Beranda DAERAH KLHK Resmi Berikan Bimtek Ke Petani Terkait RHL Dan KBR

KLHK Resmi Berikan Bimtek Ke Petani Terkait RHL Dan KBR

40
0
KLHK
86 / 100
METRO, SINTANG – KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) bersama Komisi IV DPR RI memberikan Bimtek (Bimbingan Teknis) terkait Pemulihan Hutan dan Lahan kepada Kelompok Tani di Hotel My Home Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Jumat (22/4) lalu.

Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania mengatakan, Bimtek diberikan kepada kelompok tani yang akan menerima manfaat dari KLHK melalui program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), Kebun Bibit Rakyat (KBR), Bibit Berkualitas dan Bibit Produktif.

“Program ini merupakan kerjasama KLHK dengan komisi IV DPR. Programnya ada RHL, KBR, bibit berkualitas dan bibit produktif. Bimtek ini diberikan agar kelompok tani ini bisa melakukan program tersebut dengan tepat dan berdaya guna bagi masyarakat”, ungkap Yessy.

BACA JUGA: Baru 1 Tahun Menjabat, Status Desa Jadi Mandiri

WhatsApp Image 2022 04 24 at 18.14.32
Foto: Yessy Melania saat memberikan Bimtek Ke Petani

Yessy menegaskan Kelompok Tani harus dibekali ilmu dan pengetahuan untuk bisa melakukan program itu dilapangan. Agar pelaksanaan programtepat sasaran, tepat waktu dan berdayaguna untuk mereka. Karena menurutnya, output dari program tersebut adalah untuk menambah nilai ekonomis.

“Program tersebut harus dijalankan, Sekarang deforestasinya tinggi. Kebakaran hutan juga sering terjadi sehingga banyak lahan dan hutan kita yang tak berfungsi. Sekarang saatnya dilakukan rehabilitasi dan reboisasi hutan dan lahan,” ujarnya.

Menurut Yessy, program-program yang dilakukan oleh KLHK ini menyasar pada lahan-lahan kritis di wilayah Timur Kalimantan Barat yang tingkat deforestasinya cukup tinggi.

BACA JUGA: LaNyalla Minta Pemerintah Tingkatkan Ekonomi

WhatsApp Image 2022 04 24 at 18.14.32 1
Foto: Penyerahan bibit kepada Kelompok Tani

“Masyarakat atau kelompok tani bisa mengusulkan bantuan jika ada lahan yang perlu direhabilitasi. Tim pusat yang akan memverifikasi bisa tidaknya dijadikan tempat untuk dilakukan program ini”, tutupnya.

BACA JUGA: Wakil Ketua 1 Komite 1 DPD RI: PP Tentang Mekanisme Penunjukkan Penjabat Agar Segera Dilakukan

 

Penulis: Ade Shalahudin

Artikulli paraprak40 Pengurus PAC TIDAR Kabupaten Bogor Resmi Dilantik
Artikulli tjetërKetua DPD RI Desak Pemerintah Segera Antisipasi Kemacetan Arus Mudik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini