https://www.facebook.com/share/p/CLZwMVEFn2WXyn8r/?mibextid=xfxF2i
Beranda blog

UPER Wisuda 388 Sarjana Muda Potensi Jadi Pemimpin

0
UPER Wisuda 388 Sarjana Muda Potensi Jadi Pemimpin

metroindonesia.id, (JAKARTA),- Universitas Pertamina ( UPER ) Jakarta menggelar acara wisuda sarjana muda angkatan ke – 10 tahun 2023 – 2024, berlangsung di Sasana Kriya TMII (Taman Mini Indonesia Ibdah), Jakarta Timur, Sabtu, (25/5/24.)IMG 20240526 WA0308Dikatakan Rektor Universitas Pertamina, Prof Dr.Wawan Gunawan A Kadir MS menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anaknya untuk dididik di Universitas Pertamina, sehingga lulus dalam jenjang akademisi yang dipilihnya dengan mengutamakan mutu pendidikan dengan standarisasi nasional dan siap bersaing di era globalisasi teknologi digital sehingga menjadikan SDM yang berkualitas.

IMG 20240525 115738

338 Wisuda berasal dari 15 Program Studi dengan 6 Fakultas diantaranya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Teknologi Industri, Sains dan ilmu komputer, Perencanaan Infrastruktur, Komunikasi dan Diplomasi, Teknologi Eksplorasi dan Produksi,” kata Rektor Universitas Pertamina Prof.DR.Ir Wawan Gunawan A.Kadir saat konfensi.Pers dengan awak media.

IMG 20240525 094653

” Yang menarik lagi, tadi Direktur Keuangan, Ibu Emma Rahmawati apresiasi terhadap lulusan tahun ini 55 persen itu ternyata mereka itu wanita dan 26 persen nya cumlaude “, terangnya

Menurutnya, Indeks Prestasi yang di capai di atas 3,5 keatas, jaman saya waktu waktu itu meraih IP 3,1, imbuhnya.

” Kemungkinan 10 tahun kedepan akan banyak wanita yang jadi pemimpin “.

Mereka mendapat peluang berkarier di perusahaan besar di Indonesia, seperti Chevron, Petronas, Caltex, Adaro Energy, Arko, Sky Energy, Indika Energy, Semacon khusus di Pertamina, lanjut dia.

Yang pasti lulusan Universitas Pertamina, mereka berpeluang bekerja ke Perusahaan Pertamina, baik formal yang disebut Program Merah Putih yakni, 45 orang dengan 15 Program studi, masing-masing ada 3 orang terpilih yang terbaik langsung diterima, secara institusional Universitas Pertamina harus menyiapkan sarjana muda yang mempuni, jelasnya.

” Hingga saat ini, sekitar 200- an orang lulusan Universitas Pertamina bekerja di Pertamina “.

Tampak di acara wisuda, para mahasiswa UPER sangat bergembira atas keberhasilannya, lulus dengan IP yang memuaskan, dan para orang tua tampak memberikan ucapan memberikan karangan bunga bentuk rasa bahagia- anaknya telah lulus menjadi sarjana muda.()

RSUD Padangsidimpuan Tingkatkan Pelayanan Hemodialisis Untuk Pasien Yang Mengalami Penyakit GGK( Gagal Ginjal Kronik)

0
RSUD Padangsidimpuan Tingkatkan Pelayanan Hemodialisis Untuk Pasien Yang Mengalami Penyakit GGK( Gagal Ginjal Kronik)

 

Padangsidimpuan-Metroindonesia.id.-RSUD Padangsidimpuan terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap pasien yang datang untuk berobat dan Cek Up kesehatan agar masyarakat Padangsidimpuan pada khususnya tak perlu lagi repot repot untuk berobat ke daerah lain.Minggu (26 Mei 2024).

Hal itu dikatakan drg.Susanti Lubis.MKM.bahwa RSUD Padangsidimpuan dalam usahanya untuk lebih memaksimalkan perawatan dan pengobatan pasien yang mau membersihkan darah di RSUD sekarang ini,dengan dukungan Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Dr.H.Letnan Dalimunthe SKM.MM,telah tersedia 14 unit tempat tidur dan sarana mesin HD,selain itu juga di rencanakan untuk menambah 5 unit mesin dimana 2 unit mesin akan di gunakan untuk pasien Infeksius.

Screenshot 20240526 2133582 1

unit Dialisis RSUD akan memberikan pelayanan dan pengobatan terbaik untuk pasien,dan itu bisa dibuktikan dengan telah dibukanya jam pelayanan untuk pengobatan pasien setiap hari yang dibagi dua shif,yaitu pagi jam 06.00 sd 12.00 dan siang jam 12.00 sd 18.00.dan bila pasien meningkat akan bisa ditingkatkan menjadi tiga shif.

