LSP Geospasial Lulus Akreditasi Awal 

Jakarta, metroindonesia.id – Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah selesai melaksanakan penyaksian uji kompetensi (witness) untuk Akreditasi Awal Lembaga Sertifikasi Profesi Geospasial – LSP Geospasial pada (6/8/2022) di Tempat Uji Kompetensi Mandiri TUK IPWIJA yang beralamat di Jalan Letda Natsir 7, Cikeas Gunug Putri, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil pelaksanaan witness ini, Sritampomas L. Tobing selaku asesor Komite Akreditasi Nasional yang hadir langsung  pada kesempatan ini menyampaikan, penyaksian uji kompetensi ini membuktikan bahwa LSP Geospasial telah memenuhi semua syarat dalam pelaksanaan Akreditasi Awal dan kedepan diharapkan bisa menjaga kualitas dalam melakukan uji kompetensi terhadap para asesi sebagai pemohon sertifikat.

LSP Geospasial

Witness itu sendiri dilakukan oleh LSP Geospasial sebagai salah satu syarat untuk memenuhi Persyaratan Khusus Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person  KAN K-09.

Pada kesempatan ini, Ketua LSP Geospasial Juniarto Rojo Prasetyo mengatakan,  Pelaksanaan witness dilakukan oleh KAN selain sebagai salah satu alat untuk memastikan kompetensi LSP terkait pelaksanaan ujian dan proses penilaian serta pengambilan keputusan,  juga memverifikasi bahwa LSP telah menerapkan prosedurnya secara memuaskan, dan sesuai dengan skema sertifikasi yang diterapkan.

Juniarto mengatakan, pada Akreditasi Awal ini LSP Geospasial mengajukan 6 (enam) skema jenjang kepangkatan yang diujikan yaitu: Operator Utama Sistem Informasi Geografis; Teknisi Sistem Informasi Geografis; Analis Sistem Informasi Geografis; Programmer/ Developer Sistem Informasi Geografis; Manajer Spesials Sistem Infoirmasi Geografis dan Spesialis Geo-Informatika.

LSP Geospasial

“Keenam jenjang kepangkatan yang diajukan adalah sesuai dengan Keputusan Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial Nomor 1 tahun 2021, dimana Badan Informasi Geospasial merupakan Instansi Pembina Sektor di bidang Informasi Geospasial,” ungkap Juniarto kepada wartawan di sela kegiatan di TUK IPWIJA, (06/08/2022).

Ditambahkan juga, witness yang dilakukan sudah melalui proses panjang  untuk memenuhi persyaratan khusus akreditasi LSP Geospasial mulai dari pendaftaran, penilaian ketidaksesuaian, dan verifikasi lapangan. “Semua perbaikan dilakukan dengan semangat dan kerja keras agar ketidaksesuain yang disampaiakn oleh Asesor KAN pada waktu verifikasi lapangan diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Selanjutnya Juniarto menyatakan, persiapan witness telah dilakukan dengan sungguh-sunguh oleh seluruh pengurus, Asesor LSP Geospasial maupun sermua personil yang terlibat dalam proses sertifikasi sesuai dengan Panduan Mutu dan SOP yang telah ditetapkan LSP Geospasial dan ISO/ SNI 17024: 2012.

LSP Geospasial

Hal ini untuk menjaga kualitas dan peningkatan dalam menjaga kompetensi asesor LSP, dikarenakan asesor kompetensi mempunyai peran sangat penting untuk merencanakan, melaksanakan, merekomendasikan, memberi validasi kontribusi asesmen serta melaporkan hasil uji kepada Ketua LSP Geospasial.

Sementara itu, Sritampomas L. Tobing selaku asesor KAN, pada kesempatan ini menyampaikan, penyaksian uji kompetensi ini membuktikan bahwa LSP Geospasial telah memenuhi semua syarat dalam pelaksanaan Akreditasi Awal dan kedepan diharapkan bisa menjaga kualitas dalam melakukan uji kompetensi terhadap para asesi sebagai pemohon sertifikat.

Dalam witness tersebut Ketua LSP Geospasial menugaskan Asesor-asesornya untuk melakukan uji kompetensi, yaitu Saipiatudin, Sodikin, Edward Siregar, Adi Sopian, Gunadi dan Dessy Apriyanti dengan Asesor pendamping Dodi Sukmayadi. Asesor-asesor ini adalah merupakan asesor berlisensi di bidang Sistem Informasi Geografis yang telah berpengalaman melakukan uji kompegensi.

