Audy Joinaldy : “Tidak Butuh Media”

Metro, Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy disebut tidak butuh media.

Sikap Wagub Sumbar ini menyulut berbagai komentar di media sosial, bahkan komentar miringpun tak terelakkan.

Sikap Audy Joinaldy tidak berpihak kepada media, disampaikan oleh beberapa wartawan senior ketika mereka meminta pendapat Audy terkait kasus COVID-19 beberapa waktu lalu.

Audy Joinaldy

Wagub Sumbar yang berlatar belakang pengusaha itu disebut tak butuh media, dengan alasan ia memiliki folower yang berjibun di media sosial.

Sikap Audy Joinaldy tersebut memancing beragam komentar di Facebook baru baru ini. Tak pelak lagi mengakibatkan komentar yang pro dan kontra.

Menurut Ketua DPD Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sumbar, Fuaddy Chaidir Rosha, kalau benar seperti itu sikap Wagub Sumbar, berarti Audy Joinaldy tidak mencerminkan seorang pemimpin yang menghargai hasil karya jurnalistik.

Audy Joinaldy
Lebih baik anda urus tanah adat yang akan dibangun mesjid Agung Payakumbuh yang diduga warkahnya cacat hukum.

“Sebagai orang berpendidikan dan memiliki gelar seabrek, harusnya dia memahami perbedaan karya jurnalistik dengan sekedar status yang diposting di media sosial. Walaupun memiliki follower banyak, apa gunanya sebuah status tapi tidak dijabarkan seperti apa yang ditulis di media massa? Maka akan timbul berbagai penafsiran terhadap status yang dibuat,” ujar Fuaddy Chaidir Rosha.

Namun, Fuad juga menyebut, tidak ada satu prestasipun yang patut ditulis dan dimedia massakan terkait pembangunan Sumbar belakangan ini.

Baik itu prestasi kepala daerah maupun wakilnya. Menurut Fuad, kepala daerah dan wakilnya miskin gagasan, sehingga Sumbar itu jauh tertinggal dari provinsi lain.

“Gubernurnya rajin sosialisasi tapi miskin prestasi, wakil gubernurnya apalagi, apa sih yang dikerjakannya yang patut untuk dijadikan bahan berita?” ujar Fuad.

Kata Fuad, bisa jadi sikapnya tidak butuh media itu memang sengaja dilakukannya, agar berjarak dengan media.”Bisa saja sengaja berjarak dari media karena takut dipertanyakan kinerjanya sebagai Wagub Sumbar,” pungkas Fuad.

Ditempat terpisah Cijeruk Bogor, Jawa Barat  A. Rachman salah satu asesor BNSP berdarah Minang turut memberi komentar “Jika benar Wakil Gubernur Sumatera Barat  Audy Joinaldy selaku pejabat publik dan diatur di dalam Undang undang, kepada siapa anda menyampaikan informasi publik, jika benar kepada followers Facebook, apakah bisa sebagai informasi resmi seperti yang ada di media,  kompetensi anda saat ini dipertanyakan publik” jelasnya.

Sementara, Audy Joinaldy ketika dikonfirmasi terkait sikapnya tersebut, menyangkal tuduhan itu. Bahkan, katanya ia mengaku paling baik dengan media.

“Jadi, kalau ada orang yang bilang saya tak suka media, pasti itu Hoaxs,,” ujar Audy, ketika ditemui pasca pelantikan Pengurus Perbafi Sumbar di gedung Audiorium Gubernuran Sumbar, Rabu (5/10/2022).

Audy mengatakan, baru kali ini dia mendengar ada yang bilang ia tidak butuh media, karena dengan alasan banyak memiliki folower di Medsos.[] Red.

Viral Desa Cipicung Juara Ke II

Metro, Bogor Raya – Postingan screenshot dimedia sosial dari facebook prestasi desa Cipicung juara II penataan administrasi viral di group WhatsApp.

