Bupati Tapsel : Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu 2024 Jadi Tanggungjawab Kita Bersama

15 / 100

IMG 20240116 WA0001

TAPANULI SELATAN -Metroindonesia.id.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mengatakan suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggungjawab dari penyelenggara pemilu saja, yang dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan tetapi itu semua menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat.

Hal itu Dolly katakan saat menghadiri sosialisasi pemilihan umum bagi aparat kecamatan, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Tapanuli Selatan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati setempat, Senin (15/1).

IMG 20240116 WA0003

“Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena ini merupakan penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar yang secara serentak dilaksanakan dalam tahun yang sama, seperti pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi serta DPRD kabupaten/kota, yang dilanjutkan dengan pemilihan gubernur-wakil gubernur, pemilihan bupati-wakil bupati, dan pemilihan wali kota dan wakil wali kota,” terang Bupati.

“Tentunya kita semua memiliki tugas dan tanggungjawab untuk menyukseskan pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan kurang lebih 30 hari lagi,” ujar Bupati.

Maka sebagai pemerintah bawahan di Kabupaten Tapsel turut ikut berperan untuk keberlanjutan pembangunan.

IMG 20240116 WA0002

Sementara itu, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Yasir Ahmadi dalam paparannya siap untuk melakukan pengamanan pemilu 2024.

“Mari sama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Tapanuli Selatan, keberagaman yang ada jangan dijadikan sebagai pemicu perpecahan sejatinya keberagaman adalah kodrat ilahi, tetap jaga persatuan jangan mudah terpengaruh isu hoax di sosial media yang dapat meruncing dan menjadi fitnah dalam hal ini peran camat, lurah ataupun kepala desa sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya provokasi kepada masyarakat,” harap Kapolres.

IMG 20240116 WA0004

Lebih lanjut Kapolres mengatakan indeks kerawanan pemilu (IKP) di wilayah Sumatera Utara terdapat 6 kabupaten/kota yang masuk kategori rawan tinggi, dan Tapanuli Selatan sendiri masuk kategori aman, ungkapnya.

“Alhamdulilah Kabupaten Tapanuli Selatan masuk kategori aman oleh karenanya mari sama-sama kita menjaga keamanan yang sudah ada, dan saya akan mendedikasikan diri saya untuk melakukan yang terbaik serta mendukung sepenuhnya program Pak Bupati untuk melanjutkan pembangunan yang lebih baik,” tutup Kapolres.

Sedangkan, Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar mengatakan menjelang pemilu yang sebentar lagi diadakan diharapkan partisipasi pemilih meningkat di Tapanuli Selatan.

 

IMG 20240116 WA0000
“Di pemilu kemarin tingkat partisipasi pemilih di angka 79%, oleh karena itu kita berharap tingkat pemilih naik. Karena tingkat partisipasi inilah yang menjadi tolak ukur keberhasilan pemilu, adapun tahapan yang sedang kita lakukan adalah mempersiapkan logistik baik surat suara, maupun retribusi, serta netralitas, integritas dan loyalitas juga sangat diperlukan dalam pemilu ini,” pungkasnya.

Diakhir acara Bupati Tapsel memberikan penghargaan pada kegiatan lomba kantor desa tingkat Kabupaten Tapsel yakni Desa Hapesong Baru (Kecamatan Batang Toru) sebagai juara 1, Desa Bandar Tarutung (Kecamatan Angkola Sangkunur) sebagai juara 2 dan Desa Sorimanaon (Kecamatan Angkola Muara Tais) sebagai juara 3.(Ali Yusron Dgr).