Dari pihak pengurus  LSP hadir Dewan Pengawas A.R. Silalahi, manajer Mutu Endang dan manajer Sertifkasi/ Skema Harry Kautsar. Sedangkan Asesor KAN yang melakukan penyaksian uji kompetensi adalah Sritampomas L. Tobing dengan didampingi Chatarina Candra Murti.

Dari hasil penyaksian uji kompetensi disampaikan, bahwa temuan-temuan ketidaksesuaian bersifat Minor dan diselesaiakan dalam waktu 14 hari kerja terhitung sejak tanggal 6 Agustus 2022.

Selanjutnya terhadap jenjang kepangakatan Operator Utama SIG yang Asesinya telah mendaftar namun tidak hadir dalam penyaksian uji kompetensi dapat diajukan penyaksiannya dilain waktu. Khusus untuk jenjang kepangkatan Spesialis Geo-Informatika tidak direkomendasikan mendapat akreditasi karena belum sempurnanya Materi Uji Kompetensi yang diujikan kepada Asesi. Dengan demikian hanya ada empat jenjang kepangkatan yang diajukan untuk akreditasi KAN yaitu Teknisi SIG, Analis SIG, Programmer/ Developer SIG dan Manajer Spesialis SIG. ***

MoU Antara Matrix NAP Info Dengan APJII

PT Raihan Dukung MoU Antara Matrix NAP Info Dengan APJII

Jakarta, metroindonesia.id – PT Raihan Dukung MoU Antara Matrix NAP Info Dengan APJII  Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) meresmikan pengoperasian Matrix Data Center (MDC) JK3 Hall B di kawasan Plaza Kuningan, Jakarta pada (5/8/2022) sekaligus melakukan penandatanganan kerja sama strategis antara Matrix NAP Info dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Thomas Dragono selaku Managing Director Matrix NAP Info dengan Muhammad Arif Angga, selaku Ketua Umum APJII.

MoU antara

“Kerja sama ini bertujuan untuk menjalin kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia, sekaligus untuk menghadirkan APJII Super MMR (Meet Me Room) dan IIX Super Node di MDC JK3,” ungkap Thomas di sela kegiatan peresmian dan penandatanganan kerjasama, (5/8/2022).

Thomas menyampaikan, MMR merupakan suatu ruangan dalam lokasi pusat data yang memungkinkan para perusahaan telekomunikasi untuk dapat terhubung satu sama lain dan melakukan sistem penanganan data. Ruangan ini terdiri dari berbagai jaringan kabel dan rak yang berisi perangkat untuk terselenggaranya layanan Internet di Indonesia.

“Oleh karena itu kami mengundang semua pihak Stakeholder TIK untuk dapat bergabung dan ini merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat menjadi solusi dalam mendukung percepatan adopsi teknologi informasi dan digitalisasi di Indonesia,” terangnya.

Pada kesempatan ini, pihaknya juga menghadirkan tambahan rack server dengan dukungan sistem dan teknologi terkini yang ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

Thomas menambahkan, melalui kerjasama ini, Matrix NAP Info membuka opsi POI (Point of Interconnection) alternatif baru bagi anggota APJII, khususnya anggota dari luar Jabodetabek untuk saling terhubung satu sama lain.

“Dengan kehadiran APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC JK3 ini, diharapkan dapat membantu mengurangi resiko Single Point Of Failure (SPOF) serta mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar. Matrix NAP Info berkomitmen untuk meningkatkan kualitas internet Indonesia dengan menjawab kebutuhan infrastruktur TIK di Indonesia,” papar Thomas.

IMG 20220807 WA0005

Dalam kesempatan tersebut Ketum SPJII Muhammad Arif Angga mengatakan, keanggotaan APJII terus bertambah dan kini sudah mencapai 780 anggota. “Padahal dua hari lalu saat saya memberikan sambutan pada pembukaan pameran Digital Transformation Indonesia Conference and Expo 2022 jumlah anggota APJII masih 780 anggota,” ungkapnya.

 

Seiring bertambahnya anggota, maka Data Center yang ada saat ini sudah tidak dapat menampung kapasitas lagi, sehingga pihaknya harus melakukan perluasan jangkauan dengan berkolaborasi bersama Matrix NAP Info dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX.

“Maka kami berharap kedepannya dapat bersama-sama mengembangakan ISP di Indonesia agar dapat dinikmati bagi seluruh anggota APJII,” ujar Arif.

Sementara Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Komisaris Utama PT Raihan Teknologi Pratama menyatakan, pihaknya sangat mendukung kerjasama antara Matrix NAP Info dengan APJII. Hal ini menurutnya, sejalan dengan tujuan PT Raihan yang sedang fokus menggarap Internet Desa.

Saat ini PT Raihan sedang mengelar fiber optik di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari 11 Desa, adapun koneksinya menggunakan layanan dari Matrix NAP Info.

“Tentu saja kedepannya akan terus bersama Matrix NAP Info, kami akan menggarap potensi internet desa dengan optimal, agar dapat lebih menghidupkan roda perekonomian di desa tersebut,” kata Hoky sapaan akrabnya.

Hoky yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) sempat menyampaikan bahwa APTIKNAS merupakan bentuk organisasi baru yang bertransformasi dari asosiasi sebelumnya bernama APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) yang didirikan sejak tahun 1991 (31 tahun) yang lalu.

Dimana hingga saat ini APKOMINDO sudah memiliki 29 DPD dari Aceh hingga Papua dengan sekitar 2.000 anggota. Itu tentu merupakan potensi yang besar untuk dilakukan kolaborasi baik dengan Matrix NAP Info maupun dengan APJII ataupun dengan berbagai pihak terkait lainnya.

Hoky menambahkan, sudah dapat dipastikan ke depan peran data center akan makin penting untuk mendukung transformasi digital di kalangan masyarakat, pendidikan, dunia usaha, keuangan, kesehatan, maupun di instansi dan lembaga pemerintah.

“Semua butuh ruang penyimpanan data yang mudah, cepat diakses dan tentu juga harus aman, terjaga dan terlindungi dengan baik dari kemungkinan terjadinya kebocoran data atau ancaman dari penjahat siber, dimana semuanya tersedia di Matrix NAP Info, oleh karenanya PT Raihan bangga menjadi bagian dari Matrix NAP Info,” pungkas Hoky. ****

Desa Nanga Kayan Kembali Salurkan BLT DD Tahun Anggaran 2022

METRO, KALBAR – Kepala Desa Nanga Kayan, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Hamdan kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2022 kepada 124 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa, Jumat (5/8) pagi.

Pembagian BLT DD juga dihadiri Ketua dan Anggota BPD Desa Nanga Kayan, Babinsa, Bhabinkamtibmas  keluarga penerima manfaat BLT DD.

Hamdan mengatakan bahwa pembagian BLT DD kembali dilakukan sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA: Kodim 0608 Cianjur Bangun Tembok Penahan Tanah

IMG 20220805 WA0029
Foto: Ketua BPD Desa Nanga Kayan, Najarudin turut menyerahkan BLT DD

“BLT DD ini dibagikan dari Juli sampai September 2022, sebelumnya telah disalurkan dari Januari hingga Juni 2022 masing-masing KPM mendapatkan Rp.300.000 perbulan sehingga totalnya Rp900.000 untuk tiga bulan” jelasnya.

Hamdan juga meminta kepada KPM BLT DD agar memanfaatkan uang tersebut sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Ditambahkan Hamdan, selain kegiatan pembagian BLT DD kepada KPM, kegiatan juga dibarengi dengan pembagian masker dan handsanitiser kepada warga desa untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Pengurus KONI Melawi Periode 2022-2026 Resmi Dilantik

IMG 20220805 WA00251
Foto: KPM BLT DD desa Nanga Kayan

“Selain pembagian BLT DD, pemerintah Desa juga membagikan masker dan handsanitiser kepada warga dalam penanggulangan Covid-19. Saya minta kepada agar terap menjaga pola hidup sehat” ujar Hamdan.

Ditempat yang sama, Ketua RT 02 Dusun Kayan Meninjau, Zainal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Nanga Kayan yang telah menyalurkan BLT DD.

“BLT sangat bermanfaat bagi masyarakat saya untuk memenuhi ekonomi, terutama bagi masyarakat yang benar-benar tidak mampu” ujar Zainal.

BACA JUGA: Berencana Gratiskan Biaya Sertifikasi

Screenshot 20220807 120057 e1659849072945
Foto: Zainal, Ketua RT 02 Dusun Kayan Meninjau

Zainal juga berharap kepada Pemerintah desa Nang Kayan untuk kedepannya agar lebih baik dan maju.

“Saya sangat berharap ke depan Pemerintah Desa Nanga Kayan lebih baik lagi dan maju” harap Zainal.

 

 

Penulis: Ade Shalahudin

Kak Seto Goes To Campus Cari Penerus

 

  • Kak Seto Goes To Campus Cari Penerus, Momentum Regenerasi…!

Jakarta, metroindonesia.id – Sahabat Anak Indonesia menggandeng Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) memulai inisiasi regenerasi bagi kaum muda di kalangan kampus agar pada saatnya dapat menggantikan peran Kak Seto sebagai pencinta dan pelindung anak Indonesia.

“Indonesia 5 tahun mendatang sampai berusia 100tahun harus punya relawan muda atau penggiat anak dari disiplin ilmu psikologi atau komunikasi agar dalam penanganan kasus tidak salah kaprah,” tegas Kak Hoky sebagai Sekjen Koalisi Anak Madani dan juga pengagas SAI-Sahabat Anak Indonesia, Kamis (4/8) di Kampus UPI YAI FPsi Salemba.

Kak Seto

Segendang sepenarian, Dr. I Nyoman Suma selaku Dekan FPsi UPI YAI bersama Wadekan 1 Dr.Kuncono Teguh Nyunanto dan Kak Sondang.

Mereka begitu antusias bersama Kak Tio KaBEM FPsi UPI YAI nyanyi bersama Macet Lagi Kak Seto.

Tampak hadir hampir 200an peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa semester 5, 6, 8 dan juga pasca, mereka menikmati dua sesi kehadiran Kak Seto di lingkungan Kampus.

 

Sesi awal bertajuk dari Gubeng ke Gambir sampai sesi berikutnya dihujani banyak pertanyaan dari yang gabut, santai dan serius.

Kak Seto

“Cari penerus di bidang perlindungan anak adalah aksi regenerasi yang saya bersama SAI dan sahabat Koalisi Anak Madani Indonesia akan galakkan bersama 5 Top Kampus di DKI sampai puluhan lainnya di 71 tahun usia saya menginspirasi,” ucap Kak Seto dari Guru Kecil sudah jadi Guru Besar dari Universitas Gunadarma.

Kak Seto selalu mengingatkan butuh 1 kampung ataupun sebanyak-banyaknya sebagai penjaga anak Indonesia.

“Saya berterima kasih dengan kegiatan Goes To Campus silahkan sahabat fakultas Psikologi UPI YAI magang atau praktek lapangan di LPAI yang saya pimpin dan masih banyak lagi organisasi perlindungan anak lainnya. Bukankah lebih tepat dan efektif apabila yang memberikan trauma healing atau assesment itu anak psikologi, bukan?….,” paparnya lugas sembari bernyanyi dengan nada dasar yang sangat familiar.

Kak Seto

Semua antusias sampai-sampai Riri, Najmi, atau Aurelia masih lanjut diskusi dengan Kak Seto walau acara sudah usai.

Menginspirasi dan beri pembekalan seperti ini menjadi event yang menarik dan dinanti-nanti.

Sampai jumpa di kampus berikutnya….!**[] Red

GERHANA PRO Beri Apresiasi Kepulangan 52 WNI korban TPPO

  • GERHANA PRO Beri Apresiasi Kepada Polri, BP2MI dan Kemenlu Dalam Proses Pemulangan WNI Dari Kamboja
Jakarta, Baru-baru ini heboh karena sempat viral tentang puluhan warga negara Indonesia yang disekap di negara Kamboja, Gerhana Pro sambut kedatangan WNI.

Keberadaan WNI yang berada di Kamboja, atas adanya informasi dan iming-iming kerja melalui iklan di media sosial, sehingga para WNI yang tergiur ingin bekerja di Kamboja dengan gaji besar sesampainya disana merasa terjebak.

Gerhana

Hal tersebut disikapi oleh Jonson P Simalango, SH, Ketua Umum Lembaga Gerakan Hati Anak Profesional (GERHANA PRO) saat ditemui awak media di Bandara Soekarno Hatta pada 05/08/22 saat penyambutan beberapa WNI yang pulang ke tanah air.

