Ribuan Jamaah Hadir Haul Akbar Ke 44 Habib Muhsin

83 / 100
SUMENEP, Metroindonesia.id – Haul Akbar Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Mudzariya di Kota Sumenep benar-benar menjadi sorotan jamaah umat Muslim. Acara yang digelar setiap tahun ini berhasil melumpuhkan kawasan Sumenep setelah dibanjiri oleh umat Islam yang berdatangan dari berbagai daerah.

Haul Akbar Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Mudzariyah merupakan acara tahunan yang diadakan untuk memperingati hari wafatnya Mursyid utama Tarekat Naqsyabandiyah Mudzariyah Al-Habib Muhsin Bin Ali Alhinduan, Ra. salah satu tarekat sufi yang terkenal di Indonesia.

Acara ini merupakan moment yang dinantikan oleh ribuan jamaah umat muslim dari berbagai daerah.

Untuk tahun ini, Sumenep menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara dengan  persiapan dilakukan oleh panitia untuk menyambut kedatangan umat muslim dari luar kota.

Sejumlah fasilitas umum seperti penginapan, posko kesehatan, serta toilet umum dibangun untuk memenuhi kebutuhan para jamaah yang datang.

IMG 20231218 WA0023 e1702917407363

Pada haul 16 Desember 2023 lebih dari ribuan jamaah memadati Jalan-jalan utama menjadi macet total akibat banyaknya kendaraan yang dinaiki oleh jamaah.

Puluhan anggota kepolisian dan petugas dari keamanan lainnya turut dikerahkan untuk memastikan kelancaran acara dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Haul Akbar Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Mudzariyah Al Habib Muhsin bin Ali Al hinduan di Sumenep juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti ceramah agama yang disampaikan Habib Nizar Bin Qosim Bin Yahya Dari Pontianak Kalimantan Barat, pembacaan oto biografi saykhona Al Habib Muhsin Al hinduan, dzikrullah, santunan anak yatim serta zikir dan salawat bersama dengan di iringi Hadrah klasik Ar -Ridwan dari Bangkal, kegiatan ini juga di hibur oleh Hadra Banjari AL Ihsan dari Kolor, berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa syukur para jamaah

Selain kegiatan keagamaan, dalam acara ini juga diadakan berbagai bazar yang menjual beragam kaos bertuliskan Haul Akbar Ke 44 serta oleh-oleh khas Sumenep yang bisa didapati oleh jamaah. Pemerintah setempat juga membantu dalam menyediakan lokasi bagi para pedagang kaki lima agar dapat menjajakan dagangannya selama acara berlangsung.

IMG 20231218 WA0022
Jamaah memadanti haul Akbar ke 44 Di Sumenep.

Mantan Bupati Sumenep, H.Abuya Busyro Karim yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa syukurnya atas antusiasme umat muslim dalam menyambut Haul Akbar Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Mudzariya di kota Sumenep. Ia berharap semoga acara ini dapat menjadi sarana bagi umat muslim untuk memperdalam ajaran agama dan meningkatkan keimanan.

Al Ustadz Hamdi Amin Alhinduan cucu dan penerus perjuangan Al Habib Muhsin bin Ali Alhinduan menyampaikan bawa Haul Akbar Mursyid Tarekat Naqsyabandi Mudzariya di Sumenep diharapkan dapat memberikan manfaat dan membawa berkah bagi seluruh umat muslim. Acara ini juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar umat muslim dari berbagai penjuru dan memperkuat tali persaudaraan dalam wadah keislaman.

Dalam beberapa hari ke depan, acara ini masih akan berlangsung dengan berbagai kegiatan yaitu ziarah keliling madura yang digelar di berbagai tempat di pulau madura .Umat muslim diharapkan dapat ikut serta merayakan acara ini dengan penuh keikhlasan dan kegembiraan.

 

Penulis : Joko