Bupati Dan Polres Melawi Gelar Silaturahmi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

87 / 100
MELAWI-KALBAR, Metroindonesia.id – Menjelang Pemilu tahun 2024, Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa bersama Polres Melawi menggelar kegiatan silaturahmi Kamtibmas dan diskusi dengan tema “Merajut Keberagaman, Merawat Kebhinekaan Untuk Pemilu Damai Dan Kambtibmas Yang Kondusif Di Bumi Uranium Kabupaten Melawi”.

Kegiatan silaturrahmi ini di gelar di Aula Tri Brata Mapolres Melawi pada Kamis, (25/01) pagi dan dihadiri oleh Bupati Melawi, Kapolres Melawi, Dandim 1205/Sintang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Perwakilan Ormas se- Kabupaten Melawi, jajaran PJU Polres Melawi dan, wartawan dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i  menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan silaturrahmi Kamtibmas yang digelar oleh Pemkab Melawi. Kapolres berharap  kegiatan ini dijadikan moment sebagai tempat berbagi pengalaman, tempat Curhat dan sebagainya.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 10.03.57
kegiatan silaturrahmi Kamtibmas di Mapolres Melawi.

“Kami ucapkan terima kasih berkat dukungan dan motivasi serta partisipasi aktif masyarakat situasi Kamtibmas Kabupaten Melawi hingga saat ini masih dalam keadaan kondusif,” ucap Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan bahwa hasil Anev gangguan kamtibmas selama tahun 2023 di Kabupaten Melawi yang tergolong kondusif walaupun ada beberapa permasalahan namun dapat diselesaikan dengan baik.

“Saat ini orientasi didalam penegakan hukum bukan lagi berorientasi pada pempidanaan akan tetapi sudah mulai bergeser pada pemulihan (Recovery). Pada pelaksanaan pesta demokrasi kami dari pihak Kepolisian dan TNI siap mengamankan setiap Tahapan Pemilu tahun 2024,” terangnya.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 10.04.01
kegiatan silaturrahmi Kamtibmas di Mapolres Melawi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, memotivasi Polres Melawi Sehingga sampai saat ini Polres Melawi tidak sendiri untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyambut baik sekaligus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebagaimana diketahui tahun 2024 ini merupakan tahun politik.

“Acara dialog yang kita laksanakan hari ini merupakan  salah satu momentum yang penting dalam rangkaian proses pelaksanaan tahapan untuk mewujudkan kondisi politik yang harmonis dan kondusif jelang pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Melawi,” kata Bupati.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 10.04.01 1
Foto bersama kegiatan silaturrahmi Kamtibmas di Mapolres Melawi.

Bupati juga mengatakan kegiatan ini membuktikan adanya kesatuan semangat untuk secara bersama- sama sebagai upaya merajut keberagaman dan merawat kebhinnekaan untuk pemilu damai, aman, tertib dan kondusif. hal tersebut dapat tercapai jika seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat mampu menjaga stabilitas, suasana yang aman dan tertib. Oleh karena itu, dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya untuk menyukseskan jalannya Pemilu serentak Tahun 2024, Khususnya di Kabupaten Melawi.

“Diharapkan Seluruh komponen masyarakat untuk bisa menjaga stabilitas keamanan yang saat ini sudah kondusif. Kondisi ini sudah kita capai bersama dan hal tersebut tidak serta merta dengan mudah kita bangun, oleh karena itu, dukungan semua pihak terlebih masyarakat sangat diperlukan sehingga penyelenggaraan pemilu serentak dapat berlangsung dengan sukses,” ungkapnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Melawi, H Dadi juga berharap apa yang telah dirasakan masyarakat saat ini jangan ternodai karena berbeda pandangan politik maupun golongan serta organisasi sehingga bisa menyebabkan stabilitas atau kondusifitas daerah menjadi terganggu.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak seluruh eleman masyarakat Melawi, mari kita bertindak dewasa dalam menghadapi berbagai isu Sara, ujaran kebencian dan provokasi, dengan memantapkan komitmen sebagai masyarakat yang anti hoax,” harap Bupati.

H. Dadi juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Melawi agar berhati-hati dan jangan mudah percaya dalam menerima dan menyebarkan kembali suatu informasi atau berita, sebelum memastikan bahwa informasi tersebut benar sesuai dengan data dan fakta.

“Peran bapak, ibu sebagai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat sangat menentukan sekali memberikan nasehat-nasehat, memberikan wejangan-wejangan kepada masyarakat akar rumput agar bisa selalu dingin dan sejuk selama tahun politik ini berlangsung. Mari terus kita rajut keberagaman, rawat Kebhinekaan sehingga pemilu damai, aman, tertib, dan masyarakat yang kondusif dapat tercipta di Kabupaten Melawi,” tutup Bupati.