Postingan diketahui dishare pada 17 Agustus 2022 di group forum masyarakat terkait penyerahan trophy desa terbaik tingkat kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Viral

Tampak dalam gambar yang diterima tim redaksi metroindonesia.id, Kepala Desa Cipicung memegang trophy di dampingi istri bersama putranya.

Salah seorang masyarakat yang ingin namanya tidak ditampilkan menyampaikan “Kok bisa Desa Cipicung terpilih menjadi desa terbaik II dalam penataan administrasi, dari informasi yang beredar di masyarakat desa Cipicung sudah menjadi teradu di Polres Kabupaten Bogor atas dugaan tanda tangan palsu warga” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan salah satu asesor bersertifikat BNSP yang juga pemilik media nasional yang mengetahui adanya permohonan informasi publik yang ditujukan kepada bendahara desa yang tidak mendapat respon.

Dengan tidak adanya itikad baik dari bendahara desa  untuk memberikan informasi kepada media yang sudah sesuai kode etik jurnalistik pasal 3 “wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah”, atas masukan dari masyarakat untuk permasalahan yang dimaksud diselesaikan sesuai jalur hukum.

Pengaduan berdasarkan bukti nomor: STTP/151/IX/2022/Reskrim tertanggal 16 September 2022, Polres Bogor diharapkan segera melakukan proses hukum untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

Menjadi perhatian publik atas hasil kinerja Kecamatan Cijeruk mengkoreksi portofolio Desa dalam menetapkan pemenang[] Red.

 

Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master

Metro, Jakarta -Karya anak bangsa di bidang robotik kembali tercipta. Inovasi menghadirkan robot pintar bermain catur kali ini merupakan 100 persen produk asli karya cipta penggiat robotik dari SARI Teknologi.

Robot yang diberi nama Machine Intelegence Robot Athelete atau Robot MIRA ini sudah resmi diperkenalkan ke berbagai anak-anak usia dini.

Robot Mira ciptaan anak-anak SARI Teknologi pimpinan DR Yohannes Kurnia dari Universitas Gunadharma, yang akrab disapa dengan sebutan kak Yo ini cukup memukau anak-anak Sekolah Dasar Negeri Gondangdia 3 dan 5 Jakarta.

Anak

Anak-anak SD yang senang bermain catur diberi kesempatan emas untuk menjajal kemampuan Robot Catur MIRA. “Wuih bahagia dan senang sekali bisa bermain, tidak hanya Robot Catur MIRA juga ada robot-robot menari yang lucu mengikuti irama gangnam style,” ujar Aisah dan disambut senyum manis Zahra, pelajar SDN Gondangdia yang dimintai tanggapannya usai bermain catur dengan Robot MIRA, (4/10/2022) di kawasan Cikini Jakarta Pusat.

Sebagian besar anak-anak di sekolah ini begitu antusias menikmati pertunjukan robot bermain catur dengan siswa dengan diselingi penampilan robot lainnya yang bisa berjoget. Anak-anak SD yang dipimpin Kak Faridah dan Kak Herry terlihat larut dalam kegembiraan bermain bersama Kak Yo dan tim robotiknya. Anak-anak juga diajarkan oleh tim robotik membuat robot praktis dan mudah.

Anak

Orang-orang yang menyaksikan kehebatan robot ini juga sempat dibuat takjub sejak sehari sebelumnya karena Robot Catur MIRA dengan kecerdasan buatan membuat tokoh anak nasional Kak Seto dan juga Guru Besar Universitas Gunadharma ikut memuji dan berkesempatan bermain dengan Robot Catur MIRA.

“SARI Teknologi bersama tim robotik semua 100% merupakan buatan anak Indonesia sehingga, robot MIRA bisa kita banggakan. Ayo para penyuka catur bahkan para grandmaster yang ada di PERCASI ditantang MIRA,” ucap Kak Yo.

