrolan

Pesan terakhir dalam obrolan santai sebelum berakhirnya sesi berikutnya, Ubedillah menyampaikan pentingnya sifat teladan, moralitas & integritas yang iinggi dari penyelenggara pemerintahan daerah dimana kepemimpinan dua periode kepemimpinan yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Acara dipandu oleh MC Rena Supriyadi juga menampilkan kepala desa  Gunung Putri, Damanhuri yang pernah meraih sebagai kepala desa teladan se Indonesia.

Dalam narasinya menyampaikan, banyaknya potensi desa yang dapat diberdayakan untuk meningkatkan taraf ekonomi dimasyarakat yang kurang mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten.

iPendapat berbeda juga disampaikan oleh Fikar Robbani wakil ketua DPD KNPI Kab. Bogor yang mewakili unsur pemuda dalam kegiatan ini menyambung apa yang sudah disampaikan oleh Nara sumber Ubedillah Badrun dan juga Kades Damanhuri bahwa pemerintah daerah belum sepenuhnya memberikan ruang kolaborasi dan partisipasi pemuda dalam pembangunan Kab. Bogor, beliau menyampaikan bahwa peran pemuda masih dianggap tidak penting dan terpinggirkan.

Dari hasil obrolan santai ini yang dihadiri beberapa organisasi masyarakat dan juga organisasi kepemudaan serta tokoh-tokoh masyarakat disepakati Bersama tentang kepedulian bahwa pengelolaan kabupaten Bogor bukanlah mengelola Yayasan, yang hanya dikelola oleh keluarga secara dinasti atau kelompok tertentu saja, tapi menjadi kewajiban seluruh warga kabupaten Bogor.

Sehingga kesejahteraan dan mendapatkan Pendidikan yang layak, layanan kesehatan yang baik serta peningkatan ekonomi menjadi hak bagi masyarakat kabupaten Bogor, maka dengan kesamaan persepsi ini menyepakati pembentukan FORUM PERUBAHAN PEMBAHARU KABUPATEN BOGOR yang bertujuan memastikan bahwa pemilik sah Kabupaten Bogor ini adalah seluruh warga masyarakat kabupaten Bogor.

obrolan

Dan memastikan terdistribusinya secara merata kesejahteraan bagi warga masyatakat kabupaten Bogor, demikian uraian singkat yang disampaikan oleh Rena Supriyadi sebagai inisiator pembentukan forum perubahan pembaharu kabupaten Bogor untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Tim Media Metro Indonesia.id Mewawancarai Rena Supriyadi Selaku Master Ceremony Menerangkan Bahwa event kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan para tokoh agama, ulama, cendikiawan, industriawan,politikus dan profesi lainnya,agar terciptanya Bogor kini,esok,dan Masa depan yang sejahtera dan Bebas korupsi.[] Lukas Diana