https://www.facebook.com/share/p/CLZwMVEFn2WXyn8r/?mibextid=xfxF2i
Beranda blog

Jelang Idul Fitri 1445 H Pemkab Samosir Gelar Rakor TPID

0
Jelang Idul Fitri 1445 H Pemkab Samosir Gelar Rakor TPID

Samosir | Metro Indonesia

Bupati Samosir diwakili Asisten II Hotraja Sitanggang memimpin rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID) di Aula Kantor Bupati Samosir, 26/03

Rakor TPID dilakukan dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1445 H untuk menjaga stabilitas dan keterjangkauan harga, menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan menjalin komunikasi yang efektif. Mengantisipasi kecenderungan peningkatan harga, ketergantungan pasokan bahan pangan dari luar Kabupaten Samosir dan memastikan keamanan bahan pokok yang akan dikonsumsi.

Hadir dalam rakor, Wakapolres Samosir T. Panggabean, Kepala Unit Data Statistik Kehumasan Bank Indonesia Wilayah Kerja Sibolga Yuda Rizkianto Agus, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, perwakilan Bank di Kab. Samosir dan TPID Kab. Samosir.

Pemkab samosir
Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah

Bupati Samosir melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang menjelaskan kunjungan wisatawan dalam libur Idul Fitri berpotensi meningkatkan inflasi, hunian hotel akan meningkat, melihat situasi itu maka kebutuhan juga meningkat sehingga perlu dipastikan ketersediaan pasokan bahan pangan agar tidak menimbulkan gejolak kenaikan harga.
“Perlu keseriusan pemerintah bersama TPID mengambil langkah antisipatif sejak awal, sehingga kebutuhan wisatawan dan masyarakat terpenuhi tentunya dengab harga yang stabil” kata Hotraja

Secara data produksi, ketersediaan pasokan beras di Kabupaten Samosir relatif aman namun terjadi kenaikan harga pada beberapa Bapokting. Hotraja meminta TPID aktif melakukan monitoring pasar dan memberikan pemahaman kepada pedangang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi. “Penanggulangan harga dan informasi harga selalu dilakukan secara berjenjang lintas sektor. Melalui hasil monitoring diharapkan informasi lengkap tersajikan dan terlaporkan” imbuhnya

Mengacu pada data Inflasi Kota Sibolga sebagai Kota Indeks harga konsumen (IHK) terdekat pada wilayah kerja BI perwakilan Sibolga, Inflasi di Kabupaten Samosir pada bulan Januari 2024 sebesar 2,43 % meningkat pada bulan Februari 2024 menjadi 3,06 %, hal ini disebabkan harga beras, tomat, rokok kretek, cabai merah dan bawang merah.

Untuk mengantisipasi kenaikan Bapokting Hotraja menyebutkan Pemkab Samosir bekerjasama dengan Bank Indonesia Wilayah Kerja Sibolga dan Bulog akan melaksanakan pasar murah pada tanggal 02 dan 03 April 2024 dengan bahan pokok yang dijual berupa beras, minyak goreng, cabai dan bawang merah. Berbagai langkah yang ditempuh Pemkab Samosir untuk pengendalian inflasi yaitu dengan perluasan lahan pertanian seperti tanaman cabai yang baru-baru ini dilakukan bersama tim PKK pada 9 Kecamatan. Hotraja menambahkan disamping menyambut Idul Fitri, inflasi harus ditekan demi kelangsungan ekonomi masyarakat, menghindari timbulnya banyak gejolak.

Kepala Unit Data Statistik Kehumasan Bank Indonesia Wilayah Kerja Sibolga Yuda Rizkianto Agus mengatakan, terjadi perbaikan angka inflasi dibanding masa Covid. Sepanjang tahun 2023-2024 secara nasional terjadi tekanan harga dibeberapa komoditas akibat adanya pergeseran musim panen salah satunya beras, namun inflasi diwilayah kerja BI perwakilan Sibolga sampai bulan Pebruari 2024 masih terjaga dan masih dibawah ambang batas. Ia menambahkan Perayaan idul Fitri pasti akan berpengaruh pada daerah wisata dengan lonjakan wisatawan, seperti halnya Kabupaten Samosir akan banyak pengunjung dari luar sehingga perlu mengantisipasi ketersediaan pasokan pangan.