Sebelumnya hari Senin lalu di SDN Kenari 7 & 8, Kak Seto sudah sempat menjajal kemampuan robot MIRA dan mengaku kagum dan takjub dengan inovasi robot. “Aku juga gemas dengan robot-robot yang bisa menari,” tutur Kak Seto.

Anak

“Anak-anak Indonesia tidak melulu harus belajar dan belajar tapi dalam bermain mereka bisa belajar. Saya suka mengapresiasi Kak Yo yang saat ini sudah menjadi pakar Robot yang bisa berinovasi bersama tim dan menggandeng Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) untuk ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Kak Seto juga mengatakan, semua patut mendukung inovasi ini, dan malah harus menggelar kompetisi usia dini bikin robot. Ia pun tahu persis dunia coding dengan matematika itu fun sehingga sejak usia dini para orang tua bisa menemani anaknya bermain.

Kak Seto meminta Kak Yo memproduksi massal Koper ARTS (Artificial inteligence Trainer Suitcase) agar anak-anak bisa dengan mudah memiliki atau menciptakan robot dengan inovasi sendiri.

Tak kalah serunya, penggiat dan pembina kelompok robotik Soegiharto Santoso yang akrab disapa anak-anak dengan panggilan Kak Hoky, turut menemani seharian penuh kegiatan ini sampai ke SMPN 216.

Hoky juga mengaku kagum dengan inovasi Robot ARTS di mana anak-anak bisa merakit sendiri. “Jadi bermain sambil belajar dan pastinya sangat edukatif,” tuturnya.

Kak Hoky yang berlatar penggiat teknologi juga menjabat sebagai Sekjen Koalisi Anak Madani Indonesia – KAMI bersama Kak Ima, Kak Ella, Kak Hendra, dan Kak AruL telah berencana mengagas Kompetisi Robot di Indonesia dalam waktu mendatang.

Tahun 2023, kata Kak Hoky, organisasi KAMI bersama SARI Teknologi siap menggelar Olimpiade Robotik Usia Dini bersama Kak Yo memperebutkan Piala Kak Seto dengan kategori peserta anak SD dan SMP di DKI yang punya inovator Robot.

Hoky yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional) berharap kegiatan positif ini diperhatian oleh pihak Kementerian terkait, bahkan menurutnya akan sangat baik jika mendapat perhatian langsung dari Presiden RI.

“Sebab faktanya saya mengetahui Kak Yo bersama Tim SARI Teknologi sejak tahun 2006 sudah mempunyai misi yang konsisten untuk menciptakan 1 juta Inovator dan penemu teknologi muda yang dapat bersaing di kancah internasional,” ungkap Hoky.

Hoky menambahkan, hingga saat ini SARI Teknologi mempunyai tim di bidang robotika kelas dunia, namun belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat luas. “Untuk itulah harus dilakukan kolaborasi agar kemampuan Tim SARI Teknologi ini dapat dioptimalkan.

Kita harus bersama-sama mempromosikan karya anak bangsa. Saya pribadi sangat bangga dengan karya Kak Yo bersama Tim SARI Teknologi.” pungkasnya. [] Red.

Operasi Kapuas 2022, Polres Melawi Berhasil Ungkap 3 Kasus

METRO, KALBAR – Polres Melawi berhasil mengungkap tiga kasus berbeda selama operasi Kapuas 2022 yang dilaksanakan pada 13 hingga 26 September 2022 lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakapolres Melawi, Kompol Asmadi dalam pers release di Mapolres Melawi pada Rabu (5/10) pagi dihadapan wartawan.

Asmadi mengatakan, tiga kasus yang berhasil diungkap yaitu kasus Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Penyalahgunaan narkoba dan perdagangan satwa yang dilindungi.

BACA JUGA: Menjelang Pemilu 2024 PKB Kalbar Gelar Launching Pencalegan Dini

IMG 20221006 075935
Keterangan: Barang bukti hasil tangkapan dalam Ops Kapuas 2022

“Semua para tersangka berikut barang bukti telah diamankan. Para tersangka sekarang ditahan telah di tahan di rumah tahanan Mapolres Melawi” jelas Asmadi.

Dijelaskan Asmadi, untuk pelaku narkotika ada warga yang berasal dari Kabupaten Melawi, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sintang, dan Kota Pontianak.

BACA JUGA: Kapolda Sumut Berikan Perhatian Khusus Anak Korban Kekerasan

IMG 20221006 075957
Keterangan: Barang bukti hasil tangkapan dalam Ops Kapuas 2022

“Barang bukti jenis sabu berat totalnya 2,73 gram dan 2 butir pil ekstasi. Selain itu kendaraan dan hp milik tersangka juga kita sita untuk tersangka berjumlah 4 orang,” pungkasnya.

Masih kata Asmadi, sementara untuk kasus PETI telah diamankan 3 orang sebagai tersangka 1 orang pemilik mesin dan 2 pekerjaannya.

BACA JUGA: Lacak dan Tindak Sumber Aliran Uang 303 Sambo

IMG 20221005 085029
Keterangan: pers release Polres Melawi Rabu (5/10/2022)

“Sedangkan untuk perdagangan hewan, tersangkanya 1 orang dengan barang buktinya berupa sisik trenggiling seberat 25,4 Kg”, ungkapnya.

Saat ditanyai terkait para pembeli hasil PETI Kasat Reskrim Polresta Melawi, Iptu Fariz Kautsar Rahmadhani mengatakan masih dalam penyelidikan Polres Melawi.

“Terkait pembeli hasil PETI masih dalam pengembangan penyidik”, pungkasnya.

 

Penulis: Ade Shalahudin

Proyek Rp 59.962.108.000, K3 Tampak Belum Lengkap.

Metro, Sumenep –  Pekerjaan rehabilitas dermaga pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep senilai Rp 59.962.108.000, tampak Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi pekerja belum lengkap.

Proyek rehabilitasi yang dikerjakan oleh PT. Bangun Jaya Nusantara – KSO juga menjadi sorotan publik, dari hasil penelusuran metroindonesia.id, alamat kantor perusahaan belum dapat diketemukan.

Proyek

Dari hasil sosial control dilokasi pengerjaan, metroindonesia.id mendapatkan gambar  pekerja yang tidak menggunakan rompi, ada yang tidak memakai helm sebagai pelindung dan sepatu yang bukan standar pekerja proyek konstruksi.

Sebagaimana diatur  dalam UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Tenaga Kerja pasal 5,

ayat (1) “Direktur melakukan pelaksanaan umum terhadap Undang-undang
ini, sedangkan para pegawai pengawas dan ahli keselamatan kerja ditugaskan menjalankan pengawasan langsung terhadap ditaatinya Undang-undang ini dan membantu pelaksanaannya”.

Proyek

Ayat (2) “Wewenang dan kewajiban direktur, pegawai pengawas dan ahli keselamatan kerja dalam melaksanakan Undang-undang ini diatur dengan peraturan perundangan.

Awak media dilokasi proyek disambut oleh Edi Purnomo yang mengaku sebagai site manager dari PT Sumber Bangun Jaya Nusantara-KSO, yang beralasan ” pihak perusahaan telah menyediakan alat pelindung diri bagi pekerja, namun perkerja yang kadang tidak disiplin” ujarnya.(1/10).

Lebih lanjut Edi menyampaikan “kalau sepatu boot ada mas rompi helem ada semua komplit, cuma kalao di pakek sehari gini kadang gak kuat karena panas jadi dicopot habis itu baru di ungkrak ungkrak lagi, ayo kita coba lihat di direksi kid mas “ajakan Pak Edi ke awak media” .

Proyek

Disaat yang sama,  tampak anggota LSM LIPK Kab sumenep Sayfidin dan LSM Sehati yaitu Imam wahyudi mereka berdua juga sedang melakukan pemantauan jalannya proyek rehabilitas dermaga pelabuhan kalianget ini.

