Ketua Dekranasda Kabupaten Melawi Terima Langsung Kunjungan Ketua Dekarnasda Kalbar

80 / 100

MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Melawi. Raisya Sarbina Dadi menyambut secara langsung kunjungan Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Lismaryani Sutarmidji, Jumat (17/02) siang.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Melawi Raisya Sarbina Dadi menyampaikan, ucapan terimakasih banyak atas kehadiran dan kunjungan Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Hj. Lismaryani Sutarmidji berserta rombongan di Kabupaten Melawi.

“Kami berharap dengan kehadiran ibu bisa memberikan nuansa yang baru dan motivasi serta pemahaman kepada kami, untuk lebih mengembangkan bakat dan talenta budaya yang ada di Kabupaten Melawi,” kata Raisya.

Pada kesempatan itu, Raisya Sarbina juga mengajak Hj. Lismaryani Sutarmidji dan rombongan mengunjungi kelompok tenun ikat Chintamani Keninjal di jalan Prawindo, Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh.

Sementara itu, Hj Lismaryani Sutarmidji mengatakan, akan memperhatikan dan mendukung kegiatan tenun dan anyaman di Kalimantan Barat. Dia berharap Dekranasda Kabupaten Melawi tetap menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan menjaga tradisi dan warisan budaya.

“Kami akan selalu memfasilitasi pelatihan menenun dengan mendatangikan pelatih tenun profesional dari luar daerah, seperti yang pernah dilakukan di Kabupaten Kapuas Hulu. Beberapa waktu lalu kita pernah mendatangkan pelatih tenun dari NTB,hasilnya sangat luar biasa.” ungkap Lismaryani.

Lismaryani juga mengatakan bahwa, dalam waktu dekat ini Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalbar juga akan melakukan pelatihan menenun dengan mendatangkan pelatih profesional dari luar.

Saat meninjau kegiatan menenun, Lismaryani Sutarmidji juga langsung membeli beberapa helai kain tenun hasil dari kelompok tenun ikat Chintamani Keninjal.

 

Penulis: Rabi

Editor : Ade Shalahudin Al ‘Ayubi