Untuk pengendalian inflasi, secara nasional Kabupaten Samosir perlu memperhatikan beberapa komoditas seperti beras, cabe, telur, gula pasir , minyak goreng maka diharapkan TPID sebagai forum yang cukup dewasa dalam penanggulangan Inflasi bekerjasama dengan Kepala Daerah, satgas pangan, kepolisian tetap melakukan monitoring pasar dan melakukan langkah-langkah antipasif. Pengendalian inflasi tidak melulu menekan harga akan tetapi bisa juga dengan inovasi pengembangan pertanian/peternakan, menerapkan inovasi program terkini yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta adanya komoditas unggulan.
“Kabupaten Samosir sampai minggu ke-3 bulan maret masih dibawah rata-rata, pengembangan harga/ kebijakan harga cukup baik dan secara struktur kelembagaan TPID Kabupaten Samosir sudah baik” kata Yuda.

Kabag Perekonomian Setdakab. Samosir Tri Endis Manalu menyampaikan dalam pengendalian inflasi tahun 2024 telah dilakukan monitoring pada 7 pasar yaitu Pangururan, Simanindo, Ambarita, Mogang, Nainggolan, Sitinjak dan Limbong terkait ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga komoditas bahan pangan strategis selain itu menjalin komunikasi aktif dengan para pedagang agar tidak semena-mena menaikkan harga sehingga harga tetap normal dan stabil.

Sebagai langkah pengendalian inflasi, besok (27/03) Pemkab Samosir akan melakukan monitoring pasar di pasar Onanbaru, mengecek harga dan ketersediaan Bapokting.

Pertamina NRE Ajak Mahasiswa Universitas Pertamina Kuasai Kompetensi Green Skills

0
Pertamina NRE Ajak Mahasiswa Universitas Pertamina Kuasai Kompetensi Green Skills

metroindonesia.id Jakarta – Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melaluienergi hijau terus mengalami peningkatan, salah satunya dalam lapangan pekerjaan. Laporan International Energy Agency (2023) mendapati tahun 2022 jumlah pekerjaan pada sektor energi hijau mencapai 13,7 juta dan di proyeksi akan tumbuh menjadi 139 juta pada tahun 2030.

Meski peluang lapangan kerja sektor energi hijau terus bertumbuh, Worldskills UK mencatat hanya 42% pekerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan cukup terkait energi hijau. Itu sebabnya, Sub-holding Pertamina New Renewable Energy (NRE) bersama dengan Pertamina Geothermal Energy mensosialisasikan peluang kerja dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) ke Universitas Pertamina melalui gelaran kegiatan Pertamina Goes To Campus 2024.

IMG 20240417 WA0094

“Lahir dari upaya mendukung tujuan Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) serta memaksimalkan pengembangan potensi EBT di Indonesia, Pertamina New Renewable Energy akan terus membuka peluang pengembangan EBT Indonesia dimana nantinya akan membutuhkan banyak serapan tenaga kerja baru yang akan diisi oleh generasi muda saat ini,” ujar Irzan Noor Rizki selaku Direktur Sumber Daya Manusia dan Penunjang Bisnis, Pertamina NRE.

Dalam kesempatan ini , alumni Universitas Pertamina yang hadir juga berkesempatan mendaftar karir di Pertamina NRE. Melalui konsep ‘Energizing The Future Together’ Pertamina NRE juga menghadirkan rangkaian sesi career talk bersama Kitty Andhora yang merupakan Corporate Secretary PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

“Pengembangan energi terbarukan tidak hanya secara teknis, nyatanya pekerjaan green jobs juga harus memenuhi tuntutan Environment, Social and Government (ESG) atau biasa juga dikenal dengan keberlanjutan. Harus memperhatikan berbagai lini dalam pengembangan bisnis seperti kesesuaian dengan regulasi, sejalan dengan tujuan investor, ramah terhadap lingkungan hingga memiliki kebermanfaatan bagi sosial. Sebagai generasi emas di masa depan, diharapkan mahasiswa memiliki kapabilitas dan mindset yang berorientasi pada keberlanjutan. Untuk mendukung kebutuhan industri dalam sektor energi terbarukan tersebut,” jelas Kitty.