Menurut sayfidin “Setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatan dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas, setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya.

Sayfidin menambahkan bahwa untuk K3 di proyek reahabilitas dermaga kalianget sudah bagus dan tidak masalah walaupun ada kekurangan sedikit sedikit itu wajar.[] Joko.

Menjelang Pemilu 2024 PKB Kalbar Gelar Launching Pencalegan Dini

KALBAR, METRO – Menjelang Pemilu 2024 mendatang, Dewan Pegurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Kalimantan Barat menggelar launching pencalegan dini di Cafe Sekampung, Jalan Jendral Urip Senin, (3/10).

Lounching dengan mengangkat tema Semangat “Green Party” merupakan  upaya bersama dalam penyelematan lingkungan, hutan dan lahan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat menjadi gaya tersendiri yang di lakukan oleh Pengurus DPW PKB Kalimantan Barat Dalam membekali Bakal Calon anggota Legeslatifnya di Pemilu 2024.

Sebagai Keynote Speaker dalam acara tersebut adalah Ketua Umum DPP PKB Dr. A Muhaimin Iskandar,M.Si. dihadiri langsung oleh para akademisi antara lain, Prof Dr Tamrin Usman, DEA. dan Prof Dr Gusti Hardiansyah. Keduanya merupakan Guru Besar Ekonomi Hutan dan Lingkungan dari Universitas Tanjung Pura Pontianak.

BACA JUGA: Kurniawansyah Resmi Terpilih Sebagai Ketua IAKMI Melawi Periode 2022-2025

IMG 20221004 WA0009
Foto: Grand Launching Pencalegan Dini DPW PKB Kalbar jelang pemilu 2024

Ketua DPW PKB Kalimantan Barat, Mulyadi Tawik,SE,.ME., dalam sambutannya menegaskan bahwa  semangat green party merupakan agenda besar DPW PKB Kalbar sebagai pendekatan sosial dan politik kepada masyarakat.

“Akhir- akhir ini beberapa wilayah di Kalbar secara tiba- tiba, terkena banjir, kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan sektor kehidupan menjadi mati sesaat” Ujar Mulyadi Tawik.

Melalui pembekalan ini, Mulyadi berharap kepada Caleg PKB disetiap dapil yang mengikuti pemilu wajib mengetahui isu strategis diwilayahnya masing-masing sehingga kebijakan yang diambil harus memperhatikan persoalan lingkungan untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.

BACA JUGA: Dirut PDAM Tirta Melawi Periode 2022-2027 Resmi Dilantik Oleh Bupati

IMG 20221004 WA0004
Foto: Grand Launching Pencalegan Dini DPW PKB Kalbar jelang pemilu 2024

“Soal lingkungan sudah menjadi isu nasional terutama di Kalbar dengan jumlah hutan yang masih ada maka sudah sepantasnya “green party” sebagai nafas pergerakan PKB pada isu Pemilu 2024” tegas Mulyadi Tawik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP PKB, A Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa, isu perubahan iklim adalah persoalan yang serius karena menyangkut hajar hidup orang banyak dan keberlangsungan kehidupan di dunia.

“Persoalan iklim ini adalah persolan bangsa dan negara dan menjadi perhatian yang serius. Dalam hal ini PKB memilki komitmen utuh dalam memperjuangkan keberlangsungan lingkungan secara berkelanjutan adil dan tentunya dapat mensejahterakan rakyat” Kata Ketum DPP PKB yang akrab disapa Gus Muhaimin ini.

BACA JUGA: Diskumdag Melawi Gelar FGD Penyesuaian Harga BBM

IMG 20221004 WA0005
Foto: Penanaman pohon sebagai semangat green party DPW PKB Kalbar dan kesiapan menghadapi pemilu 2024

Gus Muhaimin juga mengapresiasi kerja- kerja yang dilakukan oleh DPW PKB Kalimantan Barat dalam melakukan rekrutmen dan pembekalan bakal calon anggota legislatif tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk menghadapi Pemilu mendatang.

“Sebagai sebuah semangat bersama, energi bersama, bakal calon anggota legislatif di masing- masing tingkatan ini wajib mengetahui isu “green party” agar paradigma berjuangnya memiliki arah dan tujuan tentunya bersama masyarakat.  Saya sungguh mengapresiasi gagasan ini”, ucap Gus Muhaimin.

Hal Senada juga di sampaikan oleh Prof Tamrin Usman, DEA, sebagai akademisi yang menguasai ilmu lingkungan ini dalam acara tersebut mengatakan bahwa Indonesia yang berada pada Zona Equatorial Memilki Kekayaan alam tropis yang beragam dan melimpah sebagai bismass resources.

“Indonesia sangat mampu menjawab isu global dunia dari melimpahnya sumber daya yang ada di Indonesia. Dan konsep “green Party” sangat relefan dan sinergis dengan kondisi saat ini maupun di masa depan, khususnya untuk mendukung regulasi “hijau” dalam pembangunan dan industri di Kalimantan Barat. PKB harus mampu menjadi solusi akan kebuntuan krisis iklim saat ini. Tutup Prof Tamrin dalam diskusi tersebut

BACA JUGA: Polres Melawi Bagikan 150 Paket Sembako Pasca Kenaikan Harga BBM

Dalam rangkaian pencalegan dini ini dengan mengangkat tema green party sebagai penyemangat dan bekal gagasan dari narasi besar ini, di akhir acara sebagai closing statemen oleh Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa, Siti Mukarromah mengatakan, bahwa keberpihakan PKB sangat jelas sejak tahun 2000 an yang mana  partai ini telah buka suara terkait isu perubahan iklim dan masalah turunannya, yaitu dampak yang akan di hadapi bangsa Indonesia jika mengesampingkan soal- soal lingkungan, diantaranya adalah beralihnya atau bergesernya paradigma masyarakat akibat masuknya perkebunan dan pertambangan secara masif”, ujarnya.

“Jika tidak dibarengi dengan pendekatan yang kuat dan berkelanjutan atas lingkungan. Dan yang menjadi korban yang pertama adalah perempuan. Ini perlu kita sadari bersama dan perlu kita antisipasi agar kebijakan- kebijakan yang terbit seterusnya harus melakukan pendekatan lingkungan berbasis gender dan memperhatikan perempuan”, tutup anggota DPR RI komisi VI ini dalam bincang gagas green party ini.

 

Editor: Ade Shalahudin

Sumber: DPW PKB Kalbar

 

Turunkan Pasukan Brimob Bantu Korban Gempa

Metro, Tapanuli Utara – Kepolisian Daerah Sumatera Utara menurunkan ratusan pasukan Brimob dalam menjalankan tugas kemanusiaan membantu warga yang menjadi korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara.(1/10/22).

“Atas perintah langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak di kerahkan pasukan Brimob untuk membantu warga korban gempa di Taput,” jelas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Turunkan

” Pasukan Brimob yang diturunkan akan melakukan pembersihan puing-puing bangunan rumah warga yang runtuh akibat terkena guncangan gempa dan juga menyalurkan bantuan
sembako kepada masyarakat yang terdampak gempa,” ujarnya.

Pasukan Brimob di turunkan sebagai bentuk pelayanan, pegabdian serta respon cepat yang diberikan Polda Sumut kepada masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara yang dilanda bencana alam.

Turunkan

“KIta berharap kehadiran pasukan Sat Brimob Polda Sumut memberikan bantuan dapat dirasakan langsung masyarakat.,” pungkasnya.[] M.amin.

Warga Paranginan utara Gotroy Perbaikan jalan alternatif menuju kantor desa

Paranginan-Metro IndonesiaWarga Desa Paranginan utara Kecamatan Paranginan , bergotong royong membuat jalan alternatif kekantor kepala Desa pengganti ruas jalan yang ditutup oleh oknum warga Paranginan utara karena konflik yang tidak kunjung selesai , jumat (30/9/2022). Ruas jalan menuju kantor kepala desa ini ditutup sekitar 1 bulan yang lalu akibatnya Roda Pemerintahan sempat di alihkan ke poskesdes setempat,demi lancarnya Roda pemerintahan desa Paranginan Utara dan demi menghindari konflik berkepanjangan kepala desa Paranginan Utara beserta masyarakat,BPD dan unsur perangkat desa membuka akses jalan alternatif yang aman,” kata Kepala Desa Paranginan Utara, Japar Sianturi.saat disambangi wartawan media ini dilokasi

Jalan

Pembukaan akses jalan alternatif itu dengan lebar 2 m dan panjang lebih kurang 100 m, dilakukan warga menggunakan alat sederhana seperti cangkul dan sabit.antusias masyarakat yang ikut gotong royong sangat tinggi ini terlihat semangat mereka yang tidak kenal lelah untuk menuntaskan jalan alternatif tersebut agar bisa segera selesai dalam satu hari.

Saat wartawan media ini menanyakan perihal penutupan jalan tersebut Kepala desa Paranginan Utara Japar Sianturi mengatakan,saat No komen karena permasalahan ini sudah ditangani oleh Polres Humbang Hasundutan,jadi kita tunggu aja bagaimana proses selanjutnya,yang utama saat ini adalah bagaiman agar roda pemerintahan desa Paranginan Utara dapat berjalan lancar,ujarnya

 

Rencana akses jalan alternatif.turut dalam gotong royong Japar Sianturi ( Kades),Oskar Sianturi (Ketua BPD),polin sianturi(sekdes),mei siburian BPD,gonggom sianturi kepala dusun,rico siregar pemrin,rico siregar kepala dusun,rudi sianturi kepala dusun,harmoko sianturi kepala dusun,darwin siburian kepala dusun.,verawati hutabarat kesra,yosroita rajagukguk kepala dusun,sihol sianturi LPM.,roganda siburian kepala dusun,osmar sianturi tokoh masyarakat,appang sianturi tokoh masyarakat,tentina siregar BPD,Ebin sianturi BPD..(D.S)

Belajar Kewenangan Legislatif

Metro, Medan – Belajar Kewenangan Legislatif Peserta Parlemen Remaja Temui Ketua DPRD Sumut pada Jumat (30/9/2022)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar kegiatan parlemen remaja yang merupakan kegiatan tahunan DPR RI yang mengedukasi generasi muda.

Program ini juga termasuk dalam rangka memperingati hari demokrasi internasional yang diperingati setiap tanggal 15 september.

Belajar

Perwakilan Sumut pada audiensi tersebut. Diantaranya yaitu, Gustiny Yolanda Situmeang, Nabil Rizki Habibi, William Frans Lavejo Wijaya, Diva, Eca Akadita Caban, Heflin Batubara, Dinanti.

Kepada awak media Gustiny mengungkap kan kedatangan para peserta Parlemen Remaja ke Ketua DPRD Sumut guna mendapatkan pencerahan terkait kewenangan legislatif.

Kami meminta arahan kepada Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Bagaimana menjadi seorang legislator? Apa perbedaan di antara DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota?

Belajar

Siswi SMA Negeri 15 Medan itu mengatakan, sosok Baskami Ginting juga memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta.

“Kami sangat bersyukur dapat berdiskusi dengan Bapak Baskami Ginting, beliau juga banyak berpesan agar kami terus belajar dan memahami bagaimana kondisi jalannya parlemen di Senayan sana” ujarnya

Senada dengannya, Diva Eca Akadita Kaban, siswi dari SMAN 1 Matauli Pandan mengungkapkan, diskusi tersebut juga membahas, bagaimana kewenangan DPR RI dalam membuat undang-undang?

