Kades Eet Ajak Warganya Gotong Royong Perbaiki Jembatan

84 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Kades Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Eet Roskayudi Aroy mengajak warga Dusun Pangkoh untuk bergotong royong memperbaiki jembatan yang terletak di Sungai Banci yang menghubungkan Dusun Pangkoh dan Dusun Sei. Timpah Raya, pada Jumat (16/6) pagi.

Kades Eet mengatakan bahwa, Jembatan yang dibangun dari APBD Kabupaten Melawi tersebut kondisinya cukup memprihatinkan sehingga perlu dilakukan perbaikan agar aman dilewati oleh warganya.

“Pondasi tiang jembatan sudah mulai turun, dan beberapa kayu yang menjadi rangka jembatan harus diganti. Jembatan ini juga penghubung 2 dusun di Desa Baru,” ujar Kades Eet.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 14.07.02
Aktivitas warga memperbaiki jembatan

Eet juga mengatakan bahwa usulan rehab jembatan tersebut sudah masuk dalam usulan Murenbang Desa Tahun 2022 lalu. Ia berharap kepada pemerintah Daerah Kabupaten Melawi dapat mengakomodir usulan tersebut.

“Kami berharap apa yang sudah kami usulkan dalam Musrenbangdes dapat diakomodir oleh Pemda. Karena jembatan tersebut merupakan akses utama yang digunakan oleh warga Desa Baru,” ungkap Eet.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 14.07.03
Aktivitas warga memperbaiki jembatan

Ia juga mengatakan bahwa, Pemerintah Desa Baru tidak bisa menganggarkan pembangunan jembatan tersebut menggunakan dana APBDes. Hal itu disebabkan kegiatan yang bersumber dari APBD tidak bisa dianggarkan oleh Pemerintah Desa.

“Jembatan itu masih tercatat sebagai aset Pemkab. Nanti Kalo kita anggarkan dari Desa akan berbenturan dengan aturan, kecuali ada pelimpahan aset dari Pemda ke Pemerintah Desa Baru. Makanya jembatan tersebut kita usulkan lewat Musrenbangdes,” kata Eet.

Hal Senada juga disampaikan oleh Tarmizi, Kepala Dusun Pangkoh, Ia mengatakan bahwa, awalnya telah mengusulkan pembangunan jembatan tersebut melalui APBDes Desa Baru, namun tidak bisa diakomodir karena terkait adanya aturan yang melarang untuk menimpa kegiatan APBD/APBN.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 14.07.01
Kades Eet bersama warga saat hendak gotong royong memperbaiki jembatan.

“Dalam Musrenbangdes tahun lalu jembatan ini sudah kami usulkan ke Kecamatan agar bisa di prioritaskan  pembangunannya,” ujar Tarmizi.

Tarmizi juga megucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Baru yang telah memperhatikan bahkan dengan sukarela turut menyumbang material perbaikan jembatan tersebut.

“Saya mewaikili warga dusun Pangkoh mengucapkan terima kasih kepada Kades yang sukarela membantu material perbaikan jembatan ini,” ucapnya mengakhiri.