Dinas Pengairan Dan Warga Kampung Ujung Temukan Kesepakatan

70 / 100
Metro Banyuwangi – Masalah seringnya musibah banjir yang menimpa warga Kampung Ujung kelurahan Kepatihan Kecamatan Banyuwangi sudah diterima dan disepakati oleh Dinas Pengairan untuk dilakukan normalisasi.

Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Ir. H. Guntur Priambodo dalam pertemuan dengan warga menegaskan ,”bahwa persoalan di lingkungan Kampung Ujung Kelurahan Kepatihan sudah menjadi perhatian pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk dilakukan normalisasi sungai” jelasnya.

Dinas

Lebih lanjut Guntur juga menyampaikan “penyebab dari terjadinya banjir ada 2 faktor alam, pertama yang terjadi akibat Rob (naiknya permukaan laut) dan banjir yang datang dari arus sungai”  terangnya.Senin (7/11/2022).

Warga untuk sementara sepakat dengan solusi yang ditawarkan Dinas Pengairan untuk normalisasi dan penjebolan cek Dam dalam waktu dekat,

Sedangkan untuk jangka panjang, Guntur berjanji akan menormalisasi buangan air sungai kearah Utara.

Dinas

“Morfologi asli kali Lo itu ke kiri kearah belakang kampong mandar jadi ada fungsi flusing secara alam, pas pasang air masuk dan ketika surut ia bawa air sehingga tidak terjadi penumpukan sedimen seperti sekarang,”kata Guntur.

Menanggapi solusi Kepala Dinas Pengairan, salah seorang warga Sutrisno “dulu konsepnya air bisa ke Utara, tapi sekarang ditutup oleh Pelindo, itu gimana solusinya,” ujarnya [] Abadi