Di Antara nya yaitu terkait perlindungan data pribadi yang di sah kan baru-baru ini”.ucap DivaBelajar

 

Kami banyak mendapatkan pencerahan dari Bapak Baskami mengenai UU Perlindungan Data Pribadi yang disahkan baru-baru ini.

Bagaimana UU itu menjadi payung hukum untuk perlindungan data pribadi bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Baskami menjelaskan, bahwa pihaknya belum lama ini juga menggelar kegiatan yang sama.

Pada kegiatan tersebut juga memberikan pengalaman bagi para siswa SMA untuk dapat mengamati denyut nadi DPRD Sumut.

Kemarin kita membuat kegiatan dengan tema “Jika Aku Jadi Ketua DPRD Sumut”.

Salah satu finalis kita menang di Parlemen Remaja di Senayan pada tahun ini. Bahagia rasanya melihat potensi anak-anak kita,” ucap nya

Kegiatan Parlemen Remaja ini diharapkan bisa menambah pengalaman bagi para siswa tidak hanya mengenai sistem pemerintahan tapi juga wawasan kebangsaan”.ujar Baskami

Anak-anak ini lah yang nanti nya akan meneruskan perjuangan kita. Mereka juga harus dibekali dengan benar soal wawasan kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air,” pungkasnya.[] M.amin.

Kapolda Sumut Berikan Perhatian Khusus Anak Korban Kekerasan

‘Metro, Medan -Muhamad Al Fagih Saleh Huddin umur 4 tahun telah menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh pamannya JS 33 tahun dan bibinya M 24 tahun mendapat kejutan dengan kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si di RS Bhayangkara Medan.Rabu(29/9/2022).

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs.R.Z. Panca Putra S.Msi didampingi Wakapolda Brigjen Dadang Hartanto menjenguk anak korban kekerasan yang sudah 5 hari dirawat di RS Bhayangkara TK II Medan

Al Faqih adalah pasien rujukan dari RSUD Tanah Karo dimana pada saat masuk RS Bhayangkara Medan dalam kondisi lemah, Deman Tinggi, sesak dan tidak sadar selama 3 hari akibat benturan di bagian kepala, Saat ini Al Faqih telah menerima perawatan secara intensif dari Dokter-dokter di RS Bhayangkara Medan.

Kapolda

“Saat ini korban tengah dalam perawatan intensif oleh dokter spesialis saraf, dokter spesialis anak, spesialis bedah saraf dan ahli gizi, Kita akan terus pantau kondisinya hingga membaik”, ujar Panca

Panca juga memberikan semangat dan dukungan kepada Al Faqih untuk dapat perawatan maksimal sehingga kondisi kesehatannya dapat segera pulih kembali

“Semangat ya Nak agar cepat pulih. Kamu anak hebat, anak kuat,”ucap Panca.

Kapolda

Panca meminta masyarakat untuk ikut menjaga dan mengawasi lingkungan di sekitarnya apa bila ada anak yang menjadi korban kekerasan fisik agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian
Polri tidak akan segan-segan memproses hukum orang tua atau siapapun yg melakukan kekerasan terhadap anak

Al Faqih adalah anak malang yang menjadi korban penganiayaan dilakukan oleh Bibi dan Pamannya sendiri. Mariati bersama suaminya Josis Sembiring, kedua pelaku warga Desa Gurukinayan,

“Ini perkara kekerasan di bawah umur, Korban Muhammad Al Fagih umur empat tahun. Yang bersangkutan saat masih dirawat di rumah sakit,” ujar Kapolres Tanah Karo Senin (26/9/2022)

Kapolres menjelaskan saat ini Unit PPA Satreskrim Polres Tanah Karo sedang menjalani proses penyidikan terhadap kedua Pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polres Tanah Karo.[] M.amin.

Berani Tampil Beda