“Pemerintah Sudah Bekerja Maksimal Dalam Membantu Pemulangan WNI Di Kamboja”

Gerhana

“kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah khususnya, Polri, BP2MI dan Kemenlu yang sudah berupaya maksimal mulai dari evakuasi hingga proses pemulangan saudara-saudara kita yang disekap di Negara Kamboja” ucap Jonson

Tambahnya “ketiga instansi tersebut sejak 18/07 benar-benar bekerja senyap tanpa viral, karena tugas mereka, bukan pencitraan, saya menyesalkan adanya pihak yang terlalu membuat berita heboh sehingga berpotensi membahayakan para WNI yang di Kamboja”

“saya harap kedepannya kalau ada pihak yang ingin membantu para saudara kita di Kamboja, jangan ada yang jualan pencitraanlah kalau mau bantu WNI di Kamboja, dan tidak perlu intervensi pihak Kemenlu, karena pemerintah bekerja prosedural” ucap Ketum GERHANA PRO

Bahwa Jonson P Simalango juga mengucapkan terimakasi kepada teman-teman lembaga Sahabat Puan Indonesia (SOPANESIA) dan LSM GARDA P3ER dalam membantu pelaporan dan ikut memantau pemulangan saudara kita WNI yang di Kamboja.

Jonson menunjukkan bukti laporan pengaduan ke Polri nomor:011/LI/DPN-GP/VII/2022 tanggal 15/07/22, dan surat ke BP2MI nomor:012/LI/DPN-GP/VII/2022 tanggal 15/07/22, juga surat ke Kemenlu nomor: 013/LI/DPN-GP/VII/2022 tanggal 15/07/22 dalam laporan tersebut ada 52 WNI korban TPPO dan Perbudakan.

Pada kesempatan yang sama saat ditemui awak media di Bandara Soekarno Hata Sekjen SOPANESIA Butet Tiur mengatakan “ini PR kami kedepan, karena masih ada ratusan WNI yang disekap di Kamboja mengadu ke kami minta dipulangkan”

“kami sudah berencana membuat pengajuan RDP di Senayan agar Pemerintah lebih serius lagi dalam menyelamatkan WNI yang di Kamboja karena mereka juga pemilik Negara ini, penanganannya juga harus ada pencegahan agar hal serupa tidak terulang lagi” tegas Tiur [] Fudan.

Polsek Cilincing Ringkus 1 Warga Nigeria

Jakarta, – Pihak Polsek Cilincing Polres Metro Jakarta Utara mengamankan warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria yang kost dirumah kontrakan di Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing, pada hari Kamis, (4/7/2022).

Kanit Intelkam Polsek Cilincing Iptu Beni Simbolon SH, bersama tim yang mendapat informasi dari masyarakat melakukan penelusuran terkait surat WNA asal Nigeria yang berinisial OSW dengan Korp UNHCR, mengatakan kepada metro Indonesia.Id di lokasi (4/7), bahwa hasil dari pemeriksaan dokumen surat tersebut sudah tidak berlaku dan tidak terdaftar di UNHCR.

Iptu Beni Simbolon menjelaskan, bahwa OSW diamankan dari tempat kost Jalan Blimbing Terusan No.10 Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, bersama seorang wanita berinisial RN WNI asal Indramayu yang diakui sebagai istrinya.

polsek cilincing

 

“Saat ini masih dilakukan pemeriksaan yang akurat dan kami pihak polri bekerja sama dengan pihak imigrasi dan juga pihak koordinator UNHCR, yang sudah jelas WNA asal Nigeria tersebut menunjukkan surat UNHCR dan tertulis berlaku sampai 17 Januari 2023 (dipastikan palsu oleh UNHCR),” Katanya Beni.(zul)

Pondok Pesantren Mathlaul Huda

Bogor, Jawa Barat – Pondok Pesantren Mathlaul Huda pimpinan H.H.Ayi Anwarudin memberikan pedalaman materi bekebangsaan dan bernegara.

Peran serta pondok pesantren dalam dunia pendidikan keagamaan, serta mencerdaskan anak bangsa yang berbudi pekerti luhur dengan syariat agama menjadi tujuan utama berdirinya pondok pesantren.

Lokasi yang beralamat di Sawah Bera RT 02 RW 04 Kelurahaan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor bernuansa alam pedesaan yang sejuk memberikan ketenangan jiwa dalam melaksanakan aktivitas.

