Solusi Perbaikan Zona 6

82 / 100
  • SPAM CIPINANG GADING SOLUSI PERBAIKAN ZONA 6
Bogor | metroindonesia.id – Tanggung jawab pemerintah kota Bogor dalam penyediaan air bersih bagi warga dengan solusi perusahaan umum daerah Tirta Pakuan menjadi perhatian khusus

Bukan hanya sekedar tercukupinya kebutuhan dasar air rumah tangga, kwalitas air bersih menjadi prioritas utama dalam penyediaan kebutuhan air rumah tangga.

solusi
tahap pembangunan

Semakin bertambahnya jumlah pelanggan dan konsumsi air bersih, maka dibutuhkan peningkatan sarana dan prasarana untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Dalam wawancara dengan Ardani.ST diruang kerjanya, metroindonesia.id mendapat beberapa informasi terkait solusi yang dimiliki perumda Tirta Pakuan untuk meningkatkan produksi air bersih.07/09/2023.

Putusan PN Payakumbuh 32/Pid.Sus/2021 Pyh Batal

1. Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor memiliki 7 zona pembagian distribusi ke para pelanggan 1 diantaranya telah mengalami krisis volume air bersih, dimana volume pemasukan dan pengeluaran seimbang, dan tidak memiliki cadangan air yang cukup bila terjadi suatu kerusakan.

Zona 6 terletak di wilayah kelurahan Mulyaharja kecamatan Bogor Selatan memiliki 2 aliran sungai sebagai pemasok kebutuhan produksi air bersih

2. SPAM Cipinang Gading nantinya memiliki kemampuan distribusi 50 liter perdetik, sesuai program kerjasama antara Perumda Tirta Pakuan, Pemkot Bogor, pemerintah pusat, dan National Urban Water Supply Project (NUWSP).

solusi
progres 3.8 %

3. Program SPAM Cipinang Gading dibagi menjadi lima tahap, pertama adalah pembuangan intake atau bangunan penangkap air baku (selaesai tahun kemarin) menggunakan anggaran  Kementerian PUPR.

4. Tahap kedua adalah pembangunan Instalasi Pengolahan Air atau IPA yang dibiayai oleh Bank Dunia melalui program NUWSP, yang dimulai  sejak bulan Mei 2023 dan ditargetkan akan selesai di bulan Desember 2023 yang saat ini sudah progres  31,11 ,%.

5. Tahap ketiga pembangunan reservoir kapasitas 800 meter kubik dan rumah pompa yang dibiayai dari pinjaman perbankan Tirta Pakuan dan ini sudah mencapai 3,8 persen untuk reservoir dan 65 persen untuk rumah pompa dengan target akhir tahun selesai.

5. Tahap 4 adalah pemasangan jaringan pipa distribusi utama atau JDU sepanjang 4.586 meterpipa retikulasi, dilanjut dengan pemandangan pipa distribusi ke rumah-rumah pelanggan yang dibiayai pinjaman perbankan. JDU

kan menyuplai air bersih dari SPAM Cipinang Gading ke pelanggan di wilayah Mulyaharja.

SPAM Mulyaharja diharapkan menjadi solusi perbaikan pelayanan di wilayah zona 6. Ketika SPAM ini beroperasi tahun depan, Tirta Pakuan akan mengatur sistem pengaliran dengan memaksimalkan dua sumber mata air yang ada saat ini, yaitu mata air kota batu dan kabandungan./[] Lukas Diana.