BAPPEDA Melawi Resmi Gelar Forum Konsultasi Publik Bahas RKPD 2024

81 / 100

MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Melawi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik terkait Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Melawi Tahun 2024. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Kamis (19/1) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Melawi, Silvani Umran menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk penyempurnaan dalam penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Melawi Tahun 2024.

“Saya berharap melalui kegiatan yang digelar oleh BAPPEDA Melawi, ini para pemangku kepentingan yang hadir saat ini dapat memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Melawi Tahun 2024 sebagai acuan dalam penyusunan rancangan rencana kerja perangkat daerah tahun 2024”, ungkap Kepala BAPPEDA Melawi, Silvani Umran.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya menyampaikan Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan daerah.

“Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan sangatlah penting dan merupakan salah satu sarana pemberdayaan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan, agar tercapainya visi dan misi Kabupaten Melawi, kata Bupati.

Lebih lanjut dikatakan, melalui kegiatan tersebut dapat mengkomunikasikan serta mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan untuk menjawab isu-isu strategis terkait pembangunan di Kabupaten Melawi dengan tetap mengacu pada dokumen RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026.

“kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir pada hari ini dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui forum konsultasi publik rancangan awal  RKPD tahun 2024 ini dapat menampung berbagai aspirasi masyarakat yang akan disinergikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah daerah,” harapnya.

Forum Kosultasi RKPD  Kabupaten Melawi Tahun 2024 ini mengangkat tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur”.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Melawi Tahun 2024 ditutup dengan penandatanganan Berita Acara kesepakatan hasil Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Kabupaten Melawi Tahun 2024.

Turut hadir pada kegiatan tersebut  Sekda Melawi, Wakapolres Melawi, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Melawi,Kepala KPH Melawi, Perwakilan dari BUMN dan BUMD, perwakilan dari organisasi wanita di Kabupaten Melawi serta tamu undangan lainnya.**