Pondok Pesantren

Kepada metroindonesia.id, ,H.H.Ayi Anwarudin menyampaikan “berdirinya pesantren tidak luput dari peran serta Kyai H.Agus Salim dan Kh.Mansyur melahirkan Santriawan/santriawati yang berakhlak Soleh dan Soleha Ahlakul karimah” jelasnya.

Lebih lanjut H.H.Ayi Anwarudin juga menyampaikan harapan “agar kelak Santriawan/santriawati menjadi tokoh atau pejabat di masyarakat yang berperan dalam pembangunan, dan menjauhkan perbuatan keji dan mungkar” ujarnya.

Dari pantauan awak media, tampak sopan santun dan keramahan Santriawan/santriawati ketika menyambut tamu, dengan tampilan yang muslimah.[] Lukas Diana.

SMK Bhakti Nusa Sambut Staf Khusus Kepresidenan

Bogor, Jawa Barat – SMK Bhakti Nusa menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Staf Khusus Kepresidenan R.I.Jendral Purnawirawan TNI – AD Dr.H.Moeldoko.S.IP di Sukamantri Tamansari Kabupaten Bogor.Jawa Barat.

Dalam kunjungan kerja, Moeldoko bersama sama pengurus yayasan Bhakti Nusa melakukan upacara penyerahan ijasah kepada peserta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Nusa.

SMK Bhakti Nusa

Kepala Kepala Kantor Staf Khusus Kepresidenan di dampingi ketua yayasan Bhakti Nusa Agung Udiyanto membagikan ijasah secara simbolis kepada 5 (lima) orang peserta didik yang telah selesai menjalankan pendidikan dari 81 orang peserta.

Dalam pidatonya, Moeldoko menyampaikan “Pentingnya pendidikan bagi masyarakat Indonesia untuk terus berkarya, bekerja mewujudkan cita cita, dan tidak perlu berkecil hati, ijasah kesetaraan sama nilainya dengan ijasah pendidikan formal lainnya, dan dapat dipergunakan untuk ke jenjang universitas bagi yang ingin melanjutkan” terangnya.

SMK Bhakti Nusa

Tampak hadir beberapa utusan dari kantor kecamatan Tamansari, dinas pendidikan kabupaten Bogor dan para petani untuk menerima arahan dan paparan dari Mantan Panglima Angkatan Bersenjata RI, Moeldoko.

Kepada metroindonesia.id, ketua yayasan Agung Udiyanto penyelenggara SMK Bhakti Nusa menyampaikan “Kami pengurus yayasan dan tenaga pendidik  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bhakti Nusa bangga telah mendapat kepercayaan dari Staf khusus kepresidenan sebagai penyelenggara pendidikan khususnya bagi warga kabupaten Bogor,” ujarnya.

SMK Bhakti Nusa

Dari pantauan media di SMK Bhakti Nusa, tampak antusias warga untuk berjabat tangan dengan staf khusus kepresidenan, dengan harapan ada perhatian dan pembangunan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya.[] Lukas Diana.

Domisili CV Haskar Persada di Ragukan

Bogor, Jawa Barat – Peningkatan jalan Cihideung kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang dikerjakan oleh CV Haskar Persada tampak sudah mengalami retak retak di ragukan domisili perusahaan.

Dari penelusuran domisili CV Haskar Persada beralamat di  Jl. Raya Nambo No. 18 Kel. Nambo Kec. Klapanunggal kabupaten Kab. Bogor tampak bangunan rumah tinggal dan tidak tampak aktifitas layaknya kantor perusahaan kontraktor.

Hasil pengerjaan jalan menjadi perhatian publik dengan anggaran Rp.1,972.950.800.00-,. belum memberikan jaminan mutu bagi masyarakat yang membiayai kegiatan melalui pembayaran pajak.

Domisili

Mengingat, pelaksanaan pekerjaan yang belum berakhir namun sudah mengalami kerusakan sebelum dipergunakan oleh masyarakat, menjadi tanda tanya di antaranya:

1. Tim media tidak menemui adanya petugas dari konsultan pengawas PT Bina Index Consultan di lokasi pengerjaan.

2. Tim media tidak menemui tenaga ahli dari CV Haskar Persada yang sudah bersertifikasi.

3. Tim media dan publik tidak mendapat informasi mutu beton yang di gunakan, apakah K250 atau K 350, sesuai spek dalam perjanjian kontrak.

