Bupati Tapsel Perintahkan Langsung BPBD Salurkan Bantuan Kepada 152 KK Di Kecamatan Tano Tombangan Angkola Yang Terdampak Banjir

82 / 100
TAPANULI SELATAN -Metroindonesia.id РBupati Tapsel (Tapanuli Selatan), Dolly Pasaribu memerintahkan BPBD Kabupaten untuk menyerahkan bantuan kepada 152 kepala keluarga  wilayah di Kecamatan Tano Tombangan Angkola yang terdampak banjir disebabkan jebolnya irigasi Batang Angkola akibat tingginya intensitas hujan di wilayah Tapanuli Selatan.

Jebolnya iringasi Batang Angkola di Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Kabupaten Tapsel mengakibatkan banjir di 3 desa dan 1 kelurahan pada Rabu (3/1/2024).

Banjir yang menggenangi pemukiman dan rumah penduduk yaitu di Kelurahan Panabari Hutatonga sebanyak 30 KK, Desa Hutaraja sebanyak 36 KK, Desa Purba Tua 58 KK, dan Desa Lumban Jabi-Jabi 28 KK.

IMG 20240104 WA0000
Kalaksa BPBD, Umar Halomoan Daulay, saat menyerahkan bantuan banjir.

Atas kejadian tersebut, Bupati Dolly Pasaribu memerintahkan BPBD Tapsel untuk menyalurkan bantuan ke seluruh KK yang rumahnya tergenang banjir sebagai bentuk kepedulian Pemkab Tapsel kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Tano Tombangan Angkola.

Melalui video call Bupati menyampaikan kepada masyarakat Desa Hutaraja korban bencana banjir agar bersabar dan saling bahu-membahu serta saling meningkatkan solidaritas sesama warga dan tetap waspada karena intensitas hujan masih tetap tinggi.

“Pemkab Tapsel akan berkoordinasi dengan pihak atasan agar irigasi sumber air sawah masyarakat dapat secepatnya di perbaiki, karena luas sawah yang dialiri irigasi yang jebol ini lebih dari 200 hektar,” terang Dolly.

Sementara Kalaksa BPBD Tapsel Umar Halomoan Daulay mengatakan, saat informasi bencana di terima Pak Bupati, kami langsung di perintahkannya untuk meninjau banjir tersebut dan sekaligus mendata masyarakat yang terdampak bencana agar di berikan bukti perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

Sedangkan Camat Tano Tombangan Angkola, Indra Sakti Siregar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Bupati Dolly Pasaribu yang sudah memperhatikan masyarakat yang terdampak banjir di Tantom Angkola dan kami berharap irigasi yang jebol tersebut dapat secepatnya diperbaiki agar pertanian normal kembali, katanya.

Adapun bantuan yang diserahkan Bupati melalui Kalaksa BPBD Tapsel berupa sembako, peralatan keluarga, selimut, karpet, biskuit dan tambahan gizi. (Ali Yusron Dgr.)