Bupati Melawi Serahkan Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023

81 / 100

MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyerahkan Perbup Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Jumat (20/1) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Penyerahan penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023 oleh Bupati Melawi menandai dimulainya pelaksanaan kegiatan dan program di seluruh OPD khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Kepala BPKAD Kabupaten Melawi, Abang Mangkota menyampaikan kegiatan tersebut berdasarkan PMK 212 Tahun 2022 yang ditetapkan pemerintah pusat dan wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten Melawi secepatnya akan melakukan pergeseran penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023.

Abang Mangkota juga mengimbau kepada seluruh Kepala OPD untuk bekerjasama dan berkomitmen untuk menyampaikan laporan keuangan secepatnya.

“Target Pemkab Melawi adalah akhir Februari telah menyerahkan laporan tersebut kepada Badan Pemeriksa Keuangan”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi telah menetapkan Peraturan Bupati No. 89 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023 tentang belanja pemerintah yang efektif dan tepat sasaran berdasarkan RKPD.

“Tentu saja pelaksanaan anggaran harus tetap dilaksanakan dengan prinsip akuntabilitas sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan dalam rangka mewujudkan Melawi yang Adil, Pantas, Hebat”, ungkapnya.

Terkait dengan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, Bupati menekankan antara lain percepatan proses lelang, pelaksanaan realisasi anggaran untuk semakin dioptimalkan agar tidak ada penumpukan realisasi anggaran pada akhir tahun dan para Kepala OPD dapat segera menetapkan Pejabat Pengelola Keuangan di OPD masing-masing.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023 kepada para Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi oleh Bupati Melawi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus.**