Beranda DAERAH Aksi Kemanusiaan 29 Casis Polres Sintang

Aksi Kemanusiaan 29 Casis Polres Sintang

19
2
aksi
Metro, Sintang | Kabag Sumda Polres Sintang AKP Samsul Bahri, S.H, M.H beserta Personil Bag Sumda, turun langsung dampingi aksi 29 Casis Diktuk Bintara Polri Gelombang I T.A 2022 di Polres Sintang pada kegiatan membantu rekayasa Jalan Protokol Lintas Melawi yang terendam banjir akibat debit air yang terus meluap serta membantu mendirikan Posko Banjir dan Tenda Dapur Umum Polres Sintang. Jum’at ( 5/11).

Adapun Personil CASIS yang turun langsung melakukan aksi kemanusiaan tersebut berjumlah 29 orang dengan rincian Bintara PTU : 21 ( Putra ), 1 ( Wanita ), Bintara Bakomsus  : 4 (Putra), Bintara Brimob : 1 (Putra) dan Bintara Rekpro : 2 (Putra)

Pada kesempatan aksi kemanusiaan saat kondisi banjir tersebut para Casis yang telah mendapatkan gemblengan Diklat Mandiri kurang lebih 2 Bulan di Polres Sintang itu selain melakukan kegiatan pengaturan arus lalin pada titik-titik yang cukup dalam dan berlubang juga membantu warga masyarakat yang kedapatan mogok saat melintasi jalur jalan Lintas Melawi yang cukup dalam pada kondisi banjir terparah sepanjang sejarah Kabupaten Sintang ini.

Dijelaskan oleh Kabag Sumda Polres Sintang AKP Samsul Bahri, aksi tersebut selain membantu pengaturan arus lalin dan warga terdampak banjir, para Casis ini juga turut serta dalam pendirian Tenda Posko Pam Banjir di Tugu Bambu Sungai Durian dan membantu mendirikan Tenda Dapur Umum Polres Sintang yang digelar di Jalan Bhayangkara Sintang.

“Para Casis ini telah kita gembleng secara Diklat Mandiri dan mereka telah dibekali dengan beberapa kemampuan Kepolisian yang merupakan bagian dari bentuk Diktuk yang akan mereka terima nantinya pada saat memasuki Diktuk Ba Polri pada tahun 2022,” Jelas AKP Samsul.

Aksi Casis ini juga didampingi para Mentor dan pelatih diantaranya Ps. Paurmintu Aiptu Pujianto, Ps. Paurmin 2 Aipda Rochmad Syinoroja, Ps. Paurmin 1 Bripka Aprianto, Ps. Paur Lat Bripka Hendrikus Bayu dan Personil Bag Sunda  lainnya guna melakukan pendampingan terhadap para Casis.

Warga masyarakat Adi Subagio (35), mengapresiasi apa yang dilakukan para Casis tersebut, “Saya tau nya mereka Polisi Pak karena benar-benar tampilan dan kerjanya seperti Polisi, eh Ndak taunya masih Casis”. Ujar Adi sambil tersenyum.

“Selama kegiatan kami tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah terjadinya penularan covid-19,” ungkap AKP Samsul.

Masih menurut AKP Samsul kegiatan ini juga merupakan Program dari Pimpinan Polri selama masa tunggu para Casis untuk mengikuti Diktuk Gel. I pada Tahun 2022 nanti.

“Setidaknya para Casis telah dibekali dengan kemampuan dasar Kepolisian dan hal ini langsung dapat diimplementasikan mereka dilapangan pada saat kondisi banjir seperti ini,” Pukas Kabag Sumda AKP Samsul. []Humas/Har.

Artikel sebelumya138 KPM Desa Sukamakmur Terima BLT DD
Artikel berikutnyaRitaudin Serahkan 50 Paket Sembako Ke Desa Baru

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here