PSJ

PSJ Kabupaten Melawi Gelar Diskusi Pemilu Damai Tahun 2024

85 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Pengurus Paguyuban Sedulur Jowo (PSJ) Kabupaten Melawi menggelar kegiatan Ngopi Darat (Ngobrol Pemilu Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat) dengan menghadirkan narasumber dari komisioner KPUD dan BAWASLU Kabupaten Melawi. Kegiatan digelar di Cafetaria Putri Tanjung, Kecamatan Nanga Pinoh, Jumat (14/7) sore.

Kegiatan Ngopi Darat dengan tema “Peran Ormas Dalam Mensukseskan Pemilu Damai Tahun 2024” juga dihadiri oleh sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang ada di Kabupaten Melawi.

Wakil Ketua PSJ Kabupaten Melawi, Hasan Asyhari dalam mengatakan bahwa, tujuan dari kegiatan Ngopi Darat adalah berperan aktif untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang agar berjalan aman dan damai.

WhatsApp Image 2023 07 14 at 15.04.19
Kegiatan Ngobrol Politik Paguyuban Sedulur Jawa bersama Ormas dan OKP Kabupaten Melawi di Cafetaria Putri Tanjung Kec. Nanga Pinoh.

“Setiap penyelenggaraan Pemilu masih ditemukan adanya pelanggaran, dengan peran aktif Ormas sedikit demi sedikit masyarakat semakin cerdas dan pelanggaran pemilu bisa hilang dengan sendirinya,” kata Hasan, ditemui usai kegiatan.

Hasan juga berharap kegiatan yang dilakukan kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi Ormas-Ormas yang ada di Kabupaten Melawi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga hasil Pemilu bisa melahirkan kualitas pemimpin atau yang baik.

“PSJ sendiri akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga tingkat desa agar Pemilu nantinya berjalan denga naman dan damai,” pungkasnya.

WhatsApp Image 2023 07 14 at 15.04.17
Kegiatan Ngobrol Politik Paguyuban Sedulur Jawa bersama Ormas dan OKP Kabupaten Melawi di Cafetaria Putri Tanjung Kec. Nanga Pinoh.

Menanggapi kegiatan tersebut, Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Melawi, Faisal memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PSJ yang telah menggelar diskusi lintas Ormas dan OKP tentang Pemilu.

“Dengan adanya kegiatan ini sebagian tugas KPUD Melawi sudah terbantu. Apresiasi dan ucapan terima kasih patut kami sampaikan kepada Pengurus PSJ Kabupaten Melawi,” ucapnya.

Dikatakan Faisal, partisipasi masyarakat dalam Pemilu baik perorangan, kelompok organisasi telah diatur dalam Peraturan KPU nomor 9 tahun 2022.

WhatsApp Image 2023 07 14 at 14.58.02
Kegiatan Ngobrol Politik Paguyuban Sedulur Jawa bersama Ormas dan OKP Kabupaten Melawi di Cafetaria Putri Tanjung Kec. Nanga Pinoh.

“Masyarakat yang dimaksud PKPU tersebut bisa dari perorangan, ormas, organisasi profesi, masyarakat adat, lembaga pendidikan, badan usaha milik swasta dan atau media massa cetak dan elektronik,” jelads Faisal.

Sementara itu, Komisioner BAWASLU Kabupaten Melawi, Erwin Nurjadin juga mengatakan bahwa, BAWASLU memiliki peran dan fungsi untuk memastikan terselenggaranya  Pemilu secara luber,  jurdil dan berkualitas  sesuai peraturan  perundang-undangan  mengenai Pemilu/Pilkada.

“Keberadaan BAWASLU untuk mewujudkan Pemilu maupun Pilkada yang  jujur, adil dan  demokratis. Selain itu, menegakkan  integritas,  kredibilitas  penyelenggara,  transparansi  penyelenggaraan dan  akuntabilitas hasil Pemilu/Pilkada,” ujarnya.

Lanjutnya, Fungsi Ormas sendiri dalam Pemilu memiliki peranan yang sangat penting  terutama dalam pengawasan Pemilu. Selain itu, Ormas juga memiliki peran memberikan pendidkan politik, ikut mencegah terjadinya pelanggaran pemilu dan menciptakan situasi yang aman.

“Jenis pusat pengawasan masyarakat bisa berbentuk media sosial, forum warga , pengabdian masyarakat dan bentuk lainnya,” tutup Erwin.