Beranda KALBAR Camat Nanga Pinoh Secara Resmi Membuka Musdes Rembuk Stunting 2024 Desa Tanjung...

Camat Nanga Pinoh Secara Resmi Membuka Musdes Rembuk Stunting 2024 Desa Tanjung Lay

16
0
camat
Foto: Camat Nanga Pinoh saat membuka secara resmi rembuk stunting di Desa Tanjung Lay.
84 / 100
KALBAR-MELAWI, Metroindonesia.id – Camat Nanga Pinoh, Hendra Permana secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Rembuk Stunting 2024 di Desa Tanjung Lay yang digelar di Aula Kantor Desa Tanjung Lay,  Kecamatan Nanga Pinoh, pada Rabu, (03/07) pukul 10.00 WIB.

Kegiatan Musdes Rembuk Stunting 2024 yang dibuka oleh Camat Nanga Pinoh juga dihadiri oleh BPD Desa Tanjung Lay, Bidan Desa, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat dan Bhabinkamtibmas serta sejumlah masyarakat Desa Tanjung Lay.

Camat Hendra Permana mengatakan setiap tahunnya desa wajib melakukan rembuk stunting sesuai regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dimana saat ini Kabupaten Melawi berada di urutan terendah se- Kalimantan Barat dalam penanggulangan stunting.

DSC0692 scaled e1719984433357
Foto: Kegiatan Musdes Rembuk stunting Desa Tanjung Lay.

“Stunting ini antara ada dan tiada, bukan karena ada yang salah, tetapi faktor utama adalah data yang kurang valid,” pungkasya.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan angka kunjungan ibu hamil dan balita ke Posyandu atau fasilitas kesehatan yang ada di desa tidak teratur dan rutin. Hendra juga mengimbau kepada warga desa terutama ibu ibu yang dalam masa kehamilan dan memilki balita agar rutin mendatangi Polindes dan Posyandu untuk memeriksakan kesehatannya.

DSC0685 scaled e1719984590889
Foto: Kegiatan Musdes Rembuk stunting Desa Tanjung Lay.

“Tingkatkan kunjungan ke Posyandu dan Polindes di Desa. Jangan merasa sehat rutinitas kunjungan lalu berkurang. jangan sampai adalah masalah kesehatan baru datang,” ujarnya.

Pada kesmepatan yang sama, Kepala Desa Tanjung Lay, Radimantono mengatakan bahwa secara anggaran Pemerintah Desa Tanjung Lay mendukung penuh penanggulangan stunting di desa yang dipimpinnya.

ds scaled e1719984867562
Foto: Kegiatan Musdes Rembuk stunting Desa Tanjung Lay.

“Setiap tahunnya kami selalu menganggarkan dalam APBDesa dalam bidang kesehatan terutama untuk pennaggulangan stunting. Saya minta warga desa agar rutin memeriksakan kesehatan teerutama ibu ibu hamil dan anak anaknya,” ungkapnya.

Radimantono juga meminta kepada kader Posyandu desa agar pro aktif turun ke masyarakat untuk memberikan penyuluhan kesehatan ibu dan anak serta memberikan edukasi terkait kesehatan ibu dan anak.

“Kader Posyandu juga akan kita berikan pelatihan. Saya minta agar kader Posyandu Desa turun langsung ke warga untuk memberikan edukasi tentang kesehatan ibu dan anak,” tutupnya.

Artikulli paraprakPakar: Tak Hanya Indonesia, Asia Tenggara Pun Rawan Serangan Siber
Artikulli tjetër” Berita Dinanti, Kritis Dihabisi ‘