IMG 20240417 WA0093

Sementara itu Aditya Dewobroto sebagai Vice President Strategy and Portfolio Pertamina NRE, dan Dhita Wirapradja Founder DW Etiquette yang turut hadir, menyampaikan bahwa kunci utama dalam keberhasilan membangun karir bagi masa depan yaitu bagaimana kandidat mampu menunjukkan nilai dan kemampuan diri yang fit dengan kebutuhan perusahaan.

“Pengembangan energi akan melalui banyak tantangan, sehingga dibutuhkan kemampuan berpikir kritis, problem solving, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam mengelola sumber daya hingga secara sains kemampuan mengelola potensi energi bersih sangat dibutuhkan,” katanya Dewobroto.

Menurut Prof. Dr. Ir. Rudy Sayoga Gautama Benggolo, IPU., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UPER, menyambut acara tersebut sebagai sebuah media bagi mahasiswa dalam mengetahui secara mendalam prospek green jobs.

“Sinergi UPER dan Pertamina NRE memberikan dampak baik bagi masa depan energi hijau di Indonesia.

Dukungan pembelajaran dari institusi pendidikan dan industri akan melatih mahasiswa dalam pengembangan skill yang dibutuhkan bagi pekerja di sektor hijau. Di UPER tercermin melalui peminatan prodi seperti Renewable Energy dalam Prodi Teknik Mesin, Sustainable Energy Logistic dalam Prodi Teknik Logistik, dan lainnya. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan membangun jaringan profesional dengan perwira Pertamina untuk persiapan karir mereka,” pungkas Prof. Rudy. ( )

Usai Cuti Lebaran,Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

0
Usai Cuti Lebaran,Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

 

TAPANULI SELATAN – Metro Indonesia.id.

Usai cuti bersama Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M,Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu pimpin apel gabungan di lapangan Parade Pemerintahan Tapanuli Selatan,Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok,Selasa (16/4) pagi.

IMG 20240417 WA00052

Usai Cuti Lebaran.Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan.

Dalam sambutannya, Bupati Dolly Pasaribu mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan memohon maaf lahir dan batin serta mengapresiasi atas kehadiran peserta apel.Selain itu,memotivasi seluruh pegawai agar tetap disiplin dan selalu semangat bekerja untuk mendukung program kerja Pemerintah Tapanuli Selatan.

Ia juga mengimbau kepada seluruh perangkat daerah untuk dapat meningkatkan kinerja secara optimal mengingat sekarang sudah memasuki triwulan kedua tahun anggaran 2024.

Selain itu kita juga telah melalui bulan Ramadan dan memasuki bulan Syawal artinya peningkatan,setelah usai menjalankan ibadah puasa yang akan memberikan semangat baru untuk lebih baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan masyarakat,ujar Bupati Dolly saat memimpin apel gabungan.

Lebih lanjut Dolly menekankan agar kesiapan dalam bekerja dan mengabdi tidak boleh mengendur,serta tidak boleh ada kekosongan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setelah cuti bersama yang cukup panjang.

Kemudian Dolly mengajak kepada para ASN untuk meningkatkan etos kerja dan selalu berusaha bekerja semaksimal mungkin sesuai aturan yang ada,dengan semangat pengabdian untuk melayani masyarakat.

“Mari kita jaga etos kerja kita dengan baik,mengingat sebentar lagi kita akan melaksanakan beberapa agenda besar seperti menjadi tuan rumah MTQN tingkat provinsi dan juga penerimaan tunggul kecamatan terbaik untuk kedua kalinya yaitu Kecamatan Sipirok. Mari kita tunjukkan kepada masyarakat luar bahwa kita memang pantas menerimanya,”pungkasnya.