Adapun Unit Dialisis RSUD Padangsidimpuan terdiri dari Dr.Nina Karmila.Sp.Pd.sebagai penanggung jawab dengan Dr.Rini Yuningsih dan 11Orang Perawat yang sudah ber Sertifikat.katanya.

Lebih lanjut,drg.Susanti Lubis.MKM.menerangkan apa itu GGK ( Gagal Ginjal Kronik dan pengobatan dengan Homodialisis.”Homodialisisis itu berasal dari kata”hemo”artinya darah dan “dialisis”artinya pemisahan zat zat terlarut.Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat zat sampah melalui proses penyaringan di luar tubuh,Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis”.katanya

Screenshot 20240526 213358 2

“Hemodialisia adalah perawatan untuk menyaring limbah dan air dari darah.Hemodialisis membantu mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan mineral penting, seperti kalium, natrium, dan kalsium, dalam darah. Hemodialisis dapat membantu mengembalikan kualitas hidup, tetapi terapi ini bukan obat untuk menyembuhkan gagal ginjal”.

“Kenapa Melakukan Hemodialisa?,Hemodialisa atau hemodialisis merupakan terapi cuci darah di luar tubuh.Terapi ini umumnya dilakukan oleh pengidap masalah ginjal yang ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal”.

Lebih lanjut drg.Susanti Lubis menerangkan.”Pada dasarnya,tubuh manusia mampu membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum di alirkan ke seluruh tubuh bila ginjal kita sehat,tapi bila terjadi masalah pada ginjal,maka ginjal akan kehilangan fungsinya,sementara ginjal merupakan organ yang punya peranan vital dalam tubuh”.

“Organ ini bertanggung jawab untuk penyaringan darah,selain membersihkan darah dalam tubuh, ginjal juga membentuk zat-zat yang menjaga tubuh agar tetap sehat.namun, pada pengidap penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, organ ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik”.

Screenshot 20240525 220449 3

“Kondisi tersebutlah yang membuat tubuh membutuhkan proses cuci darah menggunakan bantuan alat medis,dengan kata lain, dalam kondisi ini, perawatan ini menggantikan peran ginjal ketika organ tersebut sudah tidak mampu bekerja secara efektif,dan untuk pengobatan penyakit ini,RSUD Padangsidimpuan telah bisa dan mampu dalam melakukan pengobatan dengan alat alat canggih yang kini telah tersedia,katanya.

Berkat Bupati Tapsel, Bocah Korban Pohon Tumbang di Sipirok Kini Dirawat di Medan

0
Berkat Bupati Tapsel, Bocah Korban Pohon Tumbang di Sipirok Kini Dirawat di Medan

 

Tapanuli Selatan-Metroindonesia.id.-Muhammad Rajab Harahap berusia 8 tahun, korban tertimpa pohon pinus tumbang asal Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan kini sudah ditangani untuk proses perawatan di salah satu Rumah Sakit di Kota Medan.

IMG 20240525 WA0051
Direktur RSUD Tapsel, drg Firdaus Batubara, Sabtu (25/5), mengatakan bocah Rajab dibawa untuk dirawat secara intensif ke Medan setelah melalui berbagai proses yang dibantu langsung Bupati Tapsel Dolly Pasaribu.

“Semula status Rajab pasien umum. Tentu biaya perawatan juga mahal. Namun, berkat bantuan atau atensi Pak Bupati, Rajab tInggal menunggu waktu untuk dirawat seiring proses Rajab sebagai pasien BPJS Kesehatan,” kata Firdaus.

Muharram Siregar (35) paman dari Rajab juga tidak menampik apa yang dikatakan Direktur RSUD Tapsel Firdaus. Bahkan dia (Muharram) lanjut, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dolly Pasaribu.

“Kami pihak keluarga sebelumnya tak bisa membayangkan biaya perobatan dan perawatan. Namun, tak menyangka berkat Pak Bupati anak kami Rajab sudah terproses sebagai pasien BPJS Kesehatan di salah satu rumah sakit di Medan,” ujar Muharram.

IMG 20240525 WA0049
Terpisah Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mendoakan agar bocah Rajab, yang menderita setelah kejadian sebuah pohon pinus menimpa sebuah rumah didiami para korban pada Selasa (21/5/2024) lalu semoga lekas sembuh setelah mendapatkan perawatan.

