5 Tujuan Wisata di Pulau Samosir Untuk Merayakan Tahun Baru 2024

77 / 100

Banyak pilihan kegiatan untuk merayakan Tahun Baru 2024, salah satunya berwisata bersama teman atau keluarga.
Jika Pulau Samosir yang dikenal sebagai negeri indah kepingan surga menjadi tujuan wisata, wisatawan bisa mencoba menjelajahi banyak objek-objek menarik di Kabupaten Samosir, khususnya di Kecamatan Simanindo.

Berikut 5 rekomendasi lokasi/objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi dari banyak lokasi wisata di seputaran Pulau Samosir.
Wisata
Sunset di Salah satu hotel di Samosir

1. Kampung Adat Huta Siallagan
Kampung peninggalan raja Siallagan ini merupakan kompleks tempat tinggal Raja Siallagan dahulu kala yang berlokasi tidak jauh pelabuhan Ferry Simanindo, kecamatan Simanindo. Dimana masih bisa kita lihat adanya batu persidangan yang telah berumur ratusan tahun. Di tempat ini kita bisa mendengarkan cerita sejarah (Turi-turian) mengenai kehidupan bangsa batak zaman lampau. Kita juga bisa ikut menari tor-tor bersama patung Sigale-Gale.

2. Kampung Adat Huta Bolon
Masih berlokasi di sekitaran kecamatan Simanindo, kampung ini merupakan bekas peninggalan Raja Sidauruk. Lokasi ini memiliki museum kecil yang menyimpan peninggalan dari suku Batak. Kampung ini telah menjadi situs budaya yang dilindungi.

3. Makam Raja Sidabutar
Kompleks Pemakaman Raja Sidabutar ini berlokasi di Tomok, kecamatan Simanindo. Makam-makam yang berusia ratusan tahun ini dipahat dari batu utuh tanpa ada penyambungan. Ketika mengunjungi makam ini harus memakai kain tenunan khas Batak (ulos) yang telah disediakan oleh pengelola.

IMG 20230728 173530
Wisatawan santai menikmati pemandangan di pantai Batu Hoda

4. Pantai Batu Hoda
Pantai dengan pemandangan Danau Toba ini memiliki banyak dekorasi dan spot foto menarik. Salah satu patung kuda dari bahan limbah karet yang menceritakan kisah seekor kuda yang mencari pasangannya tapi tidak menemukannya. Akhirnya kuda tersebut diam dan membatu. Pantai ini juga berlokasi di kecamatan Simanindo.

5. Pea Farm House
Bagi yang hobi mendaki gunung dan berkemah, Pea Farm House yang berada di desa wisata Martoba, kecamatan Simanindo. Camping Ground ini menawarkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian 1200 mdpl. Pemandangan saat sunrise dan Sunset nya sangat memanjakan mata. Kita juga dapat menyewa peralatan berkemah di tempat ini.

Selain 5 lokasi di atas masih banyak lagi tujuan wisata menarik lainnya, seperti: Kuburan diatas pohon di Tomok, Danau Aek Natonang (danau diatas danau) di desa Tanjungan, Pantai Sibolazi, wisata rohani Sibea-bea di kecamatan Harian, Pemandian Air Panas di kecamatan Pangururan, dll.

Untuk mencapai tujuan wisata ini/menyeberang ke Pulau Samosir terdekat ke Simando, Ada 3 alternatif. Menaiki Kapal Ferry Tao Toba dari Pelabuhan Ajibata dengan tujuan pelabuhan Tomok atau Menaiki Ferry Ihan Batak dengan tujuan pelabuhan Ambarita.
Bisa juga Menaiki Ferry Sumut 1 & 2 dari pelabuhan Tiga Ras di Simalungun menuju Pelabuhan Simanindo.

Jika Wisatawan ingin menginap, banyak terdapat Home stay dan Hotel Tidak jauh dari Pelabuhan. Beberapa bisa menjadi pertimbangan seperti Hotel Samosir Cottage Resort, Hotel Samosir Villa, Mas Cottage, Juma Cottage, Marta Home stay, Penginapan Roganda di kelurahan Tuk-tuk Siadong, Penginapan Askara Toba di desa Tolping Ambarita, dll.

Wisata
Korwilker KSOPP dan Syahbandar Pembantu Pelabuhan Simanindo

Dari Pantauan jurnalis metroindonesia.id menjelang Tahun Baru 2024 ini kunjungan wisatawan cukup ramai, hal ini terlihat dari antrian mobil di pelabuhan penyebrangan KM. Tao Toba, di Tomok.
Namun di Pelabuhan Simanindo terpantau normal. Menurut keterangan Korwilker Simanindo KSOPP Danau Toba Bendro Hutapea jumlah mobil yang menyeberang masih tergolong normal.
Menurut Syahbandar Pembantu Pelabuhan Simanindo M. Yusuf, pihaknya siap siaga apabila ada peningkatan penumpang, khususnya yang membawa kendaraan.
Bila ada lonjakan akan menambah trip penyeberangan. [Pardede]