IMG 20240417 WA00022
Usai pelaksanaan apel gabungan dilanjutkan dengan bersalam-salaman bersama Bupati,Sekda,pimpinan OPD dan seluruh ASN Tapsel.

Tuntut Keadilan Pembebasan Edy Suranta Guru Singa Dari Jeratan Hukum ribuan aliansi masyarakat pancur batu demo didepan PN Lubuk pakam

0
Tuntut Keadilan Pembebasan Edy Suranta Guru Singa Dari Jeratan Hukum ribuan aliansi masyarakat pancur batu demo didepan PN Lubuk pakam

Melalui Kuasa Hukum Umar SH dan Thomas SH, menyatakan bahwa kasus persoalan yang membelit Edy Suranta Guru Singa alias Godol yang telah viral pemberitaan nya baik media Televisi, one line dan cetak, menyatakan bahwa hukum yang membelit klaennya tampak seperti terjadinya kriminalisasi

Pasalnya saat ditetapkan nya Edy Suranta Guru Singa alias Godol sebagai tersangka oleh pihak Kepolisian Polrestabes Medan beberapa bulan lalu, terkesan dipaksakan dari P21 selang satu jam langsung di P22 kan oleh pihak penyidik Polrestabes Medan,dan berkasnya Edy Suranta Guru Singa alias Godol pun dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Deliserdang

Menurut dari Keterangan dari Kasi Intel Kejari Deliserdang Boy Amali SH, menyatakan akan mempelajari tentang berkas Edy Suranta Guru Singa alias Godol

Masih di tempat yang sama saat di konfirmasi Kasipidum Kejari Deliserdang Bondan Subrata SH, menyatakan kalau terkait persoalan kasus hukum nya Edy Suranta Guru Singa alias Godol dengan ke kasi Intel saja ya bang , seru Bodan seraya berkelit saat di konfirmasi Media melalui Handphone Android pribadinya bernomor 08236255XXXX, Senin 16/04/2024

Ditempat terpisah Ribuan Aliansi Masyarakat Kecamatan Pancur Batu Deliserdang, berorasi di depan Kantor Pengadilan Negeri Lubuk Pakam, menutut keadilan Hukum supaya Edy Suranta Guru Singa alias Godol dibebaskan dari hukum yang menjeratnya, sebab Edy Suranta Guru Singa alias Godol tidak terbukti memiliki Senpi seperti yang disangkakan oleh pihak penyidik Polrestabes Medan, karena pemilik Senpi tersebut adalah oknum TNI inisial Kopral dua “M” yang saat ini telah ditangkap oleh Denpom 1/5 Medan, serta oknum TNI tersebut telah mengakui bahwa senpi tersebut adalah milik oknum TNI tersebut

Seterusnya Pengacara Edy Suranta Guru Singa alias Godol, merasa kecewa terhadap pihak Pengadilan Negeri Lubuk Pakam Deliserdang, yang terkesan memaksakan kedua sidang hari ini yaitu Sidang Prapid Edy Suranta Guru Singa alias Godol bersamaan dengan Sidang Umum nya Edy Suranta Guru Singa alias Godol terkait dengan kepemilikan Senpi

Kuasa Hukum Edy Suranta Guru Singa alias Godol berharap supaya pihak dari Komisi Yudisial turut serta mengawasi dan mengawal Kasus hukum yang membelit Edy Suranta Guru Singa alias Godol, kata Umar SH

Umar SH dan Rekan Thomas SH juga menjelaskan telah berupaya menyurati pihak dari Kejagung RI dan Kapolri, supaya persoalan hukum yang mengikat Edy Suranta Guru Singa alias Godol cepat tuntas dan masyarakat Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deliserdang tau persis siapa yang salah dan yang benar, sebab masyarakat yang berdemo di depan PN Lubuk Pakam ini spontanitas melakukan nya , karena masyarakat percaya akan supremasi hukum di Indonesia benar – benar dapat menjadi Panglima, ucap Umar SH dan Thomas SH, saat konfrensi Persnya di Depan Kantor PN Lubuk Pakam (G.P)

Di Duga Bunuh Diri Lelaki Muda Di Ke.Kayuombun Di Temukan Pacarnya Dalam Keadaan Tergantung.

