Menuju Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, Rosalina Lakukan Peninjauan dan Pembinaan ke Warga Desa Aek Gunung.

10 / 100

 

IMG 20240112 WA0003
TAPANULI SELATAN -Metroindonesia.id.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny Rosalina Dolly Pasaribu melakukan peninjauan dan pembinaan ke warga Desa Aek Gunung, dalam rangka mengikuti perlombaan desa binaan kategori Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Utara di Aula SDN 100616, Desa Aek Gunung, Kecamatan Batang Angkola, Kamis (11/1).

IMG 20240112 WA0002

Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan kegiatan yang diadakan dalam bentuk intensifikasi lintas sektor dibidang Pemberdayaan Keluarga, KB dan Kesehatan.

“Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, maka kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa yang mana kader-kader sebagai ujung tombak, dan keluarga sebagai fokus sasaran utama,” terang Rosalina.

IMG 20240112 WA0004

Oleh karena itu, Rosalina mengajak kepada semua elemen yang ada di Desa Aek Gunung untuk meningkatkan kerja sama dan untuk saling berkolaborasi.

“Mari kita tingkatkan kerja sama dan kolaborasi yang lebih baik lagi, serta kesadaran untuk menyelesaikan segala bentuk tugas kita sampai akhir, dan memastikan apakah sudah masuk laporan atau tidak, itu harus sama-sama kita pahami bahwa laporan ini nantinya sebagai penentu apakah masuk ke tahap evaluasi atau tidak,” ucap Rosalina.

Kemudian berikan makanan yang sehat kepada anak-anak, manfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayuran untuk kebutuhan sehari-hari dan itu merupakan kegiatan positif sebagai desa binaan, tutupnya.

Sementara itu Camat Batang Angkola Nursiah Siregar mengaku bangga atas kehadiran TP. PKK Kabupaten yang hadir ke desanya untuk memberikan bimbingan kepada para kader PKK yang ada di desa.

IMG 20240112 WA0001

“Kami berharap untuk bisa lebih semangat lagi dan bisa saling bekerjasama dengan baik. Peran serta PKK dalam pembangunan desa telah kami rasakan,” ujarnya.

Disisi lain, dari Dinas PP dan KB memberikan beberapa pembinaan sesuai kategori KKBPK Kesehatan. “Kami dari Dinas PP dan KB, sudah melakukan beberapa pembinaan kepada warga desa, seperti dahsyat, dan juga BKR, PKB, dimana hal ini kami lakukan dalam upaya peningkatan pengetahuan warga tentang KB kes, Sekaligus melakukan pelayanan KB gratis, ujar Lina, selaku koordinator PPKB, Batang Angkola.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian alat permainan edukatif (APE), untuk anak sekolah, yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Tapsel Ny.Rosalina Dolly Pasaribu.(Ali Yusron Dgr).