Beranda DAERAH Polda Kalbar Resmi Fungsikan 1 Unit Gedung RPK

Polda Kalbar Resmi Fungsikan 1 Unit Gedung RPK

109
2
Polda Kalbar
91 / 100
Metro, Pontianak – Polda Kalbar, Irjen Pol R. Sigid Hardjanto resmikan 1 Unit Gedung Ruang Pelayanan Khusus (RPK), Selasa (14/12) di Mapolda Kalbar.

Gedung tersebut nantinya digunakan oleh Ditreskrimum Polda Kalbar untuk memberikan pelayanan kepada korban kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait mengapresiasi langkah Polda Kalbar dengan membangun RPK tersebut.

Polda kalbar

 

Arist Merdeka Sirait mengatakan, data nasional 52 % pelanggaran anak oleh kejahatan seksual. Dengan hadirnya gedung RPK Polda Kalbar merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan.

“Komnas perlindungan anak selalu hadir untuk memberikan perlindungan hukum kepada anak. Kami juga berkeinginan memiliki UPT tersendiri dalam memberikan pelayanan kepada korban kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan”. Katanya.

polda kalbar

Ditempat yang sama, Irjen Pol. Ahmad Kartiko, Deputi bidang BP2MI dalam sambutannya mengatakan, pemerintah berupaya memberikan perlindungan terhadap pekerja migran dari tindakan kekerasan.

“Perlindungan tersebut membutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota”. Ujarnya.

Menurutnya, masalah yang kerap dialami tenaga migran adalah upah yang rendah, beban kerja yang berat, gaji tidak di bayar dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan berangkat secara tidak prosedural.

polda kalbar

“Kami tidak memiliki kewenangan utk melakukan penindakan. Oleh kare itu, kami membangun kerjasama dengan Polri dan Kejaksaan Agung. Sehingga kejahatan ekstra ordinary ini bisa dilakukan penyelidikan dan penindakan”. Jelasnya.

“Perlu kolaborasi dari semua pemangku kepentingan untuk melakukan upaya dalam mencegah terjadinya kejahatan terhadap pekerja migran”. Imbuhnya.

Acara yang kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti peresmian gedung RPK dan pengguntingan pita oleh Ijren Pol R. Sigid Hardjanto.[] Ade Shalahudin.

Artikulli paraprakBIN Banten Resmi Gempur Vaksinasi 1 dan 2 Wilayah Kuta Bumi Pasar Kamis 
Artikulli tjetërAlam Baning & Kelam Segera DiKembangkan 2022

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini