Bupati Nias Utara Menghadiri Acara Pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024.

7 / 100

Nias Utara, metroindnesia,id-

Kegiatan ini diawali dengan Ramah Tamah dan Cathering Kepala Daerah se-Sumatera Utara serta Penyematan Rompi oleh Gubernur Sumatera Utara Eddy Rahmayadi kepada seluruh Kepala Daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara. Kemudian dilanjutkan dengan Konvoi menggunakan Becak Mesin menuju Hotel Santhika Premiere Dyandra jln. Kapten Maulana Lubis No. 7 Medan (Tempat Acara).

Kemudian dilanjutkan dengan Konvoi menggunakan Becak Mesin menuju Hotel Santhika Premiere Dyandra jln. Kapten Maulana Lubis No. 7 Medan (Tempat Acara).

Pada kegiatan itu , Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pimpinan DPRD Sumatera Utara mengucapkan terimakasih banyak atas terselenggaranya Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, dan berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk pelaksanaan murenbang agar disusun rencana kerja berdasarkan pemerataan Pembangunan dengan skala prioritas.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementrian PPN/Bappenas dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan pembangunan Global dan Nasional 2024 akan bergantung pada perekonomian global yang dipengaruhi geopolitik dunia, perubahan iklim, serta inflasi. Untuk mencapai target RKPD Provinsi dan RKP Kewilayahan perlu kerja keras dan penyesuaian dengan target RPJMN melalui RKP 2024 dengan mempertimbangkan capaian terkini.

Pada kesempatan itu, Direkur Jenderal Bina Adminsitrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Dr. Drs. Safrizal Za, M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembahasan rancangan RKPD Provinsi dilaksankan untuk Pembangunan Daerah, Kondisi Pembangunan Daerah, dan sinkronisasi pembangunan pusat daerah. Pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintah yang telah diserahkan kedaerah sebagai bagian integral dari pembangunan Nasional, untuk sinkronisasi pembanguna pusat dan daerah untuk tahun 2024 Rancangan Kerja Pembangunan Nasional telah menetapkan tema yakni ‘Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’.

Gubernur Sumatera Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, mengangkat tema ‘Sinergitas dan Peningkatan Kualitas Pembangunan dalam Rangka Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’. Prioritas RKPD Sumatera Utara Tahun 2024 yakni peningkatan SDM dan sosial masyarakat, peningkatan ekonomi inklusif, prioritas optimalisasi kualitas pembangunan infranstruktur yang berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Pada kesempatan itu juga Bapak Bupati Nias Utara menerima Piagam Penghargaan dari Bapak Gubernur Sumatera yaitu sebagai

Terbaik Kedua, kategori Penurunan Stunting Tertinggi berdasarkan SSGI Tahun 2022,Harapan Ketiga, kategori Penilaian Kinerja Kab/kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2022.

Selanjutnya Gubernur Sumatera Utara bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Bappenas, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Prov. Sumut, DPD & DPR RI Daerah Pemilihan Sumut, Pimpinan dan Anggota DPRD Prov. Sumut, serta Kepala Daerah se-Sumatera Utara membuka secara Resmi Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Prov. Sumut, DPD & DPR RI Daerah Pemilihan Sumut, Pimpinan Anggota DPRD Prov. Sumut, seluruh Kepala Daerah (Mewakili) se-Sumatera Utara, Rektor pada Perguruan Tinggi se-Sumut, Sekda/Staf Ahli/Asisten/Kepala OPD Prov. Sumut, Kepala Bappeda & ASN Bappeda dan Kepala OPD Kab/kota se-Sumatera Utara, Serta Kepala Bagian Protokol dan Kopim Kab/Kota se-Sumut.