Desa Baru Kembali Salurkan BLT DD Tahap 2

86 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id –  Pemerintah Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi Kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 2 kepada 32 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Aula Kantor Desa Baru, Selasa (20/6) pagi.

Kepala Desa Baru Eet Roskayudi Aroy mengatakan bahwa, BLT DD Tahap 2 disalurkan  untuk 3 bulan yaitu April hingga Juni 2023. Kepada 32 KPM yang telah ditetapkan dalam Musdessus sebelumnya bersama BPD Desa.

“Penyaluran BLT DD tahap 2 ini kembali kita lakukan sebagai realisasi DD tahun Anggaran 2023. Masing-masing KPM menerima Rp900.000 untuk tiga bulan. KPM yang tidak bisa hadir kami antarkan langsung kerumahnya,” kata Kades Eet sapaan akrabnya.

WhatsApp Image 2023 06 20 at 10.48.22
Penyaluran BLT DD tahap 2 kepada 32 KPM

Kades Eet juga berpesan kepada 32 KPM agar dana tersebut digunakan untuk keperluan yang lebih prioritas sehinga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung.

“Saya harap KPM yang sudah menerima BLT DD dapat menggunakan uang tersebut sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar prioritas. Selain BLT DD yang disalurkan kami juga membagikan masker dan vitamin,” ujarnya.

Eet juga mengatakan, untuk tahun anggaran 2024 dirinya tidak berani memastikan apakah masih ada lagi BLT DD. Karena BLT DD merupakan amanah yang diberikan oleh pemerintah pusat agar disalurkan melalui pemerintah Desa.

WhatsApp Image 2023 06 20 at 10.20.39
Penyaluran BLT DD tahap 2 kepada 32 KPM

“Untuk tahun depan kami masih menunggu petunjuk teknis terkait BLT DD dari menteri keuangan apakh masih ada atau tidak. Kita tunggu saja juknisnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Camat Nanga Pinoh melalui Kasi Pemerintahan, Syafwan Adinata juga mengatakan hal yang serupa. Ia berharap BLT DD digunakan sesuai kebutuhan prioritas KPM.

“BLT DD bukan hanya sekedar bantuan pemerintah, tapi merupakan kepedulian Pemerintah kepada warga yang memang berhal mendapatkannya,” kata Syafwan.

WhatsApp Image 2023 06 20 at 10.20.46
Penyaluran BLT DD tahap 2 kepada 32 KPM

Syafwan juga berharap kepada masyarakat Desa Baru agar bersinergi mendukung setiap program pembangunan yang ada di Desa.

“Mari bersinergi bersama pemerintah desa agar semau program pembangunan di Desa berjalan lancar. Saya yakin program yang dirumuskan pemerintah desa Baru pasti untuk kebaikan dan kesejahteraan warga desa itu sendiri,” tutupnya.

Penyaluran BLT DD tahap 2 Pemerintah Desa Baru disaksikan langsung oleh Ketua dan anggota BPD Desa, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Baru.