Sama halnya harapan pihak keluarga, demikian juga Bupati Dolly yang tidak lupa mendoakan bocah Rajab lekas sembuh dari sakit yang dialami Rajab dan keluarganya.

“Mudah-mudahan Rajab dan orangtuanya lekas sembuh dari luka sakitnya. Selain rasa empati terhadap warga masyarakat. Ini merupakan duka masyarakat Tapsel secara umum,” tutur Bupati.

Sebelumnya, sebuah pohon pinus di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, Tapsel, tumbang dan menimpa sebuah rumah diakibatkan angin kencang, Selasa (21/5). Tiga orang menjadi korban dari balik peristiwa yang terjadi pada malam hari itu.

Di antaranya Erni Sahwani Siregar (26) korban meninggal, suaminya Akhir Harahap (30) mengalami patah tulang kini dirawat di RSUD Sipirok, sedang Muhammad Rajab (8) anak sulung mereka (kritis), dan dibawa ke Kota Medan untuk mendapatkan perawatan intensif di salah satu rumah sakit.

Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Kegiatan Peragaan Manasik Jaji Cilik.

0
Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Kegiatan Peragaan Manasik Jaji Cilik.

 

 

Padangsidimpuan-Metroindonesia.id.-Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunte, SKM, M. Kes hadiri kegiatan Peragaan Manasik Haji Cilik yang dilaksanakan di Stadion HM. Nurdin Kota Padangsidimpuan pada hari Sabtu (25/05/2024).

Screenshot 20240525 204214

Peragaan manasik haji cilik ini diikuti oleh seluruh Taman Kanak-Kanak (TK) di seluruh Kota Padangsidimpuan.

Dari laporan Hani Lestari Batubara, S. Pd selaku Kepala TK. IT Al Kautsar mengatakan jumlah peserta manasik haji cilik ini diikuti sebanyak 900 orang siswa yang didampingi oleh 900 orang tua siswa.

Dari laporannya juga diketahui bahwa peragaan manasik haji cilik ini merupakan bagian dari kurikulum profil Pancasila dalam hal menguatkan dimensi keagamaan. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak-anak bagaimana prosesi menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Kita disini mengajarkan anak-anak supaya memahami makna rukun Islam ke-5 dengan ditempa menjadi sabar dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari. ” Ucapnya

Screenshot 20240525 2042142

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunte, SKM, M. Kes sangat menyambut baik acara manasik haji ini karena merupakan salah satu cara mendidik dalam pengembangan karakter anak-anak.

“Manasik haji ini merupakan kegiatan yang mendidik anak-anak kita dari sisi agama untuk perkembangan karakter yang baik yang diharapkan dapat menumbuhkan perilaku jujur.” Tutupnya.

Abuya KH. Asep Cisantri ; Pengukuhan & Deklarasi IPASI Setelah Jamaah Haji Pulang

0
Abuya KH. Asep Cisantri ; Pengukuhan & Deklarasi IPASI Setelah Jamaah Haji Pulang

metroindonesia.id|  (Pandeglang, Banten),Abuya KH. Asep Nafis Imbron Bustomi Cisantri yang didampingi KH. Ochev Assonhaji BA, sudah menetapkan pengukuhan sekaligus deklarasi Ikatan Persaudaraan Alumni Santri Indonesia (IPASI) setelah pulang jamaah haji, karena menurutnya banyak alumni santri yang sedang menjalankan ibadah rukun Islam yang ke 5 di tanah suci mekah, Kamis (23/5/2024) pukul 16.00 WIB.

Penetapan tersebut di saksikan para pengurus pusat maupun wilayah dan daerah juga cabang, baik dari DKI Jakarta, Povinsi, Kabupaten dan Kecamatan, mereka semua sepakat bahwa pengukuhan sekaligus deklarasi yang akan di laksanakan sehabis pulang jamaah haji di wilayah aikon julukan kota sejuta santri seribu ulama Pandeglang Banten.

IMG 20240524 WA0243 1

Semua yang hadir setelah mendengar perkataan penetapan waktu pengukuhan dari Abuya KH. Asep Nafis Imbron Bustomi Cisantri, terlihat wajah para alumni santri yang hadir semangat dan gembira, karena mereka sebagai alumni santri sudah sah mempunyai wadah ikatan batin persaudaraan antar sesama alumni santri di seluruh Indonesia.

Setelah Abuya KH. Asep Nafis Imbron Bustomi Cisantri menetapkan waktu pengukuhan,” KH. Ochev Assonhaji BA dirinya mengatakan,” terima kasih kepada Abah Abuya cisantri yang sudah menetapkan waktunya untuk pengukuhan dan sekaligus deklarasi, sehingga sudah terdengar semua oleh para alumni santri yang hadir, baik dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan, ini patut kita syukuri bersama, karena telah hadirnya sebuah wadah perkumpulan alumni santri seluruh Indonesia, IPASI ini bukan semata – mata untuk Banten dan Jawa Barat saja, melainkan untuk seluruh alumni santri yang berada di Indonesia dan yang berada di luar negeri.

Lanjut ia,” Alumni santri itu berbagai macam propesi,’ Bukan hanya kiyai dan ustadz saja, melainkan adayang dari TNI, Polri, Instansi pemerintahan pengusaha, petani, jawara, mohon maaf,” sekalipun garong, kenyataan ini tidak bisa kita pungkiri, namun setelah adanya IPASI mari kita bersatu di sini, dari warna ormas manasaja dan seragam apa saja, IPASI akan menjadi sebuah wadah dari seluruh alumni santri, walau dia sudah berada di lembaga lain tidak masalah gabung di IPASI asal saratnya pernah mesantren, harus kita jaga martabat alumni santri jangan sampai nama IPASI tercoreng rusak di muka umumoleh pihak oknum” ujar KH Ochev.

Untuk persyaratan punya legalitas Kartu Tanda Anggota (KTA IPASI persyaratannya mudah tapi tidak mudah, karena harus mengisi formulir menuliskan nama pesantren yang pernah peserta menimba ilmu, lalu tulis alamat tempat tinggal pribadi, bawa siapkan Poto copy KTP 1 lembar juga Poto 2 lembar ukuran 2×4, ini mudah namun tidak mudah karena yang belum pernah mondok (pesantren) mohon maaf karena itulah modal utama keanggotaan menjadi IPASI, sebab namanya juga organisasi alumni santri, sehingga harus pernah mondok duli di pesantren walau hanya minimal 1-2 hari,” jelasnya.

Di tempat yang sama alumni santri menambahkan,” saya merasa bangga hadirnya IPASI, karena selama ini tidak ada wadah alumni santri, padahal alumni santri sangat banyak dan profesinyapun berpariasi, apayang tadi disampaikan KH. Ochev, semoga dengan lahirnya IPASI ini semua alumni santri menyambut baik, kita tunjukkan bahwa alumni santri ada dimana – mana dan di semua bidang ada, sehingga IPASI menerima dari semua kalangan organisasi apa saja.

Masih hal yang sama, kita harus bangga menjadi alumni santri,” karena menurut saya mendapatkan gelar alumni santri itu tidak mudah dan tidak ada Surat Keputusannya (SK), itu murni lahir dari pakata yang sudah di jalankan selma mondok (mesantren), yang selama menimba ilmu itu tidak mudah, maka dari itu kita harus merasa bahagia tergolong manusia sebagai alumni santri, IPASI lahir sebagai wadah alumni santri yang di gagas Abuya KH. Asep Nafis Imbron Bustomi Cisantri dan KH. Ochev Assonhaji BA.

Menurut saya,” kita harus merasa bangga menjadi alumni santri, karena adayang berbeda alumni santri dengan alumni sekolah, contoh nyata kalau di pondok (pesantren) makanya bareng sesama Anatar santri, kalau kita di sekolah makanya masing – masing, menurut saya ada perbedaan teman antara sekolah dan saat teman mesantren, itulah keajaiban di pondok pesantren, ini sangat luar biasa, makanya hadirnya IPASI ini, itu datangnya tidak adayang tau namun itu rahasia Allah.” Pungkasnya. (Ind)

Vina Ke 2 Ada di Payakumbuh

0
Vina Ke 2 Ada di Payakumbuh

Oleh : A.  Rachman

Jakarta, film Vina sebelum 7 hari tengah menjadi informasi viral di kalangan masyarakat Indonesia, kapan  Vina Ke 2 dilirik produsen  film seperti kasus pembunuhan tragis yang terjadi pada tahun 2016 lalu itu diangkat menjadi film dengan judul ‘Vina: Sebelum 7 Hari’.

Film yang sutradarai oleh Anggy Umbara,  tersebut berhasil memperoleh lebih dari 4,5 juta penonton dalam tempo 12 hari penayangan. Kesuksesan film ini juga membuat Polda Jabar berinisiatif untuk mengusut kembali 3 pelaku pembunuhan yang masih berstatus buron.

Namun ada hal berbeda pada kasus pembunuhan yang menimpa Vina Ke 2 asal  Kota Payakubuh, dimana sampai saat ini belum ada pihak terkait yang bersimpati untuk mengungkap kronologi kejadian yang sebenarnya, atau  menunggu produser film mengangkat kasus ini.

