Isu Penculikan Anak, Kapolres Melawi Imbau Masyarakat Jangan Resah

82 / 100
METRO, KALBAR – Sehubungan dengan marak isu penculikan anak di sejumlah wilayah akhir-akhir ini, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Melawi agar tidak menyikapinya secara berlebihan.

Hal tersebut disampaikan oleh AKBP Muhammad Syafi’i dalam poster pesan layanan masyarakat pada Rabu (1/2).

“Maraknya isu penculikan anak, saya minta masyarakat Kabupaten Melawi jangan resah atau takuty yang berlebihan dan jangan mudah percaya sebelum mengetahui kebenaran informasi tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA: Kapolda Kalbar Berikan Apresiasi Saat Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42

WhatsApp Image 2023 01 31 at 17.26.20
Keterangan: Pesan layanan Masyarakat Polres Melawi

AKBP Syafi’i juga meminta kepada masyarakat apabila mendapatkan informasi yang meragukan agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek setempat. Ia juag mengimbau kepada orang tua gara memberikan pemahaman kepada anak agar tidak terpengaruh terhadap orang yang tidak di kenal.

“Kepada orang tua agar memberikan pemahaman kepada anak-anaknya agar tidak mudah atau jangan mau diajak berbicara dengan orang yang tidak dikenal,”iImbaunya.

Selain itu, AKBP Syafi’i juga mengingatkan kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya saat berada di luar rumah.

BACA JUGA: Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i Pimpin Langsung Upacara HUT Satpam Ke-42

WhatsApp Image 2023 02 01 at 11.51.34
Keterangan: Wija, Warga Kecamatan Nanga Pinoh

“Anak-anak jangan memakai barang-barang mewah seperti gelang atau kalung perhiasan yang berharga. Saya minta juga kepada masyarakat agar mengedepankan asas parduga tak bersalah dan jangan main haim sendiri,” pesannya.

Terpisah, Wija salah satu warga Nanga Pinoh menyampaikan bahwa dengan maraknya isu penculikan anak yang beredar di sosial media belakangan ini membuatnya khawatir.

“Saya melihat di sosial media banyak video yang menampilkan penangkapan terhadap penculikan anak dan isu yang berkembang di masyarakat. Tentu sebagai orang tua saya sangat merasa khawatir,” ujar Wija.

BACA JUGA: Sampaikan Imbauan Kambtibmas, Personel Polsek Sayan Berdialog Langsung Dengan Warga

Wija juga berharap dengan adanya isu yang beredar terkait penculikan anak, pihak kepolisian lebih meningkatkan patroil untuk mengantisipasi agar kejadian atau isu tersebut terjadi di Melawi.

 

Penulis: Ade Shalahudin