Capten Dedi Susanto Bacaleg Nasdem Dapil 5 Citos Gelar Pembekalan Timsus dan Pengenalan Gerakan Restorasi Pedagang & UMKM

13 / 100

metroindonesia. id, Depok l ,- Pembekalan Timses CDS (Capten Dedi Susanto ) dan Pengenalan GARPU ( Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM ) kota Depok di Dapil 5 Cilodong – Tapos

Acara pembekalan tim sukses bakal calon legislatif (Bacaleg) partai Nasdem di barengi dengan Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) dihadiri oleh Fitra Paloh ketua umum Garpu, Dr, Hj, Ayu Alwiyah Aljufri Caleg DPR RI Dapil Depok – Bekasi, Heikal Safari, SH Caleg DPRD Provinsi Dapil Depok – Bekasi, pembina DPP P, Nasdem serta warga pedagan usaha kecil dan UMKM kota Depok di Aula Melati, Rt 02/04, Kelurahan Cilangkap, Tapos, Jumat (21/7/2023).

IMG 20230721 184325
Pada saat memberikan pembekalan

Capten Dedy Susanto Caleg dapil 5 Citos (Cilodong – Tapos) yang juga ketua Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) kota Depok mengatakan bahwa acara ini adalah pembekalan timses Capten Dedi Susanto (CDS) sekaligus pengenalan Garpu, katanya

IMG 20230721 173413
Capt Dedy Susanto

Kegiatan ini merupakan program sayap organisasi partai Nasdem dan Garpu, dimana sebuah gerakan restorasi pedagang kecil dan UMKM mampu kita berdayakan. Tujuan acara ini, selain pembekalan timses juga pembinaan pengusaha kecil termasuk permodalan

Menurut Dedi, dirinya saat ini berikan tugas mewakili dapil 5 Citos sekaligus mengorganisir PKL (pedagangkaki lima). Banyak potensi dari PKL yang bisa digali, rata -rata keluhan mereka soal modal, pendanaannya pada kurang.

IMG 20230721 161808

“Saya ditunjuk DPP Garpu menjadi ketua DPD Garpu kota Depok, hari ini rapat pertama pengenalan ke konstuen di dapil 5 Citos, urusan ini menjadi prioritas Garpu kota Depok untuk menjalankan programnya

IMG 20230721 161857
Peserta pembekalan

Tujuan pembekalan ini adalah bagaimana mengangkat taraf hidup masyarakat, sebab pedagang kita ini bukan pedagang berjualan di mall-mall besar, dan UMKM, kita bisa dicek satu persatu, imbuh Dedi.

Kita akan mendampingi para pedagang usaha kecil termasuk omset pendapatannya, kemudian melakukan bimbingan sampai pada tahap selanjutnya, apabila diperlukan pengusaha kecil yang butuh modal kita akan bantu pemodalannya.

Soal target Garpu kota Depok, kita belum bisa pastikan, namun saya akan semaksimal mungkin bekerja, terutama di daerah masing – masing dapil.

“Tugas saya memperkenalkan Garpu dulu, “tak kenal maka tak sayang” jadi saya memperkenalkan dulu kepada seluruh warga masyarakat di Cilodong-Tapos bahwa partai Nasdem mempunyai sayap organisasi yaitu Garpu kemudian kita akan mendata serta memverifikasi setelah itu, membina, membantu sampai pendanaan.

Dedi akui bahwa anggota UMKM yang telah terdata baru 50 orang, karena baru minggu kemarin saya mendapat SK, DPD Garpu Kota Depok”, sebut dia.

Selanjutnya, kita akan perkenalkan program Garpu di seluruh dapil, dimulai dari dapil 1 sampai 6. hari ini di dapil 5, kebetulan saya sebagai ketua sekaligus perwakilan atau sebagai caleg dari dapil 5 Citos.ungkapnya.

“Daerah yang akan kita garap next-nya akan diambil satu dari dapil 2 3,4,5 dalam rangka memperkenalkan diri, karena kalau tak di kenal maka tak di sayang, itu yang harus kita ke depankan, ujarnya.

Jadi kita perkenalan dahulu potensinya, kira-kira apa yang dapat dikembangkan, karena setiap wilayah tentu karakternya berbeda -beda, seperti di dapil 5 ini banyak yang bisa dikembangkan dari pedagang UMKMnya. Memang di daerah dapil 5 ini tidak secara spesifik nanti kita akan memverifikasi mulai dari dapil 1 sampai 6 agar lebih spesifik, lanjut Dedi.

Kita akan verifikasi satu persatu, menata dan akan melihat perkembangannya, sejauh mana potensi pedagang kecil tersebut tentunya untuk melakukan perubahan-perubahan dan kita susun semua aspek sekecil apapun, istilahnya restorasi sampai ke tingkat pusat atau ke DPR RI. upaya bersentuhan langsung untuk kepentingan rakyat kecil.

Di samping untuk melakukan pembekalan terhadap timses dan pengenalan Garpu jadi belum secara mendalam melakukan verifikasi. ” Insya Allah ke depannya kita akan melakukan perubahan itu,

” Sistemnya harus dirubah untuk di kembangkan. jujur saya belum punya data secara konkrit begitu juga dari sisi permodalan yang kita lihat secara spesifik adalah para pedagang gerobak, pedagang kecil, kita juga akan melakukan pendampingan pada saat verifikasi.

” insya Allah pak Fitrah Paloh akan membimbing kita, dengan tekad kita bersama membantu pak Fitrah Palo untuk mewujudkan impian para pedagang UMKM agar mereka memiliki penghasilan untuk kehidupan yang layak. Kita coba untuk berikan mereka pinjaman lunak tanpa bunga,

Hal tersebut adalah upaya mengatasi keluhan para pedagang kecil atau UMKM tentang anaknya belum sekolah dan sebagainya.

Makanya kita akan meng verifikasi dulu berapa jumlahnya UMKM untuk ditentukan tergantung dari usaha atau jualan yang di jajaki para pengusaha kecil itu.

Untuk itulah saya melakukan pembekalan Garpu kota Depok dulu, supaya maksimal kinerjanya juga timses CDS, kebetulan Garpu ini ditingkat nasional baru meresmikan 3 DPW Garpu, kemarin Garpu Banten, Jakarta dan Jawa Barat, kedepannya, kita akan selalu hadir di tengah masyarakat dan CDS akan sinkronisasi dengan Garpu dengan kegiatan bakti sosial membantu masyarakat, seperti bencana alam dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan benar.

Harapan saya pertama adalah partai Nasdem bisa mengayomi masyarakat dengan segala kekurangan dan kelebihannya, diantaranya adalah terhadap pedagang kecil sehingga kedepannya pedagang UMKM ini menjadi idaman atau pekerjaan yang tidak terpinggirkan, bisa menafkahi keluarga.

IMG 20230721 194537
Foto bersama para pengurus Garpu

Bila ekonomi warga kuat otomatis negaranya ikut kuat karena ditopang dengan ekonomi yang kuat, jika ekonominya enggak kuat tentu negara akan lemah dan kita gampang diserang musuh dari luar. perubahan itu harus kita awali dari restorasi. ()