0
Di Duga Bunuh Diri Lelaki Muda Di Ke.Kayuombun Di Temukan Pacarnya Dalam Keadaan Tergantung.

 

Padangsidimpuan – Metro Indonesia.id.

Seorang Warga di temukan telah meninggal dunia karena diduga sengaja melakukan bunuh diri dengan cara menggantung dirinya di Jln.Jenderal Sudirman. Link.II.Kel.Kayuombun.Kec.Padangsidimpuan Utara.kota Padangsidimpuan.Senin(15 Apr 2024).

Screenshot 20240415 2202402

Lelaki Muda Di Kel.Kayuombun di duga Bunuh Diri

Korban dengan nama Okto Farhan Ariandra(24 Thn).yang selama ini dikenal sebagai anak yang baik dan berbakti sekali kepada Ibu nya yang menderita penyakit Stroke,namun telah meninggal dunia sekitar setahun lalu,membuat warga setempat merasa heran dan merasa tidak percaya bila okto akan senekat dan setragis ini caranya dalam mengakhiri hidupnya.

Okto yang di temukan oleh pacarnya Ema Aulia,warga Desa Parsalakan.Huta Lambung,yang sengaja datang kerumah korban (Okto red),setelah sebelumnya janjian untuk menemui dan mengantar Alm,ketempat kerjanya sebagai karyawan toko bangunan di Jln.Sudirman.

Namun naas,sesampainya Ema di rumah Okto,Ema Aulia yang merasa heran karena Okto tidak menjawab panggilan setelah berkali kali di telepon dan mengetuk rumah korban,akhirnya mendatangi dan menanyakan ke pada Aris Siregar yang kebetulan bekerja sebagai tukang tambal ban persis di depan rumah korban.

Aris Siregar yang juga heran karena sedari pagi tidak melihat Okto,bersama Ema coba mengintip dari celah jendela rumah,dan akhirnya melihat Korban Okto Ariandra sudah tergantung pada kain sarung yang di ikatkan pada tiang plafon rumah.

Ema yang shock atas kejadian tersebut,bersama Aris Siregar segera memberitahu warga untuk bersama mendobrak rumah Okto.

Melihat Okto sudah tidak bernyawa lagi,warga langsung melaporkan ke jadian pada Kepling,Babinsa dan Babinkantibmas.

Tim Inafis Polres Kota Padangsidimpuan yang tiba di TKP,sekitar jam 08:10 Wib,langsung melakukan olah TKP dan selanjutnya membawa korban ke RSUD.Padangsidimpuan untuk di lakukan Visum.

Screenshot 20240415 222041

Iwan Batubara,salah seorang warga yang melihat dan mengetahui kejadian tersebut mengatakan penyesalan dan rasa kasihannya kepada Okto yang selama ini di kenal nya sebagai anak yang baik.”Mungkin karena beban dan merasa tidak kuat hidup sendiri setelah ibunya meninggal,sementara ayahnya tidak tahu kemana,telah membuat Okto nekat dan hilang akal”.

“Saya pribadi sangat menyesalkan dan kasihan dengan cara Okto dalam mengakhiri hidupnya itu, karena dia itu sebetulnya anak yang baik”.katanya.

Jelang Idul Fitri 1445.H.Pemko Santuni Kaum Duafa,Kadis Sosial Wakili Pj.Walikota Padangsidimpuan.

0
Jelang Idul Fitri 1445.H.Pemko Santuni Kaum Duafa,Kadis Sosial Wakili Pj.Walikota Padangsidimpuan.

 

Padangsidimpuan – Metro Indonesia.id.

