Ria Norsan Buka Secara Resmi PESPARAWI X Tahun 2023 Se- Kalbar Di Melawi

86 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan membuka secara resmi  kegiatan PESPARAWI X (Pesta Paduan Suara Gerejawi) se- Kalimantan Barat tahun 2023 yang dilaksanakan di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan (RTSP) Kabupaten Melawi, pada Senin (26/6) malam.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan berharap kegiatan PESPARAWI X dalam melahirkan insan gerejawi yang dapat berprestasi di tingkat Nasional. Ia juga meminta kepada panitia agar menyampaikan laporan kegiatan PESPARAWI tertib administrasi.

“Saya harap PESPARAWI ini menjadi ajang perlombaan yang menghasilkan insan-insan gerejawi di tingkat nasional. Semoga kegiatan ini berjalan lancarr dari awal hingga  akhir,” harapnya.

IMG 20230626 190701
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, saat menghadiri acara pembukaan Pesparawi di Melawi. Dalam kegiatan tersebut Lasarus juga memberikan bantuan kepada 14 Kontingen dari Kabupaten/Kota se- Kalbar melalui panitia.

Ketua umum, PESPARAWI X tahun 2023,  Drs. Kluisen dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota se provinsi Kalimantan Barat.

“Atas nama panitia pelaksana mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Kalimantan Barat dan Pemkab Melawi atas bantuan yang diberikan kepada panitia sehingga kegiatan ini dapat terselenggara,” ucap Kluisen.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kluisen kepada TNI-Polri yang telah membantu proses pengamanan selama kegiatan berlangsung.

IMG 20230626 192321
Marching Band MAS Baitulmal Pancasila dan Marching Band SMA Negeri 1 Nanga Pinoh saat mengisi acara pembukaan.

“Acara pembukaan dan penutupan akan tetap di fokuskan di Stadion RTSP Kabupaten Melawi. Ada 12 lomba paduan suara  yang dilaksanakan dalam PESPARAWI X Tahun 2023,” kata dia.

Selain itu, Kluisen juga menyampaikan permohonan maaf sebagai  jika selama penyelenggaraan kegiatan PESPARAWI X masih terdapat banyak kekurangan.

Kakanwil Departemen Agama provinsi Kalimantan Barat, Muhajir Yanis mengatakan bahwa kegiatan PESPARAWI merupakan kegiatan rutin tahunan Kementerian Agama yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional.

IMG 20230626 214351
Seni tari tardisional suku adat Dayak Ud Danum mengisi acara pembukaan.

“Saya berharap dengan kegiatan PESPARAWI ini dapat  meningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan serta dapat berpartisipasi dalam pembangunan mental dan spiritual dalam pembangunan nasional,” ujarnya.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa selaku tuan rumah kegiatan PESPARAWI X mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Melawi turut serta mensukseskan kegiatan ini.

“Mari kita tunjukkan Kabupaten Melawi merupakan daerah yang memiliki toleransi tinggi. Acara ini menegaskan kembali sebuah keberagaman kita dalam bingkai NKRI, khususnya di Kabupaten Melawi,” kata Dadi.

Pembukaan PESPARAWI X Tahun 2023 dihadiri oleh Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania, Kakanwil Depag Provinsi Kalbar Muhajir Yanis, Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota dari 14 Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, Pengurus LPPD  PESPARAWI Provinsi Kalimantan Barat, seluruh kontingen 14 Kabupaten/Kota serta tamu undangan lainnya.

Selama acara pembukaan PESPARAWI X berlangsung diiringi oleh marching band Bahana Gita Suara (Madrasah Aliyah Baitulmal Pancasila)  dan  marching band Nada Juang Bahana SMA Negeri 1 Nanga Pinoh serta pertunjukan seni tari adat oleh para pelajar.