Vina Ke 2  anak pertama dari 3 bersaudara yang telah memiliki seorang kekasih bernama si Boy (samaran) yang berprofesi sebagai pelaku penipuan melalui hubungan telp yang berpura pura sebagai aparat yang menangani dalam kasus kecelakaan.

Selain sebagai pelaku penipuan, si boy juga berprofesi sebagai kurir narkoba, hubungan Tiara dan si boy berjalan baik sampai suatu saat ada wanita lain masuk dalam hubugan mereka.

Sementara akibat dari hubungan asmara Vina Ke 2 dengan  si boy, membuat Vina Ke 2 berbadan 2, Vina Ke 2 menuntut si boy memilih aku atau dia.

Mengingat Vina Ke 2 dari kalangan bawah, dimana usaha ayahnya adalah pengumpul barang bekas, Si boy lebih memilih wanita ke 3 di antara hubungan mereka.

Keputusan si boy mencampakan Vina Ke 2, Vina Ke 2 tidak tinggal diam, dengan mengeluarkan ancaman akan membongkar semua kejahatan yang dilakukannya.

Ancaman Vina Ke 2, disampaikan kepada rekan rekan junaedi (nama samaran) dan Udin (nama samaran) yang jika kejahatan mereka terbongkar, semua akan terkena imbasnya.

Dengan perencanaan yang matang, si boy pada malam pukul 21.00 wib menjemput Vina Ke 2 untuk membicarakan masalah hubungan mereka dengan membawa Vina Ke 2 kesuatu tempat berupa losmen, dan disana telah menunggu Junaedi, Udin dan wanita ke 3.

Setelah sampai si boy bersama rekan rekannya memaksa Vina Ke 2 mengkomsumsi narkoba, kemudian menelanjangi hingga bugil, dan menyiksa beramai ramai.

Dalam keadaan sekarat, Vina Ke 2 dibawa dengan menggunakan motor matic dalam keadaan telanjang ketempat yang sepi, dan di jatuhkan dari motor.

Kejadian tidak berlangsung lama, datanglah tukang becak yang melihat wanita tanpa busana tergeletak dijalan bersama seorang laki laki dan 1 unit sepeda motor,

Dalam pengakuan si boy Vina Ke 2 terjatuh dari motor dalam kecepatan 40 km/jam, yang kemudian di bawa ke RSUD terdekat.

Sebelum sampai RSUD nyawa Vina Ke 2 sudah tidak ada, hanya air liur berbusa yang keluar terus menerus, tindakan medis tanpa meminta perserujuan kelurga korban hanya untuk mengelabui keluarga korban,

Bahkan pihak keluarga tidak mengetahui siapa yang membayar dan mengurus administrasi di RSUD, yang mereka tau subuh mayat sudah berada di rumah dengan 13 lebih luka pada sekujur tubuh.

Mengetahui begitu banyak luka pada tubuh  Vina Ke 2, pihak keluarga segera melaporkan peristiwa tersebut ke pihak berwajib, namun selalu di tolak dengan alasan murni korban kecelakaan tunggal.

Proses hukumpun berjalan, keluarga korban tanpa dilibatkan, pihak kepolisian hanya menetapkan 1 tersangka Si Boy, dan telah di vonis bebas oleh hakim PN.

Ibu korban tidak dapat menerima kematian anaknya yang tragis di bunuh oleh pelaku, keyakinan anaknya semakin kuat dibunuh secara berencana setelah tiba di Jakarta untuk mencari keadilan.

Baju dan Rok yg dipakai Vina Ke 2 pada menjelang ajal dalam keadaan utuh tidak seperti orang yang mengalami kecelakaan, ditambah adanya riwayat linimasa korban bersama oelaku yang ada di handphone.

Namun sampai saat ini usaha ibu kandung korban belum membuahkan hasil, walaupun sudah menawarkan jual ginjal buat biaya mencari keadilan.***

KOMNAS HAM apa kabar mu.

Pj Gubsu Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik

0
Pj Gubsu Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik
Tapanuli Selatan | metroindonesia.id – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin saat menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Sumut kepada Camat Sipirok Sahruddin Perwira dan ini menjadi penyerahan tunggul kecamatan terbaik tingkat provinsi kedua kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tunggul
Upacara penyerahan tunggul kecamatan terbaik kategori kabupaten tingkat Provinsi Sumut tahun 2023, diserahkan Pj Gubernur Sumut kepada enam kecamatan terbaik di Lapangan Parade Komplek Perkantoran Pemerintahan Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (22/5).

“Kami sampaikan rasa syukur yang tak terhingga, karena untuk kedua kalinya Kabupaten Tapsel dapat mempertahankan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut untuk kategori Kabupaten, yang sebelumnya di tahun 2022 Kecamatan Batang Toru terpilih sebagai kecamatan terbaik pertama, dan tahun 2023 ini dipertahankan oleh Kecamatan Sipirok,” kata Bupati Dolly.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja sama semua pihak, dan ia berharap keberhasilan ini menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tapsel, baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan bidang kemasyarakatan, demi terwujudnya Tapanuli Selatan yang maju, sehat, cerdas dan sejahtera.

“Keberhasilan ini juga berkat kerja keras kami bersama rakyat, dan tanpa mengenal lelah. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Tapsel, ke depan saya berharap kecamatan di Tapsel bisa menjadi yang terbaik di Sumut,” ucapnya.

Lanjutnya, semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta ekonomi guna keberlanjutan kabupaten yang kita cintai bersama ini, harap Bupati Dolly.

Tunggul
Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan, tunggul kecamatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah memberikan motivasi sekaligus penilaian kinerja kepada pemerintahan tingkat kecamatan. Tentu harapannya untuk meningkatkan kinerja kita semua,” kata Pj Gubsu.

Dijelaskannya, penilaian yang diberikan tentunya dapat menyentuh segala aspek penilaian, salah satunya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sampaikan kepada para panitia indikator penilaian yang nyata, pengembangan ide-ide/inovasi dan kreasi untuk kemajuan daerah,” jelasnya.

Untuk itu, Pj Gubsu mengucapkan selamat atas enam kecamatan yang menerima Tunggul Kecamatan terbaik tahun 2023. “Kita tidak perlu menjadi yang terbaik, yang perlu kita kejar adalah berbuat yang terbaik. Kalau kita mau mencapai yang terbaik, kita bisa melakukan berbagai cara, tetapi kalau kita bekerja baik, pastinya memberikan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Tapsel mendampingi Pj Gubernur Sumut saat menyerahkan piagam penghargaan, tropi dan bantuan uang pembinaan kepada kecamatan terbaik.

Adapun yang menjadi Juara I Camat Sipirok Kabupaten Tapsel Sahruddin Perwira, Juara II Camat Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Syahdin Setia Budi Pane, Juara III Camat Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan Ahmad Syaiful Parlagutan Pasaribu.

Lalu Juara Harapan I Camat Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara Efendi, Juara Harapan II Camat Bahorok Kabupaten Langkat Robby Deritawan Sitepu dan Juara Harapan III Camat Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada Danramil 03 Sipirok Kapten Inf Pahlawan Nasution dan Kapolsek Sipirok Iptu PM Siboro.

Turut hadir Pj Bupati Paluta, Pj Bupati Tapteng, Pj Walikota Padangsidimpuan, Forkopimda Tapsel, Sekda Tapsel, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD Tapsel, Camat, lurah dan kepala desa se-Tapsel, dan tokoh masyarakat Tapsel.

Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMAN 11 Medan panitia buka posko bantu masyarakat yang sulit mendaftar.

0
Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMAN 11 Medan panitia buka posko bantu masyarakat yang sulit mendaftar.
module: a; hw-remosaic: 0; touch: (0.56527776, 0.56527776); modeInfo: ; sceneMode: Auto; cct_value: 0; AI_Scene: (-1, -1); aec_lux: 87.0; hist255: 0.0; hist252~255: 0.0; hist0~25: 0.0;

Medan metroindonesia.id

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Medan yang beralamat di jalan Pertiwi no 93 kelurahan Bantan kecamatan Medan Tembung,

Saat wartawan konfirmasi kepada kepala yang bernama Widya Ningsih tentang tahap untuk pendaftaran penerimaan peserta Didik baru (PPDB) mengatakan bahwa PPDB untuk tahun dilaksanakan dalam 2 tahap

untuk wilayah 1-6 tahap I dilaksanakan pada tanggal 21-26 Mei 2024 selanjutnya validasi PPDB Tahap I 15-28 Mei 2024, 29 Mei 2024 pengumuman, 29-31 Mei 2024 masa sanggah dan 1-3 Juni 2024 pendaftaran ulang untuk Tahap I

tahap II dilaksanakan pada tanggal 9-14 Juni selanjutnya 3-16 Juni validasi PPDB Tahap II,17 Juni penggumuman PPDB lalu dilanjutkan masa sanggah dan pendaftaran ulang 20-26 Juni 2024

masyarakat juga dapat mendaftar melalui laman resmi informasi www.disdik.ppdb.sumut prov.go.id.tahun pelajaran 2024/2025.

Berikut merupakan jalur pada PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025:

1. Jalur Prestasi :(25%) Memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik

2. Jalur Afirmasi : (20%)Memberikan kesempatan yang lebih besar bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan yang bermutu

3. Jalur Zonasi :(50%) Memberikan kesempatan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan prinsip mendekatkan peserta didik dengan sekolah serta memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan daya tampung sekolah

4. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/atau Jalur Anak Guru/Tenaga Kependidikan: (5%) Memberikan prioritas kesempatan untuk anak dari keluarga yang orang tuanya pindah tugas, selanjutnya bagi anak guru/tenaga kependidikan yang ingin bersekolah di tempat orang tuanya bertugas.

lanjut kepala sekolah Bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengikuti dan mengisi syarat untuk PPDB, dapat datang atau menghubungi posko PPDB yang ada di Sekolah menengah atas negeri(SMAN)11 Medan yang telah disediakan

Kita harapkan kerja sama semua pihak untuk memastikan PPDB ini terlaksana dengan baik dan pastinya kita harapkan generasi sumatera utara hebat, semua bisa bersekolah sebagai investasi bangsa menyongsong Indonesia emas di tahun 2045, ucap Kepala sekolah.|| Gunawan Pasaribu

Inovasi Briket Ramah Lingkungan Bawa Mahasiswi ke Afrika Selatan

0
Inovasi Briket Ramah Lingkungan Bawa Mahasiswi ke Afrika Selatan

metroindonesia,- Depok| Hutan menjadi kunci dalam keseimbangan karbon di udara. Studi yang dilakukan Maryville University (2022) mendapati selama 3 dekade sampai 2020, hutan dinilai efektif menyerap karbon sebesar 25% dengan total penyimpanan sebesar 55,93 juta metrik ton karbon.

Ironisnya, statistik menunjukkan bahwa deforestasi maupun degradasi hutan terus terjadi. Organisasi yang bergerak dalam konservasi sumber daya alam, Auriga Nusantara (2023), mencatat deforestasi dan degradasi hutan pada 2023 mencapai 257.384 hektar. Terpantau lebih luas dibanding tahun sebelumnya yakni 230.760 hektar.

IMG 20240514 WA0179

Salah satu penyebab deforestrasi adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar konvensional. BPS mendata, penggunaan kayu bakar atau arang masih mendominasi setelah elpiji sebagai kebutuhan energi rumah tangga, terutama pada wilayah terpencil sebesar 9,19%. Padahal, nilai dari faktor emisi dari hasil pembakaran kayu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gas LPG.

Ialah Ni Kadek Karian Dewi, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina (UPER), berhasil menciptakan alternatif dengan mengganti bahan bakar kayu atau arang menjadi briket yang berasal dari sampah sorgum. Berkat inovasinya tersebut Karin berhasil menjadi perwakilan wilayah Asia Pasifik dalam Global Students Entrepreneur Awards (GSEA) 2024 di Afrika Selatan.

IMG 20240521 WA0372

“Biasanya di wilayah pedesaan, bahan bakar konvensional utama dalam rumah tangga menggunakan kayu bakar atau arang. Namun karena hal ini menimbulkan permasalahan, inovasi briket dari limbah sorgum ini dapat menjadi energi alternatif. Dengan keuntungan 2 kali lipat lebih lama dan harganya yang relatif murah, briket sorgum tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kayu bakar atau arang,” sebut Karina.

Pengembangan briket ramah lingkungan tersebut didasari bahwa di Buleleng, Bali, sorgum menjadi komoditas utama mata pencaharian penduduk. Dengan luas lahan 30 hektar, panen sorgum dapat mencapai 3 ton per hektar dan di panen dalam 3 kali per tahun. Jumlah yang cukup besar ini juga menyumbang keberadaan limbah sorghum yang besar pula. 85% tanaman sorghum diantaranya berakhir menjadi limbah.

Selain permasalahan sampah sorgum yang melimpah, kesejahteraan petani sorgum juga menjadi tantangan di wilayah Buleleng. Berdasarkan BRIN (2023) diketahui harga per kilogram sorgum berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 21.000, tidak sebanding dengan tenaga dan biaya yang dikeluarkan petani dalam budidaya sorgum.

“Jika limbah sorgum dibakar, maka hal tersebut dapat melepaskan jejak karbon. Oleh karena itu, saya turut bermitra dengan sahabat semasa saya bersekolah dalam mengembangkan briket ramah lingkungan yang kami namai Bioghum. Bioghum menjadi sebuah langkah kecil untuk membantu petani dan mengatasi masalah limbah sorgum,” lanjut Karin.

Dengan komposisi 75% batang sorgum, 25% daun sorgum, dan 15% bahan pengikat serta pembuatan briket yang masih dicetak secara manual, Karina bersama dengan timnya berhasil menciptakan briket ramah lingkungan. Bahkan mendapatkan bantuan pendanaan awal hingga 115 juta.

“Setelah mendapati komposisi yang ideal, kami turut melakukan tinjauan lanjut, dan didapati bisa mengurangi dampak karbon sebesar 32% atau 198,2 kg karbon per bulan. Semula harga sampah sorgum hanya sebesar Rp. 350 per kilo namun ketika menjadi briket dapat dijual hingga harga Rp. 18.000 per pak, dengan kata lain pembuatan bioghum mampu menambah nilai added value limbah sorghum hingga 51 kali lipat” pungkas Karin.

Dalam perhelatan GSEA 2024 di tahap penyisihan global yang dilaksanakan di Singapura pada April 2024, Karin turut dibantu oleh Haykal Sulthan Hakeem, mahasiswa Prodi Ekonomi UPER berhasil menyapu 1.400 peserta dan mengalahkan 8 finalis lainnya yang berasal dari Thailand, Jepang, Filipina dan Bangkok. Karin bersama tim berhasil melangkah menjadi perwakilan wilayah Asia Pasifik untuk berkompetisi di tahap internasional.

Prestasi cemerlang Karina turut mendapatkan perhatian dan dukungan dari Rektor UPER. Menurut Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir MS., capaian Karina menjadi salah satu pemantik bagi mahasiswa lainnya dalam upaya menjawab tantangan global seperti transisi energi dan menciptakan energi bersih dan terjangkau.

“Sebagai kampus yang berorientasi pada sektor teknologi dan bisnis energi serta tumbuh di lingkungan Pertamina, kegiatan belajar mengajar disesuaikan dalam tujuan keberlanjutan. Misalnya melalui peminatan Energy and Economic Sustainability di Prodi Ekonomi, mahasiswa diajarkan dalam berpikir kritis, dan berinovasi dalam menghasilkan energi yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga dapat terjangkau bagi semua kalangan. Selain itu, kami juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan riset kolaborasi dengan industri dan ahli dan magang di industri,” terang Prof. Wawan.

Sebagai informasi, saat ini kampus besutan PT Pertamina (Persero) tengah membuka peluang untuk berkuliah di UPER. Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melalui https://pmb.universitaspertamina.ac.id/

 

Pj.Walikota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe Berikan Tali Asih kepada Anggota Korpi dan Ajak Purna Tugas ASN Manfaatkan Layanan UHC.

0
Pj.Walikota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe Berikan Tali Asih kepada Anggota Korpi dan Ajak Purna Tugas ASN Manfaatkan Layanan UHC.

 

 

Padangsidimpuan-Metroindonesia.id.-Pj. Walikota Padangsidimpuan menyerahkan tali asih untuk periode April dan Mei tahun 2024 bertempat di pendopo kantor walikota padangsidimpuan, Selasa (21/05).

Screenshot 20240521 212523

Penyerahan ini menjadi simbol apresiasi bagi dedikasi dan pengabdian anggota Korpi dalam melayani masyarakat Kota Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota menegaskan pentingnya peran Korpi dalam mendukung berbagai program dan kegiatan pemerintah kota. Dia juga mengucapkan terima kasih atas kinerja dan komitmen para anggota Korpi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, selaku Ketua DP Korpri, juga turut mengajak para Purna Tugas ASN untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang sudah tersedia di Kota Padangsidimpuan, yang telah menjadi bagian dari Universal Health Coverage (UHC).

“UHC bertujuan untuk memastikan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan tanpa kesulitan finansial,” ujar Dalimunthe.

“Dengan adanya UHC, warga Kota Padangsidimpuan tidak perlu lagi menggunakan surat keterangan miskin untuk mendapatkan layanan kesehatan.”

Screenshot 20240521 212512

Sebelum penyerahan tali asih, Erwin Nasution, ketua panitia, melaporkan bahwa sebanyak 70 orang menerima tali asih, termasuk 63 Purna Tugas ASN dan 7 Purna Tugas yang telah meninggal dunia.

Solahuddin, yang mewakili Purna Tugas ASN, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padangsidimpuan dan Korpri Kota Padangsidimpuan atas tali asih yang diberikan.