Kapolres Melawi Sambut Langsung Kedatangan 300 Orang Pemudik Asal Melawi Dari Pontianak

86 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i didampingi Wakapolres Melawi, Kompol Asmadi dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa menyambut secara langsung kedatangan  300 orang pemudik lebaran asal Kabuapten Melawi dari Pontianak di Terminal Antar Kota Dalam Provinsi yang terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh pada Rabu (19/4) pukul 20.00 WIB.

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i mengatakan bahwa, para pemudik yang datang pada malam mini merupakan pemudik yang mengikuti program Mudik Gratis Khatulistiwa tahun 2023 untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Mudik  gratis tahun ini merupakan program Kerjasama antara Pemprov Kalbar dengan Polda Kalbar, dan Melawi merupakan salah satu lokasi tujuan dalam program mudik gratis tahun ini. Alhamdulillah para pemudik tiba dengan selamat sampai di Melawi,” ujar AKBP  Muhammad Syafi’i.

IMG 20230419 201420
Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i saat membantu menurunkan langsung barang-barang milik penumpang Bus dari bagasi

Kapolres juga mengatakan bahwa, dalam program mudik gratis Polres Melawi menyediakan 6 unit armada Bus dan 1 unit Bus milik Polres Melawi.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Muhammad Syafi’i juga mengimbau bagi warga yang mudik lebaran dari Kecamatan Nanga Pinoh ke Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Melawi agar memperhatikan kondisi rumah yang akan ditinggalkan selama mudik lebaran.

“Kami imbau kepada seluruh warga yang mudik lebaran ke Kecamatan lain yang ada di Melawi agar mengecek Kembali rumah yang akan ditinggalkan terutama jaringan listrik supaay saat ditinggal kondisi rumah benar-benar aman,” imbau Kapolres Melawi.

IMG 20230419 200758
Warga Kabupaten Melawi usai turun dari Bus

AKBP Muhammad Syafi’i juga menyampaikan bahwa Polres Melawi untuk menjaga keamanan kendaraan milik warga yang mudik, Polres Melawi memberikan ruang kepada warga yang mudik untuk menitipkan kendaaraany.

“Kami dari Polres menyiapkan kalo memang ada warga masyarakat yang mudik mungkin ingin menitipkan kendaraannya dapat mengubungi Polres atau Polsek terdekat untuk membantu mengamankan selama mudik. Kami juga akan melakukan patrili ke rumah-rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya saat mudik lebaran,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, wakil Ketua I DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa memberikan apresiasi dengan adanya program Mudik gratis Khatulistiwa yang dilaksanakan oleh Pemprov dan Polda Kalbar.

IMG 20230419 200917
Satlantas Polres Melawi saat melakukan pengamanan menyambut para pemudik asal Melawi dari Pontianak.

“Kami menyambut baik dan mengucapkan terima kasih dengan adanya program mudik gratis ini yang menurut kami sangat membantu masyarakat. Semoga di tahun-tahun mendatang program ini terus berjalan,” ucapnya.

Respon positif dari Ayu Rahma salah satu penumpang program mudik gratis. Ia mengatakann bahwa program ini sangat membantu masyarakat Melawi terutama mahasiswa dan mahasiswi asal Melawi.

“Program ini sangat membantu masyarakat, terutama kepada pelajar atau mahasiswa/i asal Melawi yang hendak pulang kampung. Semoga di tahun-tahun mendatang program ini tetap ada,” ungkap  Ayu, Mahasiswi semester akhir ini.