IMG 20220531 WA0035

Lomba Desa se Kabupaten Bogor

78 / 100
Bogor, metroindonesia.id –¬† Lomba desa tingkat Kabupaten Bogor di kecamatan Tamansari, desa Tamansari terpilih mewakili¬† desa desa lainnya yang ada di Kecamatan Tamansari untuk diberi penilaian.

Penilaian desa meliputi, penilaian pelaksanaan administrasi, pelaksanaan management oleh perangkat desa, penataan lingkungan, hasil pembangunan dari berbagai sektor usaha dan pembangunan wisata.

Lomba desa

Penilaian desa mutlak dilakukan oleh tim penilai dari dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang diketuai oleh Marlina, (30/5).

Kedatangan tim penilai disambut langsung camat Tamansari Yudi Hartono.SE dengan didampingi Sunandar S.Pdi.kepala desa Tamansari dan beserta jajaran desa.

Lomba desa

Di tempat terpisah, Metro Indonesia meminta saran dan pendapat salah seorang asesor dari LSP Pers Indonesia yang telah bersertifikat BNSP A.Rachman.

Pada kesempatan, A. Rachman menyampaikan “mungkin masyarakat desa yang ada di Kabupaten Bogor banyak belum mengetahui manfaat, maksud dan tujuan di adakannya lomba desa, maka sebaiknya dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bisa lebih transparan dalam memberikan standar penilaian lomba desa”.

Lomba desa

Lebih lanjut A. Rachman juga menyampaikan “untuk menilai sektor sektor usaha dibidang pertanian, perikanan, wisata dan UKM, sebaiknya dalam lomba desa menyertakan tim dari instansi terkait yang memiliki standar mutu dan teknis pelaksanaan sehingga masyarakat memiliki pengetahuan bagaimana mengelola administrasi, management dan bidang usaha benar” jelasnya. [] Lukas Diana.