Debit Air Meningkat Hingga 2 Meter, Kapolres Melawi Imbau Masyarakat Yang Tinggal Di Bantaran Sungai Agar Waspada

85 / 100
KALBAR, Metroindonesia.id – Beberapa hari ini intensitas curah hujan cukup tinggi di perhuluan Sungai Melawi sehingga debit air meningkat. Akibatnya, beberapa desa yang berada di dataran rendah di wilayah Kecamatan Menukung dan Kecamatan Ella Hilir  Kabupaten Melawi tergenang banjir.

Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa beberapa desa yang berada di Kecamatan Menukung dan Kecamatan Ella Hilir mulai digenangi air. Hal ini disebabkan beberapa hari ini curah hujan yang cukup tinggi di hulu Sungai Melawi.

“Beberapa Desa di Kecamatan Menukung air mulai digenangi air yaitu Desa Landau Leban, Desa Menukung Kota, dan Desa Ella Hulu. Jalan M. Saleh pasar Menukung debit air bmengalami kenaikan sekitar 2 meter,” ungkap AKBP Syafi’I, Kamis (2/1).

BACA JUGA: Gelar Patroli Malam Hari, Kapolsek Sayan Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

WhatsApp Image 2023 02 02 at 13.46.24 1
Foto: Debit air meningkat di Desa Menukung Kota, Kec. Menukung Kabupaten Melawi.

“Sedangkan di Kecamatan Ella Hilir desa yang mulai digenangi air yaitu Desa Nanga Nuak, Desa Domet, Desa Popai, Desa Ella Hilir dan Desa Pelempai Jaya,” imbuhnya.

Menyikapi fenomena tersebut, AKBP Muhammad Syafi’i mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Dirinya juga mengingatkan kepada orang tua agar tidak lengah terhadap anak-anaknya, terutama balita.

BACA JUGA: AKBP Muhammad Syafi’i Pimpin Langsung Serah Terima 3 Jabatan Di Lingkungan Polres Melawi

debit air
Foto: Rumah warga yang tergenang akibat debit air meningkat karena curah hujan tinggi

“Saya imbau masyarakat agar tetap waspada, terutama kepada orang tua atau masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai jangan lengah terhadap anak-anaknya yang masih balita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” Imbau AKBP Syafi’i.

AKBP Syafi’i menginstruksikan kepada Polsek jajaran  agar melaksanakan patroli rutin di wilayah yang terkena banjir untuk memantau dan mengupdate informasi terbaru berkenaan dengan banjir.

BACA JUGA: Isu Penculikan Anak, Kapolres Melawi Imbau Masyarakat Jangan Resah

WhatsApp Image 2023 02 02 at 13.46.23
Foto: Debit air meningkat.

“Patroli dilakukan selain untuk memantau situasi terbaru saat banjir juga untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” tutup Kapolres.

 

Penulis: Ade Shalahudin

Satu komentar pada “Debit Air Meningkat Hingga 2 Meter, Kapolres Melawi Imbau Masyarakat Yang Tinggal Di Bantaran Sungai Agar Waspada

Komentar ditutup.