Persis empat hari menjelang Idul Fitri 1 Syawal 1445 H,tepatnya Sabtu (6/4),Pemko Padangsidimpuan kembali menyantuni kaum dhuafa,yakni Keluarga Jeffri Sammi Marekar,yang tinggal di Desa Pudun Jae,Kecamatan Batunadua.

Screenshot 20240414 225311

Jelang Idul Fitri 1445.H.Pemko Santuni Kaum Duafa.

Pj.Walikota Padangsidimpuan,yang diwakili Kepala Dinas Sosial,Zufri Nasution,bersama tim dari Dinas Kesehatan dan Kepala Desa Pudun Jae Riski Siregar,menyambangi keluarga yang keadaan ekonominya cukup memprihatinkan itu.

“Kondisi keluarga itu cukup memprihatinkan.saat itu pak Sammi yang merupakan tulang punggung keluarga sakit,sehingga keadaan ekonomi mereka sangat sulit,sehingga dalam kunjungan itu kita memberikan bantuan sembako dan uang bantuan dengan harapan bisa meringankan kesulitan yang mereka alami,” tutur Zufri Nasution yang ketika itu didampingi Kepala Desa dan juga petugas medis.

Dalam kunjungan itu,kondisi kesehatan keluarga Sammi turut diperiksa untuk mengetahui kondisinya.

Screenshot 20240414 2253112

Petugas medis yang hadir saat itu,Kepala Puskesmas,Hj Elinda Tarigan,Kordinator PTM,Agustina Tambunan,Santri Siregar,Bidan Desa Pebrinawati Ritonga.

Menurut Zufri Nasution,Dinas Sosial juga akan mengurus perlindungan kesehatan kepada keluarga itu dan juga diupayakan agar termasuk keluarga yang memperoleh bantuan dari pemerintah.

Menanggapi kondisi keluarga itu, Pj.Walikota Padangsidimpuan,Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes,berpesan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,agar terus melakukan pendataan kepada masyarakat kurang mampu agar tidak luput dari perhatian pemerintah.

Screenshot 20240414 2253182

“Seluruh warga Padangsidimpuan adalah tanggung jawab kita.kita harus hadir ditengah-tengah mereka,jangan lagi ada warga yang meneteskan air mata karena himpitan ekonomi,mereka semua adalah warga kita dan juga saudara dan kita wajib memberikan perhatian kepada mereka,”tutur Pj.Walikota yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan itu.

Edi Suranta Gurusinga, Terduga DiKriminalisasi Brimob Dan Kasipidum Kejari Deliserdang, masyarakat Pancur batu meminta keadilan kepada presiden Jokowi saat berada di Medan

0
Edi Suranta Gurusinga, Terduga DiKriminalisasi Brimob Dan Kasipidum Kejari Deliserdang, masyarakat Pancur batu meminta keadilan kepada presiden Jokowi saat berada di Medan

Ratusan warga dari massa Masyarakat Pancurbatu Bersatu gelar unjuk rasa di depan Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara. pada Jumat (12/4/2024) pagi.

Dalam orasinya, masyarakat meminta Jokowi yang berada di hotel JW Marihot menginap tersebut agar memperhatikan keluhan mereka serta melepas tokoh masyarakat, Edi Suranta Gurusinga alias Godol dari tahanan Polrestabes Medan, yang dijadikan tersangka atas kepemilikan senpi.

“Kami datang ke sini untuk menuntut keadilan. Kami meminta Presiden Jokowi memerintahkan Bapak Panglima TNI, KASAD dan Pangdam I/BB menangkap Oknum TNI -AD bernama Kopral Mirwansah pemilik asli senpi yang diamankan Brimob saat penggerebekan lokasi Perjudian beberapa waktu lalu di Pancur Batu, Deliserdang. Juga kami meminta agar Edi Suranta Gurusinga dilepaskan dari tahanan, karena edi alias Godol tidak bersalah, dia hanya korban kriminalisasi Kasatreskrim Polrestabes Medan,” ujar Gurusinga, pimpinan aksi kepada wartawan.

Tambah Gurusinga, bahwa tokoh masyarakat yang diamankan Polrestabes Medan agar dilepaskan karena tak ada bukti yang bersangkutan pemilik senpi yang ditemukan di semak-semak.