4. Tim media tidak menemui staf pegawai CV. Haskar Persada di lokasi pengerjaan, melainkan hanya mandor dan tukang.

5. Dugaan sementara dari warga, betonisasi diduga sudah mengalami Basi ( melebihi 3 jam perjalanan dari Batching plant ke area pekerjaan)

Domisili

Proyek dengan nomor SPMK  620/A.046.08.0239/ Ting -JLN.PPJJ.2/SPMK/DPUPR/09 Juni 2022. dengan masa pelaksanaan 150 hari kelender.

Dari domisili perusahaan yang diragukan kebenarannya warga berharap Asisten dua bidang ekonomi dan pembangunan bersama Kepala Dinas PUPR dan pembangunan turun ke lokasi pekerjaan, mengingat banyak kejanggalan yang diduga tidak dilakukan verifikasi dokumen pada penyertaan seleksi lelang.[] Red

 

Penanganan PMK: Polres Melawi Laksanakan Vaksinasi Di 4 Desa

METRO, KALBAR – Guna percepatan penanganan dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satgas PMK Kabupaten Melawi dan Satgas Ops Aman Nusa II Penanganan PMK Polres Melawi melakukan vaksinasi hewan ternak sapi milik warga di 4 desa yang berada di wilayah Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Selasa (2/8).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kompol Aang Permana, S.IP., SH., M.A.P., selaku Karendal Ops Aman Nusa II mengatakan vaksinasi dilaksanakan dalam upaya mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Melawi.

“Hari ini vaksinasi PMK dilaksanakan di 4 Desa yaitu di Desa Baru, Desa Sidomulyo, Desa Tanjung Sari dan Desa Tanjung Tengang,” ujar Kompol Aang.

BACA JUGA: Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Polsek Sayan Gelar Bakti Sosial Religi

IMG 20220803 163853
Foto: Kepala Desa Baru: Eet Roskayudi Aroy sampaikan apreasiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas Aman Nusa II dalam penanganan PMK

4 tim vaksinasi serentak melakukan penyuntikan dimulai pukul 09.00 WIB. terhadap sapi yang telah divaksin diberi tag penanda telah divaksin oleh Satgas PMK.

“Vaksin yang digunakan merk Aftovor dengan target sebanyak 200 hewan ternak milik warga” jelasnya.

Kompol Aang menambahkan, sebelum dilakukan penyuntikan PMK, tim satgas PMK, Bhabinkamtibmas dan pihak desa sudah mensosialisasikan serta mendata hewan ternak milik warga.

BACA JUGA: Polres Sintang Berhasil Ungkap Kasus Pembobolan 2 Minimarket

IMG 20220802 WA0015
Foto : Petugas penanganan PMK saat memberikan vaksin kepada seekor sapi

“Kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi apabila menemukan ada gejala klinis PMK seperti suhu badan tinggi, mulut dan lidah melepuh, berliur berlebihan, kurang nafsu makan, kaki-kaki melepuh serta susah berdiri agar segera melaporkan kepada pihak desa maupun Bhabinkamtibmas guna penanganan lebih lanjut oleh satgas PMK,” tuntas Kompol Aang.

Terpisah, Kepala Desa Baru Eet Roskayudi Aroy menyampaikan apresiasi terhadap langkah Polres Melawi dan Dinas Pertanian dalam mengatasi pencegahan penyebaran PMK di desa Baru.

“Saya mewakili masyarakat Desa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Melawi dan Dinas Pertanian dalam upaya pencegahan PMK khususnya di desa Baru” ucap Kades Eet sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Kapolres Ketapang Pimpin Langsung Apel Gabungan

IMG 20220802 WA0018
Foto: Pemberian vaksin kepada hewan ternak

Kades Eet juga mengimbau kepada warganya yang memiliki ternak sapi ataupun babi agar memperhatikan kebersihan kandang ternaknya.

“Dengan merebaknya PMK, saya imbau kepada warga yang memiliki ternak agar memperhatikan kebersihan kandang ternaknya. Jika menemukan gejala PMK pada hewan ternaknya agar menghubungi dinas terkait agar dapat segera ditangani” tutupnya.

 

 

Redaksi

Berani Tampil Beda