Desa Tanjung Paoh Wakili Melawi Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Kalbar 2023

81 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesi.id – Desa Tanjung Paoh, Kecamatan Pinoh Utara mewakili Kabupaten Melawi pada lomba Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023. Desa Tanjung Paoh mewakili Kabupaten Melawi pada lomba lingkungan bersih dan sehat (LBS).

Penilaian lomba Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tersebut dilaksanakan di Desa Tanjung Paoh, Kecamatan Pinoh Utara, Selasa (15/08), dan dihadiri langsung oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Kepala Desa Tanjung Paoh, Sukisman menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan semakin memupuk silahturahmi dan gotong royong masyarakat dalam membangun desa yang menjadi ciri khas Desa Tanjung Paoh.

“Melalui kegiatan ini mari kita tunjukkan potensi dan keunikan yang dimiliki warga desa, serta menjadi kesempatan bagi kita untuk mengembangkan kreativitas, keahlian dan bakat di dalam diri kita masing-masing”, ajaknya.

Sukisman juga berharap masyarakat Desa Tanjung Paoh semakin solid dan optimis agar dapat masuk nominasi untuk penilaian lomba-lomba lainnya dan semakin berkomitmen untuk terus memajukan masyarakat desa.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi, S.A.P, M.A.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menjalankan peran PKK selama ini selalu menjalin kemitraan dengan sejumlah stakeholder dalam pembinaan dan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Desa.

Selanjutnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Melawi mengungkapkan bahawa lomba Satger PKK Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2023 di Kabupaten Melawi terbagi di 2 Kecamatan yaitu Lomba Sekretariat PKK Kecamatan dan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat di Desa Tanjung Paoh di Kecamatan Pinoh Utara, serta Lomba Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dan Lomba Posyandu di Desa Siling, Kecamatan Sayan.

“Saya berharap dengan pemukiman yang bersih dan perilaku hidup sehat dan berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta kesehatan dapat menjadi salah satu upaya dalam mencegah stunting”, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi dalam sambutannya mengatakan TP-PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang selama ini menjangkau masyarakat dalam program pembangunan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Hal ini menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan peningkatan derajat kesehatan masyarakat hingga menjadi kekuatan yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat yang lebih baik”, ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung mewujudkan visi kabupaten Melawi menjadi Kabupaten Sehat karena merupakan tanggung jawab bersama.

“Saya berharap pada kegiatan ini Kabupaten Melawi dapat meraih hasil yang terbaik, namun bukan hanya gelar juara saja yang ingin kita raih, yang terpenting dari lomba ini adalah bagaimana kita bisa meningkatkan motivasi segenap tim dari jajaran PKK serta OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi terhadap program PKK-Bangga Kencana-Kesehatan ini”, harapnya.

Menutup sambutanya Bupati melalui juga berharap agar kegiatan lomba tersebut juga menjadi bahan evaluasi  bersama terhadap program-program terkait PKK-Bangga Kencana-Kesehatan di masyarakat.

“Saya berharap Program Satger PKK Bangga Kencana dapat direalisasikan dengan baik pada masyarakat dan Desa Tanjung Paoh bisa mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada tingkat nasional”, tutupnya.