Menurutnya, dari keterangan 9 saksi yang juga ikut diamankan Brimob bersama Edi Suranta Gurusinga, bahwa Godol tak memiliki senpi tersebut, tapi anehnya kasat Reskrim Polrestabes Medan menetapkan tersangka Godol terkait kepemilikan senjata api dengan pasal UU Darurat.

Para warga awalnya berada di depan pintu masuk hotel. Oleh Kepolisian menyuruh agar menggeser ke arah parkiran.

Warga sempat menolak karena mereka ingin ngotot menyampaikan aspirasi mereka langsung ke Jokowi.

Dalam orasinya, pengunjuk rasa juga meminta agar Kasat Reskrim Polrestabes Medan dicopot karena mengkriminalisasi Godol. Juga meminta Kasipidum Kejari Deli Serdang dicopot dinilai bekerja sama dengan Kasat Reskrim Polrestabes Medan.

Setelah hampir memanas, BJ, salah seorang warga dan dihormati meminta pengunjuk rasa agar pulang ke rumah masing-masing.

“Saya memaklumi perasaan kalian dan tolong mari kita pulang,” ujar BJ dengan menitikkan air mata.

Sempat tak mau pulang dan ngotot permintaan mereka dipenuhi, ratusan warga dengan menaiki puluhan angkot akhirnya pulang dengan damai dan aman.

Puluhan anggota Kepolisian mengawal aksi unjukrasa warga.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy John Marbun di lokasi kepada wartawan mengatakan, warga yang unjukrasa ini sebagai protes agar Godol dibebaskan dan tidak ada hubungannya dengan kedatangan Presiden Jokowi.

“Unjukrasa ini menuntut keadilan terkait Godol yang terlibat kasus kepemilikan senjata api. Tapi kasus ini sudah P21, dan mereka juga sudah melakukan pra peradilan. Untuk itu mari kita jalani proses hukum yang saat ini sedang berjalan,” ujar Kapolrestabes Medan.

Edi Suranta Gurusinga diamankan tim gabungan dari diduga lokasi judi di Dusun Pulau Sari, Desa Durin Jangak, Kec. Pancur Batu, pada Rabu (13/03/2024) sekira pukul 01:00 WIB.

Saat itu, polisi mengamankan senpi yang diduga milik Godol. Padahal dari keterangan saksi ke penyidik bahwa senpi itu bukan milik Godol.(G.P)

Perkuat Pengamanan Idul Fitri 1445 H.Lapas Kls II B.Padangsidimpuan Di Bantu TNI Polri.

0
Perkuat Pengamanan Idul Fitri 1445 H.Lapas Kls II B.Padangsidimpuan Di Bantu TNI Polri.

 

Padangsidimpuan – Metro Indonesia.id.

Sebagai upaya untuk menciptakan keadaan yang aman dan kondusif selama perayaan hari raya idul fitri 1445 Hijriah,Lapas kelas IIB.Padangsidimpuan mendapat bantuan pengamanan dari TNI & Polri Kota.Padangsidimpuan.

Screenshot 20240412 210758

Perkuat Pengamanan Idul Fitri Lapas Kls IIB Padangsidimpuan di bantu TNI.Polri.

Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan hari raya Idul Fitri yang dimulai dengan pelaksanaan Sholat Ied,penyerahan Remisi Lebaran dan Layanan Kunjungan dapat terus dijaga dengan aman dan baik.

Kalapas Kelas IIB.Padangsidimpuan Japaham Sinaga.SH. di dampingi Kepala Kesatuan Pengamanan,Joy Barasa,dan Kasi.Adm.Kamtib Ambri,mengatakan bahwa bantuan pengamanan dari TNI & POLRI ini merupakan implementasi dari koordinasi yang baik yang telah berjalan selama ini.

Screenshot 20240412 210810

“Bantuan pengamanan ini kita butuhkan sebagai tambahan kekuatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban didalam Lapas selama perayaan Idul Fitri ini dan juga merupakan bentuk koordinasi yang baik antar instansi dilingkungan pemerintahan di Kota Padangsidimpuan”,ungkap beliau.

Pj.Walikota.DR.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.Menghadiri Kegiatan Khatam Al-Qur’an.

0
Pj.Walikota.DR.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.Menghadiri Kegiatan Khatam Al-Qur’an.

 

Padangsidimpuan – Metro Indonesia.id.

Kegiatan khatam Al-Qur’an yang bertepatan dengan 25 Ramadhan 1445 H.diadakan di Masjid Shirotol Mustaqim Kelurahan Batunadua Jae,Kec.Padangsidimpuan Batunadua.Jumat (5/4).

Screenshot 20240412 205010

Pj.Walikota Padangsidimpuan.Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.menghadiri kegiatan khatam Al Quran.

Idul Fitri 1445.H.Dr.H. Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes. Open House

0
Idul Fitri 1445.H.Dr.H. Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes. Open House

 

Padangsidimpuan – Metro Indonesia.id – Pj.Walikota Padangsidimpuan,Dr.H.Letnan Dalimunthe,SKM.M.Kes.menggelar Open House  atau menerima tamu di Rumah Dinas Walikota Padangsidimpuan,Jl.Jend.Sudirman No. 3 Kecamatan Padangsidimpuan Utara,Rabu.(10/4).

Open House

Idul Fitri 1445.H.Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes.selenggarakan Open House di Rumah Dinas Walikota Padangsidimpuan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Halal bi halal perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijiriah,tahun 2024 yang dilaksanakan setiap tahun saat Lebaran.

Selain Forkopimda dan Ketua MUI,sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Padangsidimpuan hadir dalam kegiatan open house tersebut,seperti asisten dan staff ahli,Kepala OPD,Camat,pimpinan organisasi yang ada di Padangsidimpuan,dan juga masyarakat yang sengaja hadir.

“Momen Idul Fitri Ini merupakan wadah silaturahim untuk lebih mempererat ikatan persaudaraan dan juga untuk saling memaafkan,”ucap Pj.Walikota Letnan.

Para tamu yang datang disuguhi berbagai makanan khas Kota Padangsidimpuan,diantaranya Lontong dan berbagai macam kue lebaran.

Open House

Usai menerima tamu,Pj.Walikota Letnan didampingi istri,Ny.Masroini Letnan Dalimunthe,selaku Ketua TP.PKK.Kota Padangsidimpuan,juga melaksanakan kunjungan ke kediaman Kapolres Padangsidimpuan,AKBP.Dudung Setyawan SH.SIK.MH.di jl.Letjen.Suprapto.Kel.Bincar.Kec.Padangsidimpuan Utara.

Pj.Wali Kota Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror.

0
Pj.Wali Kota Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror.
Padangsidimpuan I metroindonesia.id – Pj.Walikota Padangsidimpuan,Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes,turut menghadiri pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445.H.di Masjid Agung Al-Abror Kota Padangsidimpuan.Rabu (10/04).

 Idul Fitri

Pj.Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri 1445 H di Mesjid Agung Al-Abror. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Forkompimda Kota Padangsidimpuan,Ketua MUI,Plt.Sekretaris Daerah,pimpinan OPD,serta undangan lainnya.

Pj.Walikota Padangsidimpuan,Dr.H.Letnan Dalimunthe.SKM.M.Kes,dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H.kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Beliau mengungkapkan harapannya agar momentum lebaran tahun ini dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk mempererat tali persaudaraan,saling memaafkan,sehingga kita dapat hidup berdampingan dengan damai dan harmonis.

Dalam sambutannya,Pj.Walikota juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang mungkin terjadi,baik yang disengaja maupun tidak disengaja,atas nama pribadi maupun Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

 Idul Fitri

Diharapkan semangat kebersamaan dan perdamaian yang terpancar dari acara ini dapat terus menguatkan persatuan dan kesatuan di Kota Padangsidimpuan,serta memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan harmonis di masa yang akan datang.