Pj.Walikota Padangsidimpuan Hadiri Pengukuhan Staf Khusus Mendagri Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan Sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Unipersitas Islam Sultan Agung Semarang.

9 / 100

 

Padangsidimpuan – Metroindonesia.od.

Galleryit 20240209 1707475747

Pj.Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, hadiri pengukuhan Staf khusus (stafsus) Mendagri Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan, Brigjen. Pol. (Purn), Prof. Dr. Hoiruddin Hasibuan, SH, M.Hum sebagai guru besar ilmu hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang.

Pengukuhan tersebut dipimpin Rektor Unissula, Prof. Gunarto, MH di kampus Kaligawe, Semarang, Rabu (7/2/2024).

“Selamat kepada Brigjen Pol. (Purn) Prof. Dr. Hoiruddin Hasibuan, SH, M. Hum yang hari ini dikukuhkan menjadi guru besar Unissula yang ke-52,” ujar Gunarto dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, seorang guru besar memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia.

“Tanggung jawab guru besar Unissula adalah memberikan kontribusi yang besar untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945,” imbuhnya.

Secara yuridis, tugas seorang guru besar adalah melaksanakan tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

Galleryit 20240209 1707475814

“Insyaallah gagasan dari Prof. Dr. Hoiruddin Hasibuan, akan membuat pencegahan dan penegakan hukum terorisme di Indonesia semakin baik dan semakin menonjol,” ungkapnya.

Sementara itu, Hoiruddin Hasibuan mengatakan siap mengabdi sebagai tenaga pengajar di kampus Unissula. Dia berharap, keberadaannya bisa bermanfaat bagi Unissula maupun bangsa dan negara.

Dalam kesempatan itu, Hasibuan memaparkan orasi ilmiahnya berjudul ‘Empat Dimensi Kunci (Catur Gatra) Penanganan Hukum Pelaku Terorisme’.

Keempat dimensi itu meliputi pemerintah, penegak hukum, tokoh agama, dan masyarakat. “Kalau empat unsur ini sudah bekerja sama dengan baik, Insyaallah ke depan masalah terorisme ini akan bisa kita tangani dengan baik di Indonesia,” jelasnya.

Selain Walikota Padangsidimpuan, upacara Pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh pejabat Kemendagri, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Rektor IPDN dan para Pj. Walikota dari daerah lain di Indonesia.