Teuku Yusuf Resmi Situ Rawa Kalong

85 / 100
Depok, Metro indonesia.id Ir,r H, Teuku Yusuf Syahputra Ketua DPRD Depok mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmikan Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Proyek Situ Rawa kalong hasil revitaliasi ini memiliki banyak fasilitas seperti vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan alun-alun kecil mengapung di atas air.

Peresmian ini Teuku Yusuf turut didampingi dihadiri oleh Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, H, Ketua DPRD Depok, Muhamad Yusuf Syahputra beserta jajaran Forkopimda.

Teuku Yusuf

Teuku Yusuf menyampaian “Banyak fasilitasnya seperti floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, situ rawa kalong seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman dan menyenangkan” jelasnya.

Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik. Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

“Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini,” beber Ridwan Kamil yang di aminkan ketua DPRD Depok.

Teuku Yusuf

Menurut Muhamad Yusuf Syahputra, sebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga.

Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya.

“Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok,” jelasnya.

Yang paling istimewa katanya, dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau. Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

Lebih lanjut kata Yusuf Syahputra, Situ Rawa Kalong akan dilengkapi dengan kamera pengawas di sejumlah titik dan penambahan bangku, sampai akhirnya lengkap.

Teuku Yusuf

Yusuf berharap agar warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

Warga masyarakat dipersilakan melakukan kreativitas serta ber ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan

Masih kata Teuku Yusuf Syahputra, Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi menarik wisatawan, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok. (Yuni )