Beranda Lingkungan Hidup Industri Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan

Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan

0
Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan
71 / 100
Bogor I metroindonesia.id – Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) paparkan hasil survei kepuasan pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor selama tahun 2024 di Rumgan Jati Gedung A SB-IPB pada Selasa, 24 Desember 2024.

Adapun, kajian ini dipimpin olah tim peneliti AB-IPB yang terdiri dari Prof. Dr. Noer Achsani, MS, Mochmas Bachtiar, S.TP, MM, Fithriyyah Shalihati, SE, MM dan Raden Isma Anggraini, SP, MM.

Dr. Noer Achsani mengatakan survei ini melibatkan 3.000 responden yang dilakukan di tujuh zona pelayanan di Kota Bogor. Hasil menunjukan indeks kepuasaan pelanggan terhadap produk mencapai 81,95 persen masuk kategori sangat puas.

Survei

“Angka ini mencerminkan tingginya apresiasi pelanggan terhadap kualitas produk Perumda Tirta Pakuan,” kata dia.

Sedangkan untuk indek kepuasan pelayanan sebesar 73,28 persen, yang berarti masuk dalam kategori puas dengan menunjukan kinerja layanan yang baik secara keseluruhan.

“Tingkat kepuasan produk di zona 5 89,04 persen, zona 4 78,85 persen. Untuk layanan zona 5 sebesar 75,20 persen, zona 3 71,30 persen. Ini memberikan gambaran mengenai variasi pengalaman diberbagai zona,” jelas dia.

Kemudian, menurut dia, untuk analisi Impotance Performance Analysis (IPA) pada produk menunjukan bahwa elemen-elemen penting seperti kualitas air yang bebas bakteri, bau dan endapan telah dikelola dengan baik.

Survei

Musabab, hasilnya masuk dalam Kuadran 1 (Keep Up The Good Work), artinya tidak ada elemen produk yang masuk kedalam Kuadran IV (Concentrate Here).

“Yang menunjukan bahwa tidak ada aspek yang sangat pentinh tetapi memiliki kinerja rendah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia mengungkapkan terdapat elemen-elemen pelayanan, kompensasi atas gangguan dan pelayanan administrasi yang berada di Kuadran IV.

Hal ini menandakan bahwa pelanggan menganggap elemen-elemen ini sangat penting dan ada peluang untuk meningkatkan kinerjanya.

Survei

“Dimensi service quality menunjukan bahwa aspek bukti fisik mendapatkan skor sebesar 83,78 persen kepuasan tinggi terhadap fasilitas dan kualitas pendukung layanan,” tuturnya.

“Aspek data tanggap dengan skor 69,52 persen, yang memberikan peluang untuk meningkatkan kecepatan respon terhadap keluhan pelanggan,” sambungnya.

Dilanjutkan Noer, indek keterlibatan pelanggan sebesar 69,57 persen yang menunjukan keterlibagam pelanggan yanh baik.

“Tetapi optimalisasi interaksi melalui saluran digital sepertu aplikasi SIMOTIP dapat lebih meningkatkan loyalitas pelanggan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, SB-IPB memberikan beberapa rekomendasi mulai dari peningkayan reponsivitas keluhan pelanggan, pengembangan sistem digital, meningkaykan transparansi informasi dan memperkuat program ketelibatan pelanggan.

“Dengan strategu perbaikan yang terarah, Perumda Tirta Pakuan diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan reputasinya sebagai penyedia ari bersih di Kota Bogor,” tandas dia.[] Lukas Diana.

Artikulli paraprak Songsong Pers Bermartabat di Tahun2025
Artikulli tjetër Angka Lakalantas Dan Kejahatan Tahun 2024 Di Melawi Mengalami Penurunan
Badan Hukum Redaksi Metro Indonesia KOWARI : Gd. Dewan Pers lantai 3. Jl. Kebon Sirih No. 32 – 34 Jakarta Pimpinan perusahaan Lemen Kodongan Penasehat Hukum Prof, Sutan Nasomal, Leo Firmansyah, S.H Pimpinan Umum/Redaksi Penanggung Jawab Metro Indonesia Abdul Rachman Sertifikat Assesor LSP Pers Indonesia - BNSP Staf Redaksi/Redaktur Ade Shalahudin, Wati Herlina, Aulia Rahmani, Roliyah, Bendahara Aningsih Organisasi Jaringan media redaksisatu.id Serikat Pers Republik Indonesia Lembaga Sertifikasi Profesi Pers Spiritual Siringo Ringo, Biro Provinsi Sumatera Utara Muhammad Amin Kabupaten Deli Serdang Ganda Pasaribu, Masmur Anuar Samosir, Kabupaten Pematang Siantar Sihol Pangabean Kota Medan Saut Patar H. Siregar, Muhammad Amin, Biro Deli Serdang Binder Sitanggang Kabupaten Samosir Adi Marbun Kabupaten Hasundutan Bantu Simanjuntak Kabupaten 50 Kota / Payakumbuh Jeri Permana Putra, SH, Biro Kabupaten Tanggerang Deka Satria Biro Provinsi DKI Jakarta Johan Lamtorang, Rizke Rasyida Jakarta Selatan Johan Lamtorang Jakarta Timur Rizke Rasyida Jakarta Utara Zulkarman, Aminoto, David Kaser Kota / Kabupaten Bogor Richard Purba (Biro), Hardadi, Lukas, Olo Sianturi, Rajak Broto, Padli, Rahmad Hidayat Lubis Kabupaten Purwakarta M. Yamin Henaulu Kabupaten Bondowoso Abdi Aliev Kabupaten Banyuwangi Raden Teguh Firmansyah, Abadi Kabupaten Melawi Ade Shalahudin Wartawan Metro Indonesia dilengkapi id card (produk Bank Mandiri) dan surat tugas Masa berlaku id card selama wartawan yang bersangkutan bertugas di Metro Indonesia Email : metroindonesia.id@gmail.com