Siaga Banjir, Polsek Nanga Pinoh Gelar Patroli Dan Monitoring Debit Air

84 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Polsek Nanga Pinoh melakukan patroli air sekaligus melakukan monitoring debit air Sungai Melawi dan Sungai Pinoh pada Rabu, (10/01) siang.

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i melalui Kapolsek Nanga Pinoh IPDA Darmawan Susilo mengatakan bahwa telah melakukan patroli air di sepanjang Sungai Melawi┬ádan Sungai Pinoh sekaligus melakukan monitoring terhadap debit air di dua sungai tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

“Selama melakukan patroli ada 8 desa yang kita lakukan monitoring, yaitu Desa Paal, Baru, Tanjung Niaga, Kenual, Sidomulyo, Melawi Kiri Hilir, Tekelak dan Desa Kompas Raya,” sebutnya.

Screenshot 2024 0111 023039
Kasat Shabara, IPTU Bhakti Juni Ardi dan Kapolsek Nanga Pinoh IPDA Darmawan Susilo saat berbincang dengan warga.

Lanjut Darmawan, selama melakukan patroli air belum dijumpai adanya wilayah yang terendam banjir dan tanda-tanda debit air meningkat.

“Belakangan ini curah hujan diperhuluan cukup tinggi dan debit air di kedua sungai sempat naik sedikit. Namun saat patroli belum kami temukan wilayah di Kecamatan Nanga Pinoh dan Pinoh Utara yang terendam air,” jelasnya.

Screenshot 2024 0111 023454
Terlihat debit air sungai melawi yang agak tinggi.

Selama melakukan patroli air, IPDA Darmawan Susilo menginformasikan bahwa selama patroli air berlangsung turut serta juga Kasat Shabara Polres Melawi yaitu IPTU Bhakti Juni Ardi.

“Bersama dengan Kasat Shabara, tim patroli juga melakukan bincang-bincang dengan sejumlah warga yang rumahnya dekat dengan Sungai Melawi dan Sungai Pinoh,” ujarnya.

Screenshot 2024 0111 023432
Tim patroli saat berbincang dengan salah satu warga.

Darmawan mengatakan bahwa diskusi yang dilakukan bersama warga untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait debit air sungai beberapa hari ini.

“Selain patroli kami juga menghimpun informasi dari warga setempat tentang debit air sungai. Ini kami lakukan agar dapat menyampaikan secara dini imbauan kepada masyarakat. Tentu kita berharap tidak terjadi banjir dengan situasi cuaca yang tidak